Ingin Tidur Dijaga Malaikat? Lakukan 4 Hal Sederhana Ini

Posted on

Lahiya – Tidur dan beristirahat memang menjadi aktivitas rutin di malam hari yang dilakukan oleh hampir seluruh makhluk hidup.

Ya, waktu malam dijadikan untuk beristirahat dari penatnya bekerja seharian. Malam, adalah waktu yang tepat bagi kita menjernihkan kembali pikiran untuk hari esok yang lebih baik.

Hanya saja, banyak diantara kita lupa, bahwa ketika tidur pun, “gangguan” selalu saja ada. Salah satunya dari setan yang senantiasa memberikan aura negatif pada diri kita.

Tapi, kita tak perlu risau. Sebab, Allah sudah mengutus para malaikat untuk menjaga kita ketika tidur. Hanya saja, tidak semua orang akan dijaga oleh malaikat. Ya, hanya orang-orang tertentu saja yang memperoleh penjagaan malaikat.

Lalu, Siapa – siapakah mereka?

Tentu mereka yang senantiasa mengamalkan empat hal ini sebelum beristirahat di peraduan, itulah yang memperoleh penjagaan malaikat ketika tidur, seperti halnya yang telah dirangkum Lahiya dari berbagai sumber.

Berwudhu

Cara pertama yang bisa dilakukan agar tidur kita mendapat penjagaan dari malaikat adalah dengan berwudhu.

Kondisi bersih dari kotoran dan najis ini ternyata ampuh membuat malaikat menemani kita di saat terlelap. Tidak hanya itu, bahkan malaikat juga mendoakan manusia yang tidur dalam kondisi suci.

Dari Ibnu Umar, Rasulullah bersabda, “Barangsiapa tidur dalam kondisi suci maka di atas kepalanya terdapat malaikat. Tidaklah ia bangun kecuali malaikat akan berdoa untuknya, ‘Ya Allah ampunilah hamba-Mu ini si fulan sungguh ia semalaman dalam keadaan suci’,” (Hadis hasan, dikeluarkan oleh Ibnu Hibban No. 1051, lihat as-Silsilah Ash-Shahihah No. 2539).

Membaca Ayat Kursi

Langkah kedua untuk mendapatkan penjagaan malaikat ketika tertidur adalah dengan membaca ayat kursi sebelum tidur. Dengan begitu, penjagaan Allah melalui malaikat akan terjadi sampai memasuki waku subuh.

Dari Abu Hurairah, ia berkata, “Rasulullah menugaskanku menjaga zakat Ramadhan, kemudian datanglah seseorang yang mencuri makanan, maka aku memegangnya dan aku berkata, ‘Saya akan laporkan engkau kepada Rasulullah.’ -sebagaimana diceritakan dalam hadis- Maka orang tersebut berkata, ‘Jika engkau hendak tidur di tempat tidurmu maka bacalah ayat kursi, maka penjagaan Allah senantiasa menyertaimu dan setan tidak dapat mendekatimu sampai waktu subuh.’ Kemudian Rasulullah  bersabda, ‘Dia berkata benar kepadamu, walaupun dia seorang pembohong, di adalah setan’,” (HR. Al-Bukhari).

Membaca Doa Sebelum Tidur

tentu, banyak diantara umat muslim sering sekali mengajarkan anak atau adik untuk berdoa sebelum tidur. Namun terkadang, kita sendiri malah yang justru lupa untuk memohon perlindungan Allah sebelum memejamkan mata.

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan