Inilah 6 Kebakaran Pabrik Terdahsyat yang Jadi Mimpi Buruk Bagi Para Pegawainya

Posted on

Sebuah bencana pasti datang tanpa diduga-duga. Sebesar apapun mereka, kita tak akan pernah bisa mengira-ngira. Sama seperti tragedi kebakaran di Indonesia yang pernah menewaskan banyak jiwa. Baru-baru ini sebuah kebakaran terjadi lagi dan tentu saja, mengejutkan banyak pihak.

Kali ini bukan pemukiman, bukan pula pasar seperti yang sudah-sudah, namun pabrik, sebuah tempat yang di dalamnya banyak orang yang rela berpeluh untuk bertahan hidup. Sambil menghormati banyak jiwa tak berdosa yang melayang tersebut, Boombastis.com akan menyajikan 6 kebakaran pabrik yang paling dahsyat sepanjang sejarah Indonesia.

1. Kebakaran Pabrik Mesiu (1946), Saksi Bisu ‘Bandung Lautan Api’

Meski bukan sebuah pabrik milik negara, namun kisah kebakaran Pabrik Mesiu di Bandung ini sungguh legendaris. Sebenarnya bukan hanya di pabrik ini kebakaran terjadi, namun hampir di seluruh wilayah Bandung, sehingga terciptalah sebuah istilah “Bandung Lautan Api” beserta lagu “Halo Halo Bandung” untuk mengenangnya.

Bandung Lautan Api [image source]

Pabrik Mesiu merupakan pabrik senjata yang dimiliki oleh Sekutu. Mengingat proklamasi yang sudah diproklamirkan oleh Bung Karno, Tentara Keamanan Rakyat (TKR) ingin meraih kembali kota Bandung yang dikuasai oleh para sekutu. Dilansir dari mediaindonesia.com, akhirnya, hal tersebut diawali dengan dibakarnya Pabrik Mesiu oleh dua orang anggota TKR, Muhammad Toha dan Ramdan yang lalu ikut terbakar di dalamnya.

2. Kebakaran Pabrik Petasan Hidup Sentosa (1995), Meledak Seperti ‘Kembang Api’

Bagaimana jadinya jika sebuah pabrik petasan meledak layaknya petasan yang diproduksinya? Inilah yang dialami oleh Pabrik Hidup Sentosa yang terletak di Brebes, Jawa Tengah. Ledakannya terdengar hingga 2 km jauhnya.

Kebakaran Pabrik Petasan Brebes [image source]

Kobaran api yang berasal dari pelataran dengan cepat menyulut beberapa kembang api yang telah diproduksi, sehingga menyebabkan sebuah ledakan dahsyat. Hal tersebut menyebabkan bangunan pabrik hancur total, dinding dan atapnya sudah tidak berbentuk. Tragisnya, 18 orang pekerja pabrik tewas dan 40 lainnya mengalami luka bakar yang serius.

3. Kebakaran Pabrik Swallow (2010), Api Berkobar 5 Hari Nonstop

Tragedi yang dialami sebuah pabrik sandal jepit di Kali Deres, Jakarta Barat tidak begitu saja berhenti. Sebuah kebakaran yang mengambil alih bangunan gedung belum bisa dipadamkan hingga 5 hari. Hal tersebut tentu saja menuai kerugian yang besar.

Kebakaran Pabrik Swallow [image source]

Namun, kerugian material itu tidak sebanding dengan korban jiwa yang melayang. Meski hanya 4 orang yang dinyatakan meninggal dunia dengan jasad yang sudah tidak berbentuk, cerita di baliknya membuat hati kita menjerit. Satu dari korban yang diwartakan oleh kompas.com akan menikah pada tahun tersebut, sedang satunya lagi sedang hamil tua anak keduanya.

4. Kebakaran Kilang Minyak Pertamina (2011), Terdahsyat Meski Tak Ada Korban Jiwa

Rupanya setiap tahun sang jago api banyak melahap harta benda yang dimiliki tanah air. Setelah satu tahun berlalu dari kebakaran Pabrik Swallow di Jakarta Barat, kembali lagi terjadi di Cilacap, Jawa Barat. Kebakaran ini terjadi karena ada tangki minyak yang bocor.

Kebakaran Cilacap [image source]

Belum berhasil dipadamkan selama beberapa hari, asap hitam yang mengepul di TKP bisa dilihat dari 20 km jauhnya. Serta panas apinya juga bisa dirasakan hingga 2 km dari sana. Meski tidak ada korban jiwa, efek dari kebakaran ini juga menimbulkan problema bagi masyarakat yang berada di sekitaran TKP dan disebut sebagai tragedi si jago api terdahsyat.

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan