Ini 5 Level Pengusaha, Kamu Sudah Sampai Mana?

Lima Level Pengusaha

Selama ini kebanyakan orang mengartikan hanya sebagai orang yang punya usaha sendiri. Padahal faktanya tidak sesederhana itu. Ada level-level yang perlu kita kenali agar lebih tepat dalam menentukan arah dan respon atas situasi yang tengah dihadapi.

Apa saja level-level itu? Akan saya terangkan 5 Level pengusaha.

Pengusaha Level 0: KARYAWAN

Karyawan adalah permulaan dari pengusaha. Jika Anda sedang di level ini, bersyukurlah karena ini batu loncatan pertama menuju sukses Anda. Sesungguhnya, level karyawan ini adalah level belajar. Pelajari ilmu dari tempat Anda bekerja, sebanyak-banyaknya. Makin banyak yang Anda pelajari selama jadi #karyawan, makin banyak peluang Anda untuk meraih kesuksesan di level berikutnya.

Pengusaha Level 1: WIRAUSAHA

Menjadi wirausaha merupakan langkah pertama untuk pindah, dari bekerja untuk orang lain menjadi bekerja untuk diri sendiri. Ilmu yang telah Anda peroleh selama bekerja sebagai karyawan mulai diuji di sini.

Anda sudah mulai dihadapkan pada tantangan bisnis seperti keuangan, penjualan, operasional dan sebagainya. Level wirausaha ini sangat identik dengan pertukaran waktu dengan uang.
Karena semua bertumpu pada Anda, maka pada saat Anda tidak bekerja, Anda tidak akan mendapat uang.

Pengusaha Level 2: MANAJER

Akan ada waktunya bisnis sdh tak bisa ditangani sendiri. Di sinilah org memutuskan merekrut pegawai utk membantu bisnisnya. Mulai ada pendelegasian kerja agar semua bisa dikerjakan dengan baik. Namun hasilnya mungkin tak seperti yang Anda harapkan.

Di masa-masa awal level manajer, Anda bisa jadi akan lebih sibuk karena harus membereskan problem bawahan Anda. Pada level manajer ini pertukaran waktu masih tetap ada untuk menghasilkan uang.

Pengusaha Level 3: OWNER

Pada level ini kehidupan sudah mulai berubah. Owner sudah tidak terlibat langsung dalam #bisnis.
Tak ada lagi pertukaran waktu dengan uang. Owner menggunakan Sistem Bisnis sehingga bisnis berjalan baik tanpa kehadirannya. Owner hanya memusatkan dirinya untuk jadi pemimpin yang efektif, sehingga tim bisa menjalankan bisnisnya.

Pengusaha Level 4: INVESTOR

Owner yang sudah tidak terlibat dalam #bisnis biasanya akan “bosan” karena tantangan sudah mulai berkurang. Namun insting bisnis tetap membara sehingga ia akan segera mencari peluang bisnis baru untuk ditanami modal.

Pengusaha Level 5: PENGUSAHA

Menjadi pengusaha adalah level tertinggi dimana orang menjalankan bisnis dengan uang orang lain.
Biasanya para pengusaha sudah punya rekam jejak yang mumpuni sehingga dgn mudah menarik orang untuk investasi dalam proyek-proyek mereka.

loading...

Sekarang Anda mgkn bertanya, bisakah level-level itu dilompati? Tidak usah jadi karyawan, langsung jadi manajer saja, misalnya. Jawabnya, bisa saja, namun jarang yang bisa sukses.

Apa yang Anda lewati di setiap level itu ibarat latihan dan persiapan untuk naik level.
Nyaris mustahil menggapai puncak tertinggi tanpa pernah latihan sebelumnya.

Practice makes perfect. Coaching makes it even better!

Demikian kultwit soal 5 Level. Semoga bermanfaat. Salam pencerahan.

*Kultwit Haryanto Wongso @hwongso 28/11/2013