Header Ad

Jenis, Sifat-Sifat dan Arus Air Laut

October 31, 2017
22 Views

Jenis, Sifat-Sifat dan Arus Air Laut

Laut adalah sekumpulan air yang sangat luas di permukaan bumi yang memisahkan atau menghubungkan suatu benua atau pulau dengan yang lainnya. Umumnya perairan laut merupakan massa air asin dengan kadar garam cukup tinggi.

Jenis, Sifat-Sifat dan Arus Air Laut

Namun tahukah anda Jenis, Sifat-Sifat dan Arus Air Laut untuk lebih jelasnya silahkan baca disini.

Jenis, Sifat-Sifat dan Arus Air Laut

1. Jenis Laut

a. Berdasarkan proses terjadinya, perairan laut dapat dibedakan menjadi tiga antara lain sebagai berikut.

Laut Integresi, terjadi karena dasar laut mengalami penurunan. Kedalaman laut integrasi pada umumnya lebih dari 200 meter, misalnya Laut Maluku dan Laut Sulawesi.

Jenis, Sifat-Sifat dan Arus Air Laut

Laut transgresi, terjadi kaarena permukaan air laut bertambah tinggi. Laut transgresi umumnys terdiri dari laut dangkal yang kedalamannya kurang dari 200 meter, misalnya Laut Jawa, Laut Cina Selatan, dan Laut Arafura.

Jenis, Sifat-Sifat dan Arus Air Laut

Laut regresi, terjadi karena laut mengalami penyempitan akibat adanya proses sedimentasi lumpur yang dibawa oleh sungai.

Jenis, Sifat-Sifat dan Arus Air Laut

b. Berdasarkan kedalamannya, laut dibedakan menjadi empat yaitu sebagai berikut.

Laut pasang surut, merupakan bagian laut yang dasarnya kering ketika air laut surut. Wilayah ini mencakup daerah pantai.

Jenis, Sifat-Sifat dan Arus Air Laut

Laut dangkal, merupakan bagian laut pada kedalaman 150 m.
Laut dalam, merupakan bagian laut pada kedalaman 150-1.800 m.

Jenis, Sifat-Sifat dan Arus Air Laut

Laut sangat dalam, merupakan bagian laut pada kedalaman lebih dari 1.800 m.

Jenis, Sifat-Sifat dan Arus Air Laut

c. Berdasarkan kedalamannya, wilayah perairan laut terdiri dari empat zona yaitu sebagai berikut.

Zona litoral adalah wilayah antara garis pasang dan garis surut air laut. Wilyah ini kadang-kadang kering saat air laut surut dan tergenang saat air laut pasang. Zona litoral biasanya terdapat di daerah yang pantainya landai.

Jenis, Sifat-Sifat dan Arus Air Laut

Zona neritik, adalah daerah dasar laut yang mempunyai kedalaman rata-rata kurang dari 200 m.

Jenis, Sifat-Sifat dan Arus Air Laut

Zona batial, adalah wilayah perairan laut yang memiliki kedalaman 200-1.800 m.

Jenis, Sifat-Sifat dan Arus Air Laut

Zona abisal adalah wilayah perairan laut yang memiliki kedalaman lebih dari 1.800 m.

Jenis, Sifat-Sifat dan Arus Air Laut

2. Sifat-Sifat Air Laut

a. Susunan Kimiawi dan Salinitasi Air Laut

a. Berdasarkan susunan kimiawi dan salinitasnya, susunan garam air laut yaitu NaCl (77,75%), K2SO4 (2,46%), MgCl2 (10,78%) , MgBr2 (0,21%), MgSO4 (4,73%), CaSO4 (3,69%), CaCO3, dan garam-garaman lain (0, 34%).

Jika diketahui rata-rata kadar garam air laut 3,5%, artinya setiap 1kg air laut mengandung garam 35 gram. Kadar garam air laut tidak sama di setiap daerah, ini bergantung pada beberapa faktor yang memengaruhinya antara lain sebagai berikut.

Besar kecilnya penguapan,. Semakin besar penguapan air laut, kadar garamnya semakin tinggi.
Banyak sedikitnya curah hujan,. Semakin banyak curah hujan, semakin rendah kadar garamnya.
Banyak sedikitnya air tawar dari sungai yang masuk ke laut. Masuknya air tawar menyebabkan rendahnya salinitas.
Banyak sedikitnya cairan es yang masuk ke dalam laut. Ini terjadi di daerah yang mengalami musim dingin.
Arus laut. Dengan adanya arus laut terjadi pencampuran kandungan garam sehingga kadar garmnya lebih merata.

b. Suhu atau Temperatur Air Laut

Kisaran suhu air laut pada daerah tropis relatif  stabil karena cahaya matahari lebih banyak mengenai daerah ekuator daripada daerah kutub.

Hal ini dikarenakan cahaya matahari yang merambat melalui atmosfer banyak kehilangan panas sebelum cahaya tersebut mencapai kutub. Suhu di lautan kemungkinan  berkisar antara -1,87 C (titik beku air laut) di daerah kutub sampai maksimum sekitr 42 C di daerah perairan dangkal.

c. Warna Air Laut

Warna air laut bergantung pada beberapa faktor berikut.

Zat larutan organisme atau zat lain yang terdapat di dalam air. Contoh: Laut Merah airnya kadang-kadang kelihatan merah darah karena banyak ganggang laut (alga) yang sifatnya memantulkan warna merah dari sinar matahari.

Warna dasar lautnya. Laut Hitam (sebelah utara Turki) air lautnya kelihatan hitam karena dasar laut tersebut warnanya hitam. Di laut dangkal (zona litoral) air laut warnanya hijau karena di daerah tersebut banyak tumbuh-tumbuhan laut yang berwarna hijau.

Warna biru air laut disebabkan oleh pemantulan warna biru dari sinar matahari. Warna ini dipantulkan karena warna ini bergelombang pendek dan pantulan warna langit.

3. Arus Laut

Arus laut adalah gerakan air laut di seluruh dunia secara vertikal dan horizontal sehingga menuju keseimbangannya. Pada umumnya, arus laut disebabkan oleh pengaruh angin, perbedaan kadar garam air laut, perbedaan suhu, pasang naik dan pasng surut air laut, serta mengisi daerah yang ditinggalkan arus (arus kompensasi atau arus pengisi).

Arah arus dinyatakan dengan ke arah mana arus itu bergerak, misalnya arus timur adalah arus yang arahnya ke timur, arus utara adalah arus yang arahnya ke utara, dan sebagainya.

Menurut temperaturnya, arus dibedakan menjadi dua macam yaitu sebagai berikut.

Arus panas adalah arus yang temperaturnya lebih tinggi daripada daerah yang didatanginya. Contoh: arus teluk, arus kuro siwo, dan arus brasilla.
Arus dingin adalah arus yang temperaturnya lebih rendah daripada daerah yang didatanginya. Contoh: arus labrador, dan arus benguela.

4. Kehidupan di Laut

Secara umum, seluruh kehidupan di laut dapat dibedakan menjadi tiga kelompok utama yaitu sebagai berikut.

Plankton, terdiri dari dua jenis yaitu fitoplankton (golongan tumbuh-tumbuhan) dan zooplankton (golongan hewan).
Nekton adalah hewan-hewan laut yang dapat bergerak sendiri, seperti ikan-ikan laut, Reptilia laut, Mamalia laut, cumi-cumi, dan lain-lain.
Bentos adalah organisme yang hidup di dasar laut, baik yaang menempel pada pasir maupun lumpur. Beberapa contoh bentos antara lain kerang, bulu babi, bintang laut, cambuk laut, terumbu karang, dan lain-lain.

5. Manfaat Laut Bagi Kehidupan

Laut memiliki kekayaan alam yang sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia. Lautan memiliki hubungan yang saling memengaruhi antara daratan, atmosfer, dan air. Hubungan itulah yang berpengaruh terhadap iklim di dunia.

Manfaat laut bagi kehidupan manusia antara lain sebagai transportaasi, pengangkutan, perikanan, pertanian, pariwisata, serta sebagai sarana pertahanan dan keamanan negara.

Itulah tadi sedikit informasi yang bisa saya berikan tentang Jenis, Sifat-Sifat dan Arus Air Laut semoga bermanfaat bagi anda yang membaca artikel ini dan semoga menambah pengetahuan anda, terimakasih..

 

Selamat Hari Halloween!

 

Jenis, Sifat-Sifat dan Arus Air Laut

 

SemuaBeritaGambarMapsVideoLainnya
SetelanAlat
Sekitar 414000 hasil (0,55 detik)
Hasil Telusur
Jenis, Sifat-Sifat dan Arus Air Laut | Belajar Biologi
wwwbelajarbiologixyz › biologi
Umumnya perairan laut merupakan massa air asin dengan kadar garam cukup tinggi Namun tahukah anda Jenis, Sifat-Sifat dan Arus Air Laut untuk lebih
Sifat-sifat Fisis Air Laut (oseanografi) | Nyetnyetanyet’s Blog
https://nyetnyetanyetwordpresscom/2009/11/05/sifat-sifat-fisis-air-laut-oseanografi/
5 Nov 2009 – Sifat-sifat fisis utama air laut ditentukan oleh 96,5% air murni 1 Sifat Air Murni Air Variasi tersebut terjadi karena arus musiman Pada awal
Pusat Ilmu Pengetahuan: Sifat-Sifat Air Laut
neti7blogspotcom/2016/03/sifat-sifat-air-lauthtml
22 Mar 2016 – Warna air laut bergantung pada zat yang terlarut di dalam air laut, jenis endapan, dan organisme yang hidup di dasar laut Adapun di daerah laut yang tertutup dari arus bebas, seperti Laut Tengah dan Laut Merah
Pengertian Arus Laut dan Jenis Arus Laut Terlengkap
wwwgurupendidikancoid/pengertian-arus-laut-dan-jenis-arus-laut-terlengkap/
7 Apr 2015 – Pengertian Arus Laut – Arus laut adalah suatu pergerakan massa air secara vertikal serta juga horizontal sehingga menuju suatu
Pengertian & Jenis Arus Laut Serta Faktor Penyebab Terjadinya
wwwspengetahuancom//pengertian-jenis-arus-laut-serta-faktor-penyebab-terjadiny
29 Feb 2016 – Pengertian & Jenis Arus Laut Serta Faktor Penyebab Terjadinya – Penjelasan mengenai pengertian arus laut, jenis air laut serta beberapa
Pengertian Laut, jenis laut, Arus, Gelombang, Organisme, serta
wwwilmusaudaracom › Pengetian laut dan jenis laut
28 Sep 2015 – Laut adalah bagian permukaan bumi yang sangat luas yang tertutup oleh air dan memiliki kadar garam yang relatif tinggi Ilmu yang
Pengertian dan Jenis Arus Laut Dunia – Ilmu Pengetahuan – Softilmu
wwwsoftilmucom › Geografi
18 Jul 2013 – Arus laut adalah pergerakan massa air secara vertikal dan horizontal sehingga menuju keseimbangannya, atau gerakan air yang sangat luas
geografi lingkungan: Arus Laut (Sea Current)
geoenvironblogspotcom/2011/12/arus-laut-sea-currenthtml
25 Des 2011 – Arus laut (sea current) adalah gerakan massa air laut dari satu tempat ke Ada dua jenis gaya yang bekerja yaitu eksternal dan internal Gaya eksternal antara lain Teori ini menerangkan sifat-sifat pasut secara kualitatif
geografi lingkungan: Sifat Fisik Air Laut
geoenvironblogspotcom/2012/04/sifat-fisik-air-lauthtml
4 Apr 2012 – NAMA UNSUR % jumlah berat seluruh gram Keberadaan garam-garaman mempengaruhi sifat fisis air laut (seperti: densitas, pada pasang-surut air laut, banyaknya aliran air tawar dan arus-arus lainnya, serta topografi
Macam – Macam Arus Laut Dunia [Lengkap] – Knowledge and
https://ensiklozoneblogspotcom › geografi › materi
Arus laut merupakan aliran air laut yang memiliki arah dan peredaran yang Macam – macam arus laut dapat dibedakan menjadi beberapa jenis antara lain : 1 Pengertian dan Jenis – Jenis Danau yang ada di Indonesia Pengertian dan
Penelusuran yang terkait dengan Jenis, Sifat-Sifat dan Arus Air Laut
makalah sifat sifat air laut
macam-macam arus laut di samudra pasifik
dasar laut dalam yang berbentuk palung laut
sifat kimia air laut
makalah sifat fisik dan kimia air laut
gerakan air laut
sifat fisika air laut
kualitas air laut

Berikutnya
Indonesia Kedaung, Kota Tangerang Selatan, Banten – Dari ponsel Anda (Riwayat Lokasi) – Gunakan lokasi yang akurat – Pelajari lebih lanjut
Bantuan Kirim masukan Privasi Persyaratan

Selamat Hari Halloween!

 

makalah sifat sifat air laut

 

SemuaGambarBeritaVideoMapsLainnya
SetelanAlat
Sekitar 211000 hasil (0,59 detik)
Hasil Telusur
Makalah Oseonografi Sifat Fisik Air Laut – Scribd
https://wwwscribdcom/doc/217911576/Makalah-Oseonografi-Sifat-Fisik-Air-Laut
Mn titik beku7% dari seluruh zat terlarut dalam air laut Beberapa sifat (viskositas dan P SO4 Keberadaan garam-garaman mempengaruhi sifat fisis air laut
Makalah Oseonografi Sifat Fisik Air Laut – Scribd
https://idscribdcom/doc/217911576/Makalah-Oseonografi-Sifat-Fisik-Air-Laut
Keberadaan garam-garaman mempengaruhi sifat fisis air laut (seperti: densitas titik beku bahan-bahan organik dan partikel-partikel tak terlarut Gas terlarut
Makalah Oseonografi Sifat Fisik Air Laut – Documents
https://dokumentips › Documents
25 Nov 2015 – BAB II PEMBAHASAN II1 Temperatur Air Laut Dalam oseanografi dikenal dua istilah untuk menentukan temperatur air laut yaitu temperatur
Tugas oceanografi fix: Makalah Oceanografi Kimia Air Laut
feyjutekblogspotcom/2013/03/makalah-oceanografi-kimia-air-lauthtml
27 Mar 2013 – Dalam penyusunan makalah ini, penulis banyak mendapat tantangan Keberadaan garam-garaman mempengaruhi sifat fisis air laut (seperti:
Air laut – Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
https://idwikipediaorg/wiki/Air_laut
Air laut adalah air dari laut atau samudera Air laut memiliki kadar garam rata-rata 3,5% Artinya dalam 1 liter (1000 mL) air laut terdapat 35 gram garam
WARNET AL-BAROKAH: Contoh Makalah Perairan Laut
warnetalbarokahblogspotcom/2013/10/contoh-makalah-perairan-lauthtml
9 Okt 2013 – Makalah ini dapat dijadikan sebagai dasar untuk untuk memahami tentang perairan laut yang meliputi sifat air laut, jenis-jenis laut serta angin
geografi lingkungan: Sifat Fisik Air Laut
geoenvironblogspotcom/2012/04/sifat-fisik-air-lauthtml
4 Apr 2012 – Sifat Fisik Air Laut Oseanografi terdiri dari dua kata: oceanos yang berarti laut dan graphos yang berarti gambaran atau deskripsi (bahasa
Sifat-sifat Fisis Air Laut (oseanografi) | Nyetnyetanyet’s Blog
https://nyetnyetanyetwordpresscom/2009/11/05/sifat-sifat-fisis-air-laut-oseanografi/
5 Nov 2009 – Sifat-sifat fisis utama air laut ditentukan oleh 96,5% air murni 1 Sifat Air Murni Air murni jika dibandingkan dengan cairan lain (dengan
SIFAT-SIFAT FISIKA DAN KIMIA AIR LAUT – BPPP Banyuwangi
wwwportalbpppbanyuwangicom/kelautan/113-sifat-sifat-fisika-dan-kimia-air-la
10 Des 2014 – Oseanografer mempelajari sisfat-siaft air laut untuk mempelajari tidak hanya untuk mengetahui cara sifat-sifat fisi tersebut merespon faktor
Idhy’e madhydhy malebby qye: MAKALAH-SALINITAS DAN AIR LAUT
idhyemadhydhymalebbyqyeblogspotcom/2012//salinitas-dan-air-laut-oseanologih
20 Mei 2012 – Dalam penyusunan makalah ini, penulis banyak mendapat tantangan Keberadaan garam-garaman mempengaruhi sifat fisis air laut (seperti:
Penelusuran yang terkait dengan makalah sifat sifat air laut
sifat fisika dan kimia air laut
sifat kimia air laut pdf
sifat fisika air laut
makalah sifat fisik dan kimia air laut
kandungan air laut pdf
faktor yg mempengaruhi kadar garam air laut
makalah sifat kimia air laut
faktor fisika perairan laut

Berikutnya
Indonesia Kedaung, Kota Tangerang Selatan, Banten – Dari ponsel Anda (Riwayat Lokasi) – Gunakan lokasi yang akurat – Pelajari lebih lanjut
Bantuan Kirim masukan Privasi Persyaratan

Selamat Hari Halloween!

 

sifat fisika dan kimia air laut

 

SemuaGambarBeritaVideoMapsLainnya
SetelanAlat
Sekitar 69600 hasil (0,51 detik)
Hasil Telusur
SIFAT-SIFAT FISIKA DAN KIMIA AIR LAUT – BPPP Banyuwangi
wwwportalbpppbanyuwangicom/kelautan/113-sifat-sifat-fisika-dan-kimia-air-la
SIFAT-SIFAT FISIKA DAN KIMIA AIR LAUT Ditulis oleh Emiwati on 10 Desember 2014 Posted in Artikel Kelautan dan Perikanan salinitas1 Oseanografer
Sifat Fisik dan Kimia Air Laut – Gurugeografiid
wwwgurugeografiid › Materi Kelas 10 › Materi OSN Kebumian › Oseanografi
20 Apr 2017 – Air laut merupakan campuran antara berbagai garam dan air Sebagian besar air di laut berasal dari kondensasi awal saat Bumi mulai
BAB II SIFAT-SIFAT FISIS DAN KIMIAWI AIR LAUT by Arnang Ilahi on
https://prezicom/hppypr3mvaxo/bab-ii-sifat-sifat-fisis-dan-kimiawi-air-laut/
18 Okt 2015 – BAB II SIFAT-SIFAT FISIS DAN KIMIAWI AIR LAUT Oleh : Arnang Wahyu Ilahi Nim : H1081141019 Sifat-sifar fisis kimia air laut 1 Suhu 2
Riskomforcom: SIFAT FISIK DAN KIMIA AIR LAUT
riskiaditiyablogspotcom/2012/03/sifat-fisik-dan-kimia-air-lauthtml
19 Mar 2012 – Salinatas adalah banyak sedikitnya kadar garam yang terdapat dalam 1 liter airlaut Rata-rata kadar garam air laut 34,5% artinya tiap 1 liter air
[PDF]Sifat Fisika Kimia Air Laut dan Temperatur
laboseanografimipaunsriacid//02-SIFAT-FISIKA-KIMIA-AIR-LAUT-Temperatu
9 Jan 2013 – Karena sifat anomali air adalah bipolar, maka molekul air akan menyatu dengan molekul air yang lain oleh suatu ikatan yang disebut ikatan
Sifat Fisis Air Laut | Herlita Ayu Pratiwi – Academiaedu
wwwacademiaedu/8396836/Sifat_Fisis_Air_Laut
Secara umum oseanografi dibedakan menjadi oseanografi fisis, kimia, Untuk memahami sifat-sifat fisis air laut, seperti temperatur, salinitas dan densitas 2
geografi lingkungan: Sifat Fisik Air Laut
geoenvironblogspotcom/2012/04/sifat-fisik-air-lauthtml
4 Apr 2012 – Kimia oseanografi (oseanografi kimia) yang mempelajari masalah-masalah kimiawi air laut dan bersangkut-paut dengan susunan air laut
[PPT]Sifat Fisik-Kimia Air Laut – uneeslamert
https://uneeslamert19fileswordpresscom/2014/02/kuliah-5-sifat-kimia-air-lautppt
Sifat Kimia Air Laut Materi Kuliah 5 MK Oseanografi Umum (ITK221) Sifat Dasar Air Struktur Molekul Air: Hidrogen dan oksigen membetuk ikatan kovalen
Parameter Kimia dan Fisika Laut | Aquaqulture
aquaqulturechaidirblogspotcom/2013/12/parameter-kimia-dan-fisika-lauthtml
10 Des 2013 – Beberapa sifat atau karakteristik air laut dibagi menjadi sifat fisika dan sifat kimia air laut Dimana air laut menampung aliran/ drainase dari
[PDF]Sifat Fisika & Kimia Air – Direktori File UPI
fileupiedu/KIMIA/Kimia/kIMIA_AIR/SIFAT_FISIKA%2C_KIMIA_AIR%2
Sifat fisika air Air mempunyai titik didih yang tinggi Jika tidak mempunyai sifat ini maka pada suhu yang normal tidak ada laut, danau , sungai, tumbuhan
Penelusuran yang terkait dengan sifat fisika dan kimia air laut
makalah sifat fisik dan kimia air laut
sifat kimia air laut pdf
sifat fisika air laut
pengertian sifat kimia air laut
sifat kimia air laut berdasarkan parameternya
pengertian sifat fisis air laut
sifat air laut academia
faktor fisika perairan laut

Berikutnya
Indonesia Kedaung, Kota Tangerang Selatan, Banten – Dari ponsel Anda (Riwayat Lokasi) – Gunakan lokasi yang akurat – Pelajari lebih lanjut
Bantuan Kirim masukan Privasi Persyaratan

You may be interested

Meneladani Perjuangan Bayi Adam Fabumi, Pengidap Penyakit ‘Trisomy 13’ yang Baru Saja Berpulang
Buzz
1 views
Buzz
1 views

Meneladani Perjuangan Bayi Adam Fabumi, Pengidap Penyakit ‘Trisomy 13’ yang Baru Saja Berpulang

Lahiya - November 24, 2017

Rupanya, belakangan ini bukan hanya pelabrakan Jedun atas isu pelakor atau pencapaian AgnezMo yang akan diajak berduet oleh Chris Brown…

Kenalan dengan 4 Putri Cantik Faisal Harris dan Sarita Korban Kehancuran Keluarga Akibat ‘Pelakor’
Buzz
3 views
Buzz
3 views

Kenalan dengan 4 Putri Cantik Faisal Harris dan Sarita Korban Kehancuran Keluarga Akibat ‘Pelakor’

Lahiya - November 24, 2017

Belum habis euphoria warga Indonesia tentang isu pelakor akhir-akhir ini. Hal ini juga dimanfaatkan oleh salah satu stasiun televisi dengan…

Inilah 4 Klub Ternama Indonesia yang Sempat “Mengancam” Hijrah ke Luar Negeri
Buzz
5 views
Buzz
5 views

Inilah 4 Klub Ternama Indonesia yang Sempat “Mengancam” Hijrah ke Luar Negeri

Lahiya - November 24, 2017

Merasa dicurangi wasit saat pertandingan berlangsung mungkin hal yang sering ditemui. Ada beragam alasan mengapa hal itu terjadi, entah wasitnya…

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan