Jelas Bukan Cuti Bersama, Ini Sanksi yang Menanti ASN Jika ‘Ngotot’ Bolos pada 2 Januari

Posted on

Lahiya – Akhir tahun menjadi kesempatan emas bagi para pegawai kantoran untuk pergi berlibur bersama keluarga. Namun sayangnya mayoritas belum mengetahui jika tanggal 2 Januari bukan cuti bersama, berbeda dengan tanggal 26 Desember yang merupakan cuti bersama.

Hal tersebut disampailan langsung oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur, menanggapi masih begitu banyak pihak menanyakan tanggal 2 Januari merupakan cuti bersama atau tidak, seperti yang diwartakan Kompas.com.

Dengan aturan tersebut, sudah sangat jelas bahwa aparatur sipil negara (ASN) memiliki kewajiban untuk masuk pada tanggal tersebut. Dan apabila masih ada saja yang nekat membolos di hari itu, ditegaskan oleh Asman Abdur, bahwa akan ada sanksi berat yang menanti para ASN tersebut.

“Bagi yang nekat tidak masuk kerja, ada sanksi yang telah menanti,” kata Asman menanggapi banyaknya pertanyaan seputar cuti bersama seperti yang tertulis di Setkab.go.id, Rabu (27/12), dan dikutip dari laman Kompas.com, Rabu (27/12/2017).

Baca Juga: Di Mana Keadilan Sosial? Hanya makan Daun Dicampur Garam, Kisah Nenek Julaeha Bikin Sesak

Padahal mengenai ketentuan cuti bersama bagi para Pegawai Negeri Sipil (PNS) sudah diatur dengan sangat jelas dalam Surat Keputusan Bersama (SKB) Nomor 707 Tahun 2017, Nomor 256 Tahun 2017, Nomor 01/Skb/Menpan-Rb/09/2017.

“Hari libur nasional dan cuti bersama tahun 2018 sebanyak 21 hari yang terdiri dari 16 hari untuk libur nasional tahun 2018 dan 5 hari untuk cuti bersama. Tidak dicantumkan dalam SKB itu bahwa tanggal 2 Januari merupakan cuti bersama,” tutur Asman lebih lanjut.

Sementara terkait dengan sanksi yang menanti ASN jika tidak masuk kerja pada tanggal 2 Januari, Asman meminta ASN untuk kembali menilik Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2017 tentang Aparatur Sipil Negara dan Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017.

Baca Juga: Tak Tergoda Terjun ke Dunia Politik, KSAD Jenderal TNI Mulyono: Nambah Dosa Saja!

“Di situ sudah jelas bagi PNS yang melanggar ada sanksi. Semuanya sudah rinci, prosesnya sudah jelas,” pungkasnya dengan tegas.

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan