Gambar Via: dennicandra.com

Jenis Kalimat Tanya dan Contohnya dalam Bahasa Indonesia

Posted on

Jenis Jenis Kalimat Tanya dan Contohnya dalam Bahasa Indonesia – Satu diantara dari beberapa jenis kalimat yang ada pada bahasa Indonesia yaitu kalimat tanya. Kalimat tanya yaitu satu diantara kalimat yang kerap kali digunakan dalam pembicaraan sehari-hari. Dan kali ini akan kami jelaskan mengenai kalimat tanya. Mulai dari pengertian, ciri, jenis-jenis, hingga contoh kalimat tanya itu sendiri.

Pengertian Kalimat Tanya

Gambar Via: kcwcareers.com

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, “tanya” memiliki arti permintaan keterangan bisa berbentuk penjelasan atau sebagainya). Kalimat tanya yaitu susunan kata-kata yang memiliki gagasan untuk meminta jawaban atau respon dari orang yang ditanyai. Orang yang ditanyai dalam hal ini bisa diri sendiri atau orang lain.

Jenis kalimat ini ditujukan untuk menggali informasi mengenai suatu hal yang ingin diketahui. Informasi berupa jawaban ini bisa berbentuk keterangan singkat maupun panjang. Bila kalimat ini dituangkan dalam bentuk tulisan, maka kalimat tanya diakhiri dengan tanda tanya (?).

Ciri-Ciri Kalimat Tanya

Gambar Via: youthmanual.com

Kalimat tanya tidak sama dengan jenis kalimat yang lainnya. Ada beberapa ciri yang bisa digunakan untuk mengidentifikasi kalau kalimat itu adalah kalimat tanya. Ciri tersebut diantaranya:

  • Selalu diakhiri dengan tanda tanya (?)
  • Kalimat tanya umumnya diawali dengan kata tanya yang mencakup apa, siapa, di mana, kenapa, bagaimana, dan kapan.
  • Kata tanya pada kalimat tanya juga kerap disertai dengan imbuhan –kah serta partikel kan, contohnya siapakah, apakah, bukankah, iya kan.
  • Kalimat tanya memuat dua jenis intonasi, yakni intonasi naik serta intonasi turun.
  • Intonasi naik umumnya dipakai untuk mendapatkan jawaban ya atau tidak.
  • Berbeda dengan intonasi turun dipakai untuk mendapatkan jawaban yang jelas.

Beragam Macam Jenis Kalimat Tanya

Selama ini kita mengetahui kalimat tanya hanya dengan mengidentifikasi apakah ada kata tanya serta tanda tanya. Namun pernahkah kita mengidentifikasi kalimat tanya bersumber kepada ragam jenisnya? Jika belum, maka pada kesempatan kali ini akan kami jelaskan tentang beberapa jenis kalimat tanya.

Kalimat Tanya Biasa

Jenis kalimat tanya yang pertama yaitu kalimat tanya biasa. Kalimat tanya biasa yaitu jenis kalimat yang seringkali dipakai dalam pembicaraan sehari-hari. Jenis kalimat ini dipakai untuk menggali informasi dari seseorang mengenai objek spesifik. Kata tanya yang dipakai dalam kalimat tanya biasa yaitu 5W1H yakni What (Apa), Where (Di mana), When (Kapan), Who (Siapa), Why (Kenapa), How (Bagaimana).

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan