Inilah 4 Nyanyian Supporter Indonesia yang Paling Sering “Dijiplak” oleh Malaysia

Posted on

Sebuah nyanyian penyemangat atau chant bagi seorang supporter adalah hal yang tak terpisahkan lagi. Ya pasalnya dengan lagu-lagu itu mereka dapat menunjukkan kekompakkan serta keseriusan dalam membela tim. Oleh sebab itu lagu-lagu itu juga harus dibuat sedalam mungkin maknanya agar lebih meresapi.

Namun siapa sangka setelah bikin nyanyian penyemangat sebagus mungkin, kadang lagu tersebut malah dipakai oleh klub lain. Semisal yang terjadi di Malaysia beberapa waktu yang lalu, lagu Bali United ternyata dijiplak oleh klub sana. Ternyata tidak hanya itu saja, masih ada chan-chant lain yang juga pernah dipakai Malaysia. Lalu apa saja itu? Simak ulasan berikut.

Viral, yel-yel mili Bali United digunakan “dijiplak” olah ultra Malaysia

Beberapa waktu yang lalu, sempat viral mengenai sebuah video di dunia maya tentang chant atau nyanyian pendukung Bali United di Malaysia. Masalahnya nyanyian ini bukan digunakan oleh para fans dari klub pulau dewata itu melainkan dinyanyikan oleh penggemar salah satu tim dari negeri jiran.

Mendengar hal tersebut, akhirnya beberapa supporter Indonesia langsung bertindak dengan meminta kejelasan dari postingan viral di medsos itu. Sejatinya oke saja jika menggunakan Chan milik Bali United untuk mendukung di sana, namun tentu harus minta izin atau paling tidak memberikan sumber dari mana yel-yel itu berasal.

Chant Arema dijiplak, sempat bikin perdebatan panjang supporter kedua negara

Ternyata salah satu klub ternama asal Jawa Timur, Arema juga mengalami nasib serupa. Ya, Chant mereka berjudul “Salam Satu Jiwa” ternyata juga sering terdengar di negeri seberang sana. Bahkan videonya sempat jadi viral beberapa tahun yang lalu. Alhasil masing-masing supporter melakukan debat panjang di media sosial mengenai hal ini.

Namun siapa sangka berdasarkan para ultra Malaya itu, sejatinya bukan penjiplakan yang dilakukan oleh mereka, melainkan memang  supporter klub seperti Arema memang menjadi kiblat untuk ditiru. Kalau macam begini, sepertinya kita patut bangga juga, lantaran memang supporter kita diakui.

Sempat tak izin gunakan yel-yel bonek, supporter Malaysia langsung hubungi sang pencipta lagu

Nasib yang sama ternyata juga terjadi pada yel-yel yang sering dinyanyikan oleh supporter Persebaya atau sering kita sebut bonek. Ya, pasalnya salah satu tim asal Malaysia lagi-lagi menggulang kesalahan yang sama dengan menggunakan yel-yel tanpa izin. Alhasil saat video para supporter Malaysia itu viral, banyak netizen yang sempat menghujatnya.

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan