SHARE
Loading...

Sakit pinggang merupakan penyakit yang sudah sangat sering ditemui di zaman sekarang. Mayoritas orang yang memeriksakan diri ke rumah sakit, hasil X-ray nya pasti menunjukkan bahwa cakram (intervertebral disc) pada pinggang menonjol keluar. Tapi pada kenyataannya hanya 4% orang yang menderita sakit pinggang karena cakram menonjol, 96% orang sisanya menderita sakit pinggang karena hal lain. Penyebab sakit pinggang yang paling sering terjadi adalah karena terlukanya otot pinggang.

Otot pinggang (Quadratus lumborum)

Otot pinggang merupakan otot berlapis yang terletak pada bagian samping pinggangmu. Otot ini menghubungkan tulang rusuk, tulang pinggang dan tulang panggul. Sebenarnya otot pinggang ini bukan hanya otot, tapi terbentuk dari serat yang bisa dibagi menjadi 3:

  • Iliocostal fibers: Menghubungkan tulang rusuk dengan tulang panggul, ditandai dengan warna biru di gambar.
  • Iliolumbar fibers: Menghubungkan tulang panggung dengan tulang pinggang, ditandai dengan warna hijau di gambar.
  • Lumbocostal fibers: Menghubungkan tulang rusuk dengan tulang ruas pinggang, ditandai dengan warna merah di gambar.

Bisa dilihat dengan jelas, pada gambar di atas serat pada otot sisi pinggang menghubungkan berbagai tulang dan mereka memiliki fungsi sangat penting, yaitu menyeimbangkan posisi tubuh bagian atas.

Lalu apa hubungannya antara otot pinggang dan sakit pinggang?

  1. Otot pinggang menghubungkan panggul dan pinggang, berfungsi sebagai penunjang dan membuat pinggang menjadi tegak. Duduk dalam waktu yang terlalu lama dapat membuat otot pinggang bekerja terlalu keras dan kelelahan. Bila ototmu sudah lelah, maka pinggang pun akan sakit.
  2. Posisi punggung yang membungkuk juga membuat beban tubuh bagian atas menjadi berpindah dan membuat otot pinggang kembali mengalami tekanan besar. Sama seperti poin di atas, hal ini dapat menyebabkan otot pinggang lelah dan pinggang pun sakit.
Loading...

Nah, kalau kamu adalah salah satu orang yang sering menderita sakit pinggang, jangan khawatir lagi, masih ada beberapa gerakan olahraga sederhana yang bisa menyelamatkanmu!

Gerakan 1

Berbaring terlentang di atas matras, angkat kedua kakimu, dan gerakanlah kedua tanganmu ke arah ujung kaki, usahakan punggungmu tidak melengkung dan gunakan otot perutmu. Ulangi gerakan ini sebanyak 30 kali.

Gerakan 2

Berbaring terlentang di atas matras, gerakan lengan dan kakimu secara bersamaan. Tekuk kakimu mendekati arah perut dan di saat yang sama arahkan lenganmu ke ujung kaki juga, seperti pada gambar di bawah ini. Lakukan gerakan ini sebanyak 30 kali.

Gerakan 3

Berbaring terlentang di atas matras dan pijakan kedua telapak kakimu ke lantai. Posisikan kedua lenganmu di samping tubuh lalu gerakanlah ke arah tumit secara bergantian. Lihat gambar di bawah ini. Lakukan gerakan ini sebnayak 30 kali.

Gerakan 4

Posisikan tubuhmu secara menyamping, gunakan tangan kiri yang ditekuk 90 derajat untuk menopang tubuh. Letakkan tangan kanan di bagian belakang kepala, luruskan dan rapatkan kedua kaki, lalu goyangkanlah pinggang dan pinggulmu ke atas dan kebawah. Lihat gambar di bawah ini, ulangi gerakan ini 30 kali yah..

Bila sudah, ganti posisi tangan dan ulangi lagi sebanyak 30 kali.

Gerakan 5

Pertama- tama, berbaringlah secara terlentang terlebih dulu, lalu arahkan kedua lututmu ke arah kiri. Letakkan kedua tangan di kepala bagian belakang dan lakukan gerakan seperti sit-up. Perhatikan gambar di bawah ini. Lakukan gerakan ini 30 kali yah..

Kalau sudah juga pindahkan kakimu ke arah lain dan ulangi gerakan yang sama 30 kali.

Gerakan 6

Tekuk lengan kirimu untuk menopang lantai dan kepalamu. Letakkan tangan kanan di lantai depan perutmu, rapatkan dan luruskan kaki, lalu angkatlah kakimu ke arah atas dan bawah. Pertahankan punggung yang lurus, gunakan otot perut untuk mengangkat kedua kakimu. Ulangi gerakan ini sebanyak 30 kali, dan ganti arahlah setelah selesai, lalu ulang 30 kali lagi.

Beberapa gerakan di atas bisa sangat membantu otot pinggangmu berelaksasi dan terlatih. Selamat Mencoba! [ce]

Loading...
Loading...