Jenis-Jenis Musang Unik dari Indonesia

Hey Guys, kita sekarang bakal membahas soal musang nih. Kalian tahu musang bukan? Yups, musang adalah nama umum bagi sekelompok mamalia pemangsa (bangsa karnivora) dari suku Viverridae.

Hewan ini kebanyakan merupakan hewan malam (nokturnal) dan pemanjat yang baik. Yang paling dikenal dari berbagai jenisnya adalah musang luwak (Paradoxurus hermaphroditus).

Musang ini biasa hidup di dekat pemukiman, termasuk perkotaan, dan sering pula didapati memangsa ayam peliharaan di malam hari.

Tahukah kamu? Di jaman sekarang ini, banyak yang mengincar musang sebagai hewan peliharaan lho. Dan perlu kamu tahu! Harganya lumayan variatif lho Guys, dan semakin langka musang itu, harga musang akan semakin melambung.

Mau tahu musang jenis apa saja yang ada di Indonesia, termasuk yang banyak dijadikan peliharaan? Check this out!

Musang Luwak

luwakindonesia.com

luwakindonesia.com

Musang Luwak atau biasa disebut Common Palm Civet bertubuh sedang berukuran sekitar 50 cm dengan ekor panjang mencapai 45 cm dan berat rata-rata 3,2 kg.

Tubuh Luwak ditutupi bulu berwarna kecoklatan dengan moncong dan ekor berwarna kehitaman.

Sisi bagian atas berwarna abu-abu kecoklatan dengan variasi warna coklat merah tua. Muka kaki dan ekor coklat gelap sampai hitam. Dahi dan sisi samping wajah hingga di bawah telinga berwarna keputih-putihan, seperti beruban.

Banyak yang mengenal musang luwak sebagai binatang yang pandai memilih biji kopi terbaik yang setelah dimakan dan dikeluarkan bersama tinjanya kemudian menjadi komoditas kopi pilihan yang sering disebut kopi luwak.

Musang Bulan

kaskus.id

kaskus.id

Ciri khas musang bulan alias little civert adalah bentuk wajahnya yang lebih lebar dibandingkan dengan musang lainnya. Warna tubuhnya hitam dan putih di bagian ekornya.

loading...

Tingkat kecerdasan musang ini lebih tinggi dibandingkan dengan jenis musang lainnya. Musang bulan memiliki sifat dan karakter yang lebih kuat dibanding musang pandan, demikian pula dengan musang bulan yang masih bayi.

Meski dipelihara dengan baik sejak bayi, terkadang musang bulan akan menjadi galak saat dewasa. Karakter musang bulan lainnya relatif sama dengan musang pandan. Yups, musang bulan memang sedikit susah dijinakkan.

Musang Pandan

jual-beli-hewan-peliharaan.blogspot.com

jual-beli-hewan-peliharaan.blogspot.com

Kenapa disebut musang pandan? Karena konon urine dari musang ini berbau pandan. Unik bukan?

Terdapat banyak varian seperti musang pandan leucistic hidung hitam dan hidung merah, varian kelabu, serta varian hitam.

Panjang tubuh musang ini mencapai 90cm, mulai dari kepala hingga ekor. bobot badannya mencapai 2 – 5 kg. Tubuh musang padan yang umum ditemui dan didominasi oleh warna cokelat kelabu dengan ekor berwarna cokelat kehitaman.

Pada bagian punggungnya, terdapat pola garis gelap berjumlah 3–5 garis putus-putus. Sementara itu, musang pandan leucistic berwarna putih polos dengan hidung berwarna merah atau hitam.

Ada pula musang pandan yang warna tubuhnya hitam polos. Secara umum, karakter dan sifat musang pandan mirip seperti musang bulan.

Akan tetapi, segalak apapun musang pandan, tapi musang jenis ini masih tetap bisa dijinakkan dengan penuh kesabaran dan memahami sifatnya.

Musang Rase

wikimedia.org

wikimedia.org

Musang dengan nama latin Viverricula indica ini lebih dikenal memiliki aroma tubuh yang khas. Tubuhnya didominasi warna cokelat kemerahan dengan garis cokelat atau agak kemerahan mulai dari ujung kepala hingga pangkal ekor.

Namun, ada juga musang rase yang berwarna abu-abu kekuningan. Mata dan telinga berwarna hitam. Panjang tubuhnya mencapai 61 cm, sedangkan ekornya saja bisa mencapai ukuran 43 cm .

Musang Akar

amirul-mv.blogspot.com

amirul-mv.blogspot.com

Musang ini memiliki nama lain yang bervariasi, biasa disebut small-toothed palm civet dan three-striped palm civet. Hewan dengan nama ilmiah Arctogalidia trivirgata ini beratnya 2,4 kg dengan panjang tubuh 53 cm serta panjang ekor 58 cm.

Musang akar memiliki rambur pendek yang umumnya berwarna cokelat, sedangkan kepalanya berwarna abu-abu gelap cokelat. Moncong berwarna cokelat dengan garis putih putih memanjang dari hidung ke dahi.

Tubuh bagian belakang memiliki tiga garis-garis cokelat yang berbeda di sepanjang tubuh. Hanya musang betina yang memiliki kelenjar perineum, yaitu didekat vulva.

sumber: tandapagar.com

1

No Responses

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan