‘Kado’ Natal, Ahok Bakal Dapat Remisi. Berapa Banyak?

Posted on

Lahiya – Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) yang kini meringkuk di balik jeruji besi karena kasus penistaan agama dikabarkan bakal mendapatkan remisi.

Hal tersebut diinformasikan oleh I Wayan Sudirta, salah satu pengacara Ahok. Mantan bupati Belitung Timur tersebut bakal mendapatkan remisi sebanyak 15 hari.

“Iya, dapat, (tapi) nanti dicek sama-sama ya, karena tidak ada buku di depan saya, seingat saya 15 hari itu karena Natal,” ujar Sudirta, Senin (18/12/2017), dikutip dari detikcom.

Sudirta menjelaskan jika kliennya tersebut telah memiliki hak untuk meperoleh remisi. Pasalnya, Ahok telag menjalani masa tahanan selama 6 bulan. Oleh sebab itu, remisi yang bakal diperoleh mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut merupakan hak yang sementinya didapatkannya.

Baca Juga: Berbulan-Bulan Kasus Habib Rizieq Belum Rampung, Ini Kata Polisi

“Kalau sejak 6 bulan ke atas itu 15 hari kalau tidak salah. Itu haknya, dia pasti dapat,” katanya.

Remisi yang diberikan tersebut terkait dengan hari raya Natal. Sudirta memaparkan jika narapidana memiliki hak untuk mendapatkan potongan hukuman pada hari raya sesuai dengan agama yang dipeluknya.

“Ini di luar hal-hal lain, kan remisi itu macam-macam, ini sudah hak gitu. Karena khusus untuk hari raya setiap narapidana dia boleh mendapatkan remisi untuk hari raya terhadap agama yang dianut. Kalau Kristen dia ambilnya di Natal, kalau muslim di Idul Fitri,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Sudirta mengungkapkan jika kliennya tak mau banyak komentar perihal remisi yang ia dapatkan tersebut. Ahok merasa jika memang aturannya seperti itu maka ia mengikut saja.

Baca Juga: Fadli Zon: Saya Ramalkan Prabowo Akan Jadi Presiden di 2019

“Kalau Pak Ahok ini orangnya tegar, dia jalani saja, dia nggak komentar yang kayak gini-gini. Kalau itu sudah aturannya, ya sudah, dia jalani saja,” ungkapnya.

Sudirta lantas menceritakan kegiatan Ahok selama di penjara.

“Di tahanan dia rajin membaca, malah buku yang dia baca tidak hanya buku-buku agama Kristen, tapi buku-buku agama lain juga dia baca,” ucapnya.

sumber

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan