Home Fauna 11 Ikan Hias Peliharaan Terpopuler Keindahannya di Indonesia

11 Ikan Hias Peliharaan Terpopuler Keindahannya di Indonesia

SHARE

Siapa sih yang tidak senang lihat ikan hias berwarna-warni serta memanjakan mata? Pelihara ikan hias memanglah mempunyai kesenangan sendiri. Tidak hanya lantaran unsur keindahannya, juga ongkos perawatan yang gampang serta murah di banding ikan laut.

Percaya atau tidak nyaris 75 % supply ikan hias air tawar didunia datang dari Indonesia. Serta sekurang-kurangnya 363 type ikan hias air tawar dari Indonesia sudah diekspor ke beragam negara didunia.

Budidaya ikan ini begitu mungkin serta menjanjikan. Bahkan ada yang yakin bila membudidayakan serta pelihara sebagian type ikan spesifik bisa menghadirkan rejeki.

Lalu, ikan hias apa sajakah yang paling popular di Indonesia dari keseluruhan beberapa ratus spesies ikan air tawar? Di bawah ini ikan hias air tawar popular di Indonesia.


1. Ikan Arwana Scleropages sp.


ikan hias arwana
cara.pro

Ikan yang satu ini begitu popular di Indonesia. Bahkan juga pelawak lantas menggunakan nama arwana lantaran kepopuleran ikan ini. Ikan ini diakui bisa menghadirkan rejeki untuk yang memeliharanya.

Ikan ini mempunyai banyak nama panggilan dari mulai ikan naga, ikan payang, siluk, silok, kalikasa, kalasa sampai khayangan. Ikan arwana memiliki sisi badan yang besar dengan sisiknya yang menarik. Kelompok ikan burba ini mempunyai telur sebesar telur burung puyuh.

Karena sangat terkenalnya, ikan arwana dapat di jual dengan harga fantastis. Ikan arwana type Super Red Albino terjual dengan harga Rp. 1 Milyar pada Indonesia Pets Plants Aquatic Expo (IPPAE) th. 2010. Mengagumkan ya!


2. Ikan Koi (Cyprinus carpio L)


ikan hias koi
ikan koi

Dari namanya saja kita bakal tahu berasal dari tempat mana ikan type ini. Ikan ini pertama kalinya dipopulerkan di Jepang sekitaran 1820-an.

Beberapa penangkar di Jepang dapat menyilangkan strain ikan mas jadi ikan yang memiliki gabungan warna merah serta putih yang menarik mata. Hasil persilangan berikut yang kita kenal dengan ikan koi.

Ikan koi membutuhkan ruangan gerak yang luas, hingga, ikan ini lebih pas dipelihara di kolam di banding di akuarium.

loading...

3. Ikan Cupang (Betta sp)


ikan hias cupang
suherlin.com

Ikan ini cuma diketemukan di negara-negara Asia Tenggara termasuk juga berkembang cukup baik di Indonesia. Ikan ini dapat gampang menyesuaikan dengan lingkungannya. Walau volume air sedikit serta sedikit oksigen, ikan cupang dapat hidup.

Habitat asli ikan cupang di rawa-rawa daerah tropis. Ikan ini memiliki bentuk yang beragam serta warna yang indah. Ikan ini juga cukup agresif, hingga tidak cuma jadikan ikan hias, ikan ini kerap jadikan ikan aduan.


4. Ikan Koki (Carrasius auratus)


tandapagar.com

Ikan koki diakui datang dari negeri China serta berkembang di Jepang. Ikan ini adalah ikan yang masihlah satu famili dengan ikan mas.

Ikan koki atau ikan maskoki pupuler di Indonesia dengan beragam varietas baru yang ada sekarang ini. Ikan maskoki dapat bersirip panjangm benjo-benjol, pendet serta bulat.

Sementara dibagian matanya agak menonjol dengan sisik berwarna-warni seperti putihm metalik, merah, kuning, merah kekuningn, hitam, hijau, atau paduan dari beberapa warna itu. Kandungan pigmen yang tidak sama memastikan warna warni itu.


5. Ikan Lou Han (Flowerhorn)


Ikan ini di kenal dengan nama Flowerhorn dalam bhs Inggris. Ikan yang termasuk juga famili Cichild ini mempunyai kekhasan bakal sisiknya yang indah serta menyala. Juga tampak lucu lantaran ada tonjolan di kepala mereka yang tampak khas.

Ikan ini tidak bisa diketemukan di alam bebas. Pasalnya, ikan ini hasil persilangan dari beragam type ikan Cichlid. Ikan ini dapat juga jadi pemangsa yang agresif bila dilepaskan ke perairan terbuka.


6. Ikan Discus (Symphysodon discus)


Pertama kalinya, ikan ini diketemukan di Sungai Amazon. Ikan ini jadi begitu popular lantaran memiliki bentuk yang unik. Badannya yang ramping mirip piringan dvd dengan warna-warni yang menarik serta cerah.

Gerakan ikan ini begitu lembut serta tenang, hingga bikin beberapa warna dari badannya makin menawan.


7. Ikan Oskar


Sekilas, ikan ini mempunyai kemiripan dengan ikan nila. Itu dapat kita saksikan dari ukuran serta geraknya yang cukup sama.

Tetapi, ikan oskar mempunyai warna dasar hitam dengan warna orange yang menonjol. Ada juga ikan oskar yang berwarna putih pucar dengan garis titik-titik orange serta ada pula berwarna putih pucat atau albino.


8. Ikan Guppy


suherlin.com

Ikan ini banyak disukai beberapa penggemar ikan hias. Ikan guppy aslinya dari Amerika Tengah, namun telah menebar serta dapat diketemukan di perairan di Indonesia.

Warnanya yang unik serta badannya yang kecil bikin ikan ini makin disukai. Tidak cuma itu, lantaran perawatan serta pembiakan guppy tidaklah terlalu susah, ikan ini makin disenangi beberapa penggemar ikan. Ikan guppy dapat membuahkan 30-100 ekor anakan dalam sekali pembiakan.


9. Ikan Neon Tetra (Paracheirodon innesi)


ikan neon tetra

Ikan dengan warna biru jelas dibagian punggung dan putih perak dibagian abdomen bikin makin menarik.

Ikan yang datang dari Amerika Tengah ini makin kelihatan warna badan mereka saat tengah dalam kelompok. Maka dari itu, ikan ini seringkali dipelihara dalam jumlah banyak lantaran makin menarik diliat.


10. Ikan Komet


Ikan Komet tau di kenal dengan nama latin Carassius auratus adalah ikan hias yang banyak mempunyai pengagum di Indonesia.

Ikan komet adalah satu diantara type dari Cypridae yang banyak di kenal dikalangan orang-orang lantaran mempunyai warna yang indah serta eksotis dan bentuk yang menarik. Ikan ini miliki gerakan yang lincah.

Saat masih kecil, bentuk ekor ikan komet tidaklah terlalu lebar, tetapi sesudah dewasa ekornya bakal makin lebar serta membuatnya tampak gemulai.


11. Ikan Manfish


Sebutan ikan ini yaitu angel fish. Ikan ini termasuk famili Chiclidae. Diberi nama angel fish lantaran warnanya yang menawan serta memiliki bentuk yang menarik.

Gerakan ikan ini dapat begitu kalem serta tenang, seperti melayang-layang di air. Memiliki bentuk seperti anak panah serta mempunyai warna yang tidak sama. Mengenai habitat aslii ikan ada di perairan Amazon, Brazil, Columbia serta Peru di lokasi Amerika Selatan.

SHARE

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan