Inilah 4 Fakta Pandan Langkah yang Jadi Pertanda Berlian Berharga Bikin Kaya

Posted on

Kita mungkin pernah dengar tentang binatang dan tanaman pembawa keberuntungan. Misalnya siulan burung perkutut hingga tanaman hias Sri Rejeki yang dianggap bisa bikin tajir pemiliknya. Mungkin dianggap tidak masuk logika, namun sampai saat ini masih banyak yang mempercayainya.

Namun ternyata ada loh tanaman yang terbukti secara ilmiah bikin tajir pemiliknya. Dialah pandan yang disebut sebagai pertanda belian yang melimpah. Lalu apakah hal itu merupakan mitos belaka atau malah terbukti ilmiah. Simak ulasan di bawah ini.

Keberadaan pandan bukti keberadaan berlian

Siapa sangka kalau tanaman yang sering kita gunakan sebagai kolak dan pengharum nasi ini diburu oleh para warga benua hitam Afrika. Ya, pasalnya jika sampai ditemukan tanaman ini, bisa dipastikan bakal ditemukan banyak kandungan berlian yang ada di bawahnya. Bahkan hal ini sudah jadi rahasia umum bagi seluruh pencari berlian di sana, sehingga saat menemukannya akan jadi rebutan.

Pandan tanda berlian [image source]

Namun tidak semua pandan yang seperti itu, hanya yang jenis Pandanus candelabrum atau pandan lilin yang menjadi indikasi adanya berlian. Namun sayang di Afrika sana lumayan langkah sehingga mencari pandan juga sama susahnya dengan berlian. Meskipun awalnya juga dianggap sebagai tanaman biasa.

Kenapa pandan lilin bisa jadi indikasi adanya berlian

Kalau di Indonesia banyak pandan yang tumbuh bisa tumbuh di mana saja, ternyata di Afrika sana tidak sembarangan. Ya terutama pandan lilin, pasalnya mereka hanya akan tumbuh di atas tanah  yang terdapat kimberlitenya. Lalu apa kimberlite itu sendiri? Sebuah pipa-pipa dalam tanah yang mengandung banyak berlian di dalamnya.

berlian di Kimberlite [image source]

Kimberlite sendiri tercipta akibat sebuah aktivitas vulkanik, kemudian melewati beberapa proses panjang sehingga nantinya akan tercipta belian-berlian. Dan ya, seperti yang diketahui kalau batu mulai di benua hitam itu memang tidak diragukan lagi mahalnya, karena sebanding dengan kualitas dan kesulitan mendapatkannya.

Awalnya dianggap mitos belaka hingga para ahli berbicara

Siapa sangka pertama kali diberitahukan pada publik banyak orang yang mengaku tidak percaya akan hal itu. Hingga akhirnya para ahli pun angkat bicara mengenai masalah ini,salah satunya peneliti dari Florida International University Stephen Haggerty, mengklaim bahwa tanaman pandan berjenis Pandanus candelabrum ini tumbuh di atas pipa lava, yang di percaya sebagai cara paling mudah untuk menemukan tambang berlian.

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan