Inilah 9 Jurusan Kuliah Anti Mainstream yang Menarik Hati Para Artis Indonesia

Posted on

Menjadi artis dengan jadwal yang padat kadang membuat mereka mengesampingkan hal-hal lainnya. Waktu untuk diri sendiri, jalan bersama teman, dan bahkan pendidikan mereka. Tidak jarang loh artis tanah air yang memilih untuk langsung berkarir daripada meneruskan sekolahnya ke jenjang perkuliahan.

Anak musisi Addie MS, Kevin Aprilio contohnya. Ia sempat menjajal kehidupan perkuliahan sebentar dan langsung berani mengambil tindakan berhenti dan menekuni karir bermusiknya. Namun di balik itu, banyak pula artis kita yang tetap memprioritaskan pendidikannya loh. Bahkan mengambil jurusan yang anti mainstream. Coba tengok sekian jurusan ini, ada yang familiar di telingamu nggak?

1. Filsafat, Diambil Dian Sastrowardoyo ketika S1

Rupanya Dian Sastrowardoyo merupakan seleb tanah air yang bisa dikatakan hampir sempurna ya. Tampang cantik, dinikahi konglomerat dan sekarang kaya raya, serta cerdas karena telah mendapatkan gelar masternya. Ternyata sebelum mengambil jurusan Manajemen Keuangan di Universitas Indonesia (UI), Dian mengambil jurusan yang mencengangkan loh.

Filsafat [image source]

Ia menghabiskan 4 tahunnya menjadi mahasiswa di jurusan Filsafat, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Indonesia. Dilansir dari situs resmi UI, mahasiswa yang diterima di jurusan ini memang sedikit karena materinya lumayan susah. So, gimana boombers berminat jadi adik tingkat Dian Sastrowardoyo?

2. Sastra Jerman, Jurusan yang Membuat Cinta Laura Lulus Cumlaude

Ketika kita mengambil jurusan Sastra Jerman di UI atau UGM nggak akan ada masalah, karena bahasa pengantar yang digunakan pun adalah bahasa Indonesia. Namun, apa jadinya jika kita mempelajari Sastra Jerman di Columbia University? Wah, dapat dipastikan bakalan puyeng banget.

Sastra Jerman [image source]

Tetapi tidak bagi artis cantik Cinta Laura Kiehl. Hal tersebut malah memberinya sebuah tantangan dan bahkan berhasil membawanya lulus dengan predikat cumlaude! Dipikir-pikir lagi, jangankan di Amerika, di Indonesia saja nggak banyak loh guys yang mengambil jurusan Sastra Jerman.

3. Sastra Belanda, Ditekuni oleh Penyanyi Bondan Prakoso

Selain Sastra Jerman, jurusan yang nggak kalah anti mainstream lagi adalah Sastra Belanda. Bayangkan, belajar bahasanya saja susah, apalagi masuk lebih dalam memplejari karya sastranya seperti puisi, novel, bahkan asal usul bahasanya. Namun, hal tersebut tidak membuat Bonda Prakoso gentar.

Sastra Belanda [image source]

Buktinya saja, ia mampu menyelesaikan program Diploma 3-nya di Universitas Indonesia. Meski bukan sarjana, lulus D3 Sastra Belanda juga butuh perjuangan loh guys. Coba siapa aja boombers di sini yang bisa Bahasa Belanda angkat tangan!

4. Fisika Murni, Diambil Barengan dengan 2 Jurusan Lainnya oleh Andi Arsyil

Jarang-jarang loh ada artis yang sibuknya luar biasa namun mau meluangkan waktu untuk belajar ilmu murni seperti fisika. Apalagi masih ditambah dengan dua jurusan lainnya. Hebat juga ya Andi Arsyil mampu mempelajari itu semua dan yang terpenting, lulus serta mendapat gelar.

Fisika Murni [image source]

Selain Fisika Murni, Andi ternyata juga menekuni bidang Teknik Informatika serta Ekonomi. Tiga jurusan tersebut ia ambil di kampus yang berbeda pula. Waduh, nggak bayangin deh seencer apa otak aktor Ketika Cinta Bertasbih ini.

5. Antropologi, Membuat Rara Sekar Pindah ke New Zealand

Masih ingat duo grup indie Banda Neira? Ya, vokalisnya yaitu Rara Sekar juga menekuni jurusan yang nggak kalah seru. Ia bersama sang suami bahkan rela pindah ke Selandia Baru untuk menuntut ilmu tersebut.

Antropologi [image source]

Jurusan itu adalah Antropologi, bidang yang mempelajari tentang manusia dan masyarakat. Jangan salah, jurusan ini berbeda dari Arkeologi loh ya boombers. Rupanya, Rara sekarang lebih memprioritaskan pendidikannya sehingga hengkang dari Banda Neira.

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan