pilot-whale

Jenis-Jenis Ikan Paus di Seluruh Dunia Beserta Gambarnya

Posted on

Paus adalah salah satu dari banyak hewan spesial di laut. Paus ini mamalia laut, tetapi seringkali disebut sebagai ikan karena bentuknya seperti golongan ikan. Paus memiliki  tubuh besar, pintar dan hidup bebas di laut lepas. Bagaimana  mereka bernapas itu juga luar biasa. Saat makhluk laut lainnya bernapas dengan insang, maka paus menggunakan paru-parunya.

Tidak seperti sapi laut atau manati, Paus adalah satu-satunya mamalia laut yang hanya dapat hidup di bawah laut untuk hidup selamanya. Oleh karena itu, mereka begitu mudah beradaptasi ke kedalaman laut yang tak terhingga.

Paus atau lodan (bergigi dan tidak kecil) adalah kelompok mamalia yang hidup di lautan. Istilah “Paus” diberikan untuk anggota bangsa Catacea yang besar.

Ciri-ciri paus sebagai berikut:

  • bernapas melalui paru-paru
  • memiliki rambut (sedikit, hampir tidak ada Paus dewasa)
  • panas berdarah
  • memiliki kelenjar susu
  • memiliki hati dengan empat ruang

Paus purba berkembang dalam tempo pertengahan Eosen, sekitar 50 juta tahun yang lalu. Salah satu Paus terawal yang punah adalah Basilosaurus  yang memiliki kepala kecil bergigi dan bermoncong. Panjang Basilosaurus sekitar 25 meter.

Fosil menunjukkan bahwa paus berasal dari daratan hewan berkuku, mungkin dari hewan seperti mesonychid (hewan seperti serigala yang tinggal di pesisir) yang secara bertahap kembali menghuni lautan 50 juta tahun yang lalu. Satu kemungkinan lain bahwa hewan lain berubah menjadi Paus adalah Ambulocetus. Mamalia ini memiliki ukuran seperti anjing laut tetapi memiliki panjang 3 meter, berbobot 325 kilogram.

Dan pada saat ini dikenal dua kelompok Paus, yaitu  Paus Bergigi (Odontoceti) dan tidakbergigi (Mysticeti). Paus bergigi Odontoceti adalah predator yang makan ikan, cumi-cumi, dan mamalia laut, memiliki lubang pernapasan. Paus bergigi terkait erat dengan lumba-lumba dan atau pesut.

Lalu paus tidak bergigi tidak lebih besar dari paus bergigi dengan strukturbergigi yang dikenal sebagai baleen dalam bentuk sikat. Struktur ini berguna untuk menyaring plankton, makanannnya, di dalam air. Dan paus ini memiliki dua lubang pernapasan
.

Berikut kami coba jabarkan Janis-jenis ikan paus di seluruh dunia.

Jenis-jenis Paus Baleen atau Balin

Biasanya,  jenis ikan paus lebih besar daripada paus bergigi. Mereka memiliki struktur yang dikenal sebagai baleen dalam bentuk sikat. Struktur ini berguna untuk menyaring plankton atau makanan di dalam air. Paus ini juga memiliki dua lubang napas/angin, jika bergigi hanya memiliki satu. Jenis paus ini bukanlah seorang perenang yang cepat. Hal ini karena mereka tidak memiliki sirip belakang. Jika ada, ukurannya begitu kecil.

Nah, berikut ada 5 jenis Paus baleen yang dikenal di seluruh dunia:

1. Paus Biru  (Blue Whale)

ikan paus

Seperti kita ketahui, jenis paus ini adalah yang terbesar sehingga juga menjadi hewan terbesar yang ada di muka bumi. Karena itu, ia juga secara otomatis begitu mamalia laut terbesar di bumi. Bagaimana tidak, ukuran panjangnya bisa mencapai 100 kaki atau sekitar 30.5 meter. Sementara berat tubuhnya hingga 100-150 ton. Karakteristik lain Paus ini memiliki sirip kecil di belakang  dan menurun ke tiga perempat punggungnya. Warna kulitnya cukup unik, kolaborasi biru keabu-abuan dengan bintik-bintik di atasnya. Siapa yang akan berpikir, pewarnaan tubuh ini sangat bermanfaat untuk penelitian yang dilakukan para ahli.

2. Paus kepala busur atau paus bungkuk (Bowhead Whale)

jenis ikan paus kepala busur kepala busur Paus kepala busur Paus fakta wiki, Paus kepala busur, Paus kepala busur, Paus kepala busur, gambar yang terancam punah, Paus kepala busur, Umur foto Paus kepala busur, Paus kepala busur octonauts populasi ikan paus kepala busur

Secara  Ilmiah, jenis  ini dikenal sebagai balaenamysticetus. Penamaan kepala busur untuk dirinya muncul karena rahang tinggi dan melengkung, sehingga terlihat cacat. Ikan paus hitam ini hidup di daerah dingin, yaitu di Artic. Oleh karena itu, mereka memiliki kulit khusus dengan lemak tebal mencapai 45 cm. Tapi tetap lemak inilah yang membuat paus bungkuk untuk tetap hangat dan melindungi mereka dari sensasi dingin yang sangat rendah. Sayangnya, salah satu populasi mamalia laut besar ini terus menurun. Hal ini tentu saja karena eksploitasi laut yang tidak bijaksana.