Joshua Ditahan Terkait Tudingan Pelecehan SARA, Begini Komentar Din Syamsuddin

Posted on

Lahiya – Dua public figure tersandung kasus tudingan pelecehan SARA. Dalam lawakan mereka, Joshua Suherman dan Ge Pamungkas disebut-sebut telah melecehkan Islam. Mengenai hal tersebut, Utusan Khusus Presiden untuk Dialog dan Kerja Sama Antaragama dan Peradaban Din Syamsuddin menyampaikan tanggapannya.

“Saya pesankan kepada semua public figure yang tampil di depan publik untuk berhati-hati, untuk tahan diri kepada yang sifatnya sensitif, terutama dalam wilayah SARA, bukan hanya agama, tapi ras, suku, dan berbagainya,” ujar Din di gedung Sekretariat Negara, Jalan Teuku Umar, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (11/1/2018), seperti dikutip dari Detik.com.

Menurut Din isu tentang SARA begitu mudah memicu konflik. Namun, dia juga menilai bahwa kasus yang menyandung Joshua dan Ge Pamungkas itu bukan tindakan yang disengaja. “Karena itu mudah menimbulkan pertentangan di antara kita. Namun kalau itu sudah terjadi seperti itu, mungkin slip of the tounge, apalagi yang bersangkutan sudah minta maaf ya dimaafkan sajalah,” tutur Din.

Baca juga: Mbah Mijan Bongkar Rahasia Mistis Vicky Prasetyo Bisa Sampai Digilai Wanita

Din juga mengatakan bahwa kemungkinannya sangat besar bagi seorang komika mengalami ‘keseleo lidah’ saat tengah berada di atas panggung. “Karena dia harus lucu kan, sudah di atas panggung sudah ratusan mata melihat. Harus cepat berpikir, harus cerdas, tapi kan sering kehilangan kesadaran,” kata Din.

Karena itulah, menurut Din, pasti ada pihak yang merasa tersinggung atas lawakan Joshua dan Ge Pamungkas itu. Din juga menyarankan supaya kedua belah pihak bertemu untuk saling memaafkan dan menyelesaikan masalah ini secara kekeluargaan saja.

 “Ya pasti ada mungkin dia tersinggung mungkin terganggu tersinggung, cuma itu hal-hal yang perlu menahan diri. Bagus kalau bertemu kemudian saling memaafkan ya sudah selesai,” ujar Din.

sumber

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan