Inilah 6 Hal yang Membuktikan Solidaritas Driver Ojek Online, Masih Berani Macam-Macam?

Posted on

Cerita seputar ojek online (ojol) di tanah air ini memang tak ada habisnya. Pasalnya, semenjak kemunculan mereka di kehidupan kita, mendadak layanan ojol ini menjadi primadona di tengah hiruk pikuk jalanan seluruh Indonesia. Hal tersebut pun tak lepas dari drama-drama yang dibagikan oleh para mitra sekaligus pengguna ojol sendiri.

Ditambah lagi dengan kehadiran akun instagram seperti @dramaojol.id ataupun @gojek24jam yang selalu update dalam membagikan cerita-cerita seputar ojol. Tak hanya kisah yang nyeleneh-nyeleneh, tapi juga kadang menimbulkan haru. Seperti solidaritas para mitranya yang sudah tak diragukan lagi. Boombastis.com akan merangkum bukti bahwa mitra ojek online benar-benar total dalam sebuah kesolidaritasan.

Sekumpulan Driver Ojol Datangi Kampus di Palembang

Kejadian Dewi Perssik terobos jalur busway beberapa waktu lalu sempat ditegur juga oleh puluhan driver ojol di seputaran Pejaten, Jakarta Selatan. Video tersebut otomatis juga masuk dalam akun @gojek24jam. Seperti biasa banyak netizen yang ikut nimbrung berkomentar di sana.

Redioktar [image source]

Salah satunya adalah pemilik akun instagram @redioktar_ yang memandang driver ojol sebelah mata, bahkan terkesan menghinanya. Alhasil, komentar tersebut diunggah ulang oleh komunitas driver ojol Palembang, tempat di mana Redi tinggal. Mereka pun tak tinggal diam, keesokan harinya diketahui Universitas Bina Dharma, Palembang, dipenuhi oleh oknum berjaket hijau yang menagih permintaan maaf Redi atas apa yang diucapkannya.

pecaaaah..😑 . . #gojek #gojekindonesia #gojekplg #gojek24jam

A post shared by GOJEK-PALEMBANG (@gojekplg) on

//platform.instagram.com/en_US/embeds.js

‘Pasukan Hijau’ Antarkan Laila Sari ke Peristirahatan Terakhir

Beberapa pekan lalu, Indonesia sedang berduka. Kehilangan seorang artis legenda yaitu Laila Sari merupakan pukulan bagi banyak orang, termasuk para driver ojol yang tergabung dalam komunitas se-Jabodetabek. Meski tak saling kenal, mereka mengaku mengawal jenazah Mak Laila dengan sukarela.

Pengawalan Laila Sari [image source]

Hal tersebut diungkapkan sendiri oleh koordinatornya, Hendra Dermawan. Mereka juga mengatakan tidak mengganggu jalanan utama ketika mengantarkan Mak Laila Sari ke peristirahatan terakhirnya di kawasan Jakarta Pusat. Hal ini pun dilakukan mereka untuk menghormati jasa artis senior tersebut atas jasanya pada dunia hiburan Indonesia.

Tak Hanya Laila Sari, Rekannya Pun Menjadi Sosok Kehormatan

Rupanya, bukan hanya berita duka dari kalangan artis saja yang mengetuk hati nurani para driver ojol seluruh Indonesia, tapi juga rekan-rekannya sendiri. Sudah tersebar viral bahwa beberapa waktu lalu seorang mitra ojol meninggal dunia di Bantul, Yogyakarta. Tampak para mitra ojol dengan seragam dinasnya pun bersama-sama melayat ke kediamannya.

Driver Ojol di Rumah Duka [image source]

Selain itu, terjadi juga di Manado, seorang driver yang berpulang karena sebuah kecelakaan. Para pasukan hijau ini pun melakukan pengawalan ke peristirahatan terakhir, sama seperti yang komunitas se-Jabodetabek lakukan untuk artis Laila Sari. Mengharukan banget, ya, kebersamaan mereka!

Kisah Wiwin yang Beruntung

Wiwin merupakan salah satu driver ojol wanita yang mengalami sebuah kecelakaan. Lumayan parah kejadiannya hingga ia harus kehilangan kakinya dan diamputasi. Beruntungnya, Wiwin memiliki rekan-rekan yang solid, para driver ojol itu secara rutin gentian membesuk dirinya ke rumah sakit hingga sembuh total.

Mengawal Wiwin [image source]

Aksi solidaritas ini pun tak henti di situ saja, setelah diperbolehkan keluar dari rumah sakit, para driver ojol ini pun konvoi alias iring-iringan untuk mengawal Wiwin pulang ke rumah. Wiwin pun mengaku terharu atas dukungan lebih dari cukup yang ditujukan padanya tersebut.

Komunitas Ojol Cibinong Bagi-bagi Takjil

Selain membantu sesama rekan kerja, driver ojol yang memang terkenal atas keramahan dan kebaikan hatinya ini juga melakukan aksi yang bikin kalian berdecak kagum loh. Bulan Ramadhan kemarin, komunitas ojol di Cibinong, Jawa Barat, membagi-bagikan takjil di jalanan.

Bagi Takjil [image source]

Hal ini juga direkam oleh akun @dramaojol.id yang lalu beredar viral. Banyak netizen yang membajiri unggahan tersebut dengan pujian, salah satunya berkata seperti ini, “salut banget sama para driver ojol, meskipun pendapatan mereka tidak seberapa tapi rela bagi-bagi takjil di jalanan.”

Aksi Tersolid Sepanjang Sejarah

Masih ingat kan beberapa waktu lalu ojek online sempat tidak diterima masyarakat apalagi kalangan transportasi konvensional? Ya, salah satu yang terkenal adalah kejadian di Tangerang. Pengemudi yang ditabrak dengan sengaja oleh angkot tersebut dikabarkan mengalami kecelakaan hingga masuk rumah sakit.

Tidak terima atas apa yang dirasakan rekannya, puluhan bahkan ratusan mitra ojol berkumpul di Tangerang untuk membalaskan dendamnya pada supir angkot. Bahkan ada juga mitra yang datang dari Bogor serta Bandung demi mengikuti aksi solidaritas ini. Aksi yang mereka lakukan tampak berlebihan sih, namun jika dilihat dari sisi positifnya, kesolidaritasan mereka ini memang benar-benar tak terkalahkan.

Itulah 6 kisah yang menjadi bukti betapa solidnya profesi pengemudi ojek online ini. Kadang, meski tak saling kenal pun ikatan persaudaraan yang kuat sudah terjalin di diri masing-masing dengan hanya menyandang titel “driver ojek online.” Sisi positif dari mitra ojol ini patut banget kita terapkan di kehidupan sehari-hari.

sumber

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan