Keharusan Pansel KPK Jeli Melihat Perebutan Capim KPK oleh @G_PasekSuardika

Perebutan komisioner KPK di tingkat pansel makin seru. Masing-masing jaringan berusaha golkan jagoannya. Berbagai cara dilakukan.

Kubu kubuan sangat terasa dari statemen para tokoh untuk degradasikan calon lawannya. Bahkan media pun ada yang secara nyata ambil posisi tersebut.

Terlepas dari itu semua, sbnrnya KPK adlh lmbg yang masih punya daya tarik kuat. Maklum lewat KPK bisa gunakan jalan pintas untuk banyak hal.

Lihat saja, tidak ada yang mantan komisioner KPK menganggur usai menjabat. Semua kebagian posisi lanjutan. Bahkan dibawah itu juga sama.

Hanya komisioner bermasalah saja yang harus terkatung-katung. Itu mungkin saking kebelet ya dengan jabatan-jabatan lain alias tidak sabar.

Tidak hanya itu, secara politik juga menguasai KPK bisa melakukan jalan pintas untuk habiskan lawan politik. Itu makin nyata di periode lalu.

Tidak hanya itu, ada juga jaringan tertentu eksis dan hidup dengan cara merawat seakan-akan dirinya pemegang saham lembaga tersebut.

Dalam kondisi seperti itu, sudah seharusnya Pansel jeli dan mampu melepaskan diri dari tarik menarik jaringan tersebut. Sebab disitulah penyebab KPK merosot.

Pansel bisa saja menyiapkan paket formasi yang ideal jauh dari tarikan kepentingan kelompok yang selama ini bermain. Cari figur yang bebas saja.

Figur-figur yang sudah terbukti tidak punya nyali menghadapi kelompok tertentu  sebaiknya dipensiunkan saja. Prinsip Jokowi dengan pansel yang berbeda Sinyalnya.

loading...

Pansel harus berani lakukan terobosan dengan formasi baru. Jauh dari formasi selama ini. Misalnya dengan memasukkan perempuan dalam posisi dominan.

Atau memasang figure-figur yang memang belum begitu dikenal namun punya kapasitas dan integritas. Sehingga jangan sampai komisioner yang lebay terpilih.

Formasi itu bisa juga dengan metodologi lain. Yang pasti diluar formasi yang terbukti bermasalah karena bila dipertahankan hanya lanjutkan masalah saja.

Intinya KPK yang baru, wajah dan semangat baru dan jauh dari bayang-bayang pemain-pemain lama agar penegak hukum di KPK tidak menjadi kartel.

Semoga saja ada darah segar dan wajah segar dengan semangat segar dalam KPK kita.
Benarkah data ini? Sederhana sekali ya. Masih punya hutang lebih besar daripada aset tanah dan bangunannya.

Setiap masa ada orangnya, setiap orang ada masanya. Hati-hati jebakan Batman dari orang yang beda masa

Pansel KPK akan berhasil bila berhasil melakukan reformulasi formasi KPK sehingga tidak ada lagi kartel tertentu seakan menjadi owner KPK.

Kultwit gede pasek suardika @G_paseksuardika 29/08/2015