Home Ragam 15+ Kerajinan Tangan dari Botol Bekas yang Berguna untuk Sehari-hari

15+ Kerajinan Tangan dari Botol Bekas yang Berguna untuk Sehari-hari

SHARE

Kerajinan Tangan dari Botol Bekas. Salah satu kelebihan manusia adalah adanya akal yang dapat digunakan semaksimal mungkin agar memudahkan kegiatan sehari-hari. Melalui kreativitas yang diolah dan dikembangkan akan lahir berbagai penemuan dan karya menarik yang belum pernah terpikirkan sebelumnya.

Salah satunya adalah mendaur ulang barang-barang yang sudah tidak terpakai agar memiliki nilai guna dan nilai ekonomis. Indonesia sendiri merupakan penyumbang sampah plastik terbesar kedua di dunia. Botol plastik merupakan salah satu limbah anorganik yang sulit diurai. Karena itu, recycle limbah-limbah yang sulit diurai merupakan suatu tindakan yang bijak.

Dengan kreativitas yang anda miliki, banyak cara untuk memanfaatkan limbah plastik ini menjadi sesuatu yang berguna. Berikut ini Lahiya akan merangkum beberapa kerajinan tangan yang dapat menginspirasi anda. Selamat mencoba!

Tempat Perhiasan dari Limbah Botol Plastik

Ide yang disajikan kali ini cukup unik dan menarik. Memadukan limbah plastik yang dianggap tidak ada harganya dengan perhiasan yang dinilai berharga karena nilai investasinya yang tinggi. Tempat perhiasan ini cocok untuk anda yang hobi mengoleksi perhiasan. Tempat perhiasan ini dapat dibuat menggunakan bagian bawah botol plastic lalu satukan dengan besi di bagian tengah botol tersebut.

1. Taman Vertikal

taman-vertikal

Untuk anda yang memiliki hobi mendekorasi sudut ruangan di area rumah, mungkin ide kali ini akan membangkitkan minat anda. Dengan bahan baku yang sederhana dan mudah didapat, siapa yang menyangka kalau botol plastik dapat mempercantik area rumah anda. Taman vertical ini dibuat bukan hanya di area rumah, tetapi juga bisa dibuat di area terbuka seperti taman kota dan lain-lain.

Dilihat dari keterbatasan lahan di Jakarta, cara ini sangat ampuh untuk memperindah kota dan membantu mengurangi karbondioksida yang menjadi salah satu penyebab tercemarnya udara.

2. Lampu Gantung

lampu-gantung

Siapaun mengidamkan dekorasi rumah yang unik dan menarik. Interior yang berbeda pada umumnya, membuat sang pemilik rumah bangga dan nyaman berada di rumah. Salah satu interior rumah yang mencolok adalah lampu gantung.

Untuk membuat lampu gantung yang unik, anda bisa memanfaatkan botol plastik bekas yang tidak terpakai. Selain menghemat biaya, hasil kerajinan tangan sendiri akan membuat anda lebih puas ketika memiliki manfaat dan nilai jual jika dipasarkan.

loading...

3. Lampu Hias dari Botol Plastik dan Sendok Plastik

lampu-hias-dari-botol-plastik-dan-sendok-plastik

Fungsi utama lampu sedari awal adalah sumber penarangan di dalam ruangan. Seiring berjalannya waktu, lampu juga bisa dijadikan sebagai aksesoris ruangan sehingga tampak indah dan mewah. Untuk memiliki lampu yang indah dan mewah, banyak cara sederhana dan murah untuk membuatnya.

Tidak perlu repot-repot berburu lampu hias di toko mewah. Cukup mengandalkan botol bekas, sendok plastik bekas dan keterampilan, voila! Jadilah lampu cantik yang sangat indah. Cara pembuatannya adalah menggunting bagian gagang sendok dan manfaatkan lengkungannya kemudian susun dengan model melingkar menggunakan lem. Kemudian letakkan pada botol plastic melalui bagian bawah yang telah dilubangi.

4. Lukisan Mozaik dari Tutup Botol

lukisan-mozaik-dari-tutup-botol

Lukisan mozaik di atas berjudul “When the Beach Met the Bay” ini adalah karya Lisa Jadilah dan L.B KIDS. Pada bulan Oktober 2012, Lisa bersama dengan komunitas Long Beach. Mural ini diselesaikan selama 30 hari yang dikerjakan dari matahari terbit hingga terbenam. Karyanya ini terdiri dari 25.000 tutup botol plastic sepanjang 440 ft.

Mural ini terdapat di sudut Maryland Ave. dan Beech St. di West End of Long Beach, N. Y. Lewat mural ini, Lisa berharap bahwa sampah daur ulang dapat berpotensi sebagai Sesutu yang berguna dan memiliki nilai seni yang indah jika dikerjakan dengan kesabaran, tekat, dan tentunya kreativitas.

5. Lukisan dari Botol Plastik

lukisan-dari-botol-plastik

Jika anda gemar melukis, ada acara baru untuk mengganti kuas lukis anda. Salah satunya menggunakan botol bekas. Membuat lukisan menggunakan bagian bawah botol ini bukan suatu pekerjaan yang sulit. Alat dan bahan yang digunakan pun cukup sederhana. Hanya memerlukan cat lukis, wadah cat, dan botol bekas seperti contoh gambar di atas. Selamat berkreasi!

6. Kanopi

kanopi

Salah satu mahakarya dari desainer Garth Britzman dengan 1500 botol bekas yang sangat indah dan bermanfaat. Lihatlah gambar di atas, Britzman memanfaatkan botol plastic bekas yang diubah menjadi kanopi mobil yang memiliki sentuhan seni dan memiliki nilai jual tinggi. Karya ini bukan hanya memiliki nilai seni dan komersialitas, tetapi berdampak kepada kebersihan lingkungan.

Baca juga: Aneka Kerajinan Tangan dari Kain Flanel

7. Pohon Natal

pohon-natal

Siapa bilang pohon natal harus mewah dan mahal? Anda bisa membuat sendiri pohon natal yang sederhana dan tetap indah jika dijadikan pajangan pada sudut ruang tamu atas di nakas meja kamar anda. Demi menjaga pelestarian lingkungan, lebih baik kita beralih ke alternative lain dari bahan daur ulang, salah satunya anda bisa memanfaatkan botol plastic bekas. Selain menghemat, anda bisa mengasah kreativitas dan ikut membantu pencegahan tercemarnya lingkungan dari sampah anorganik yang sulit diurai.

8. Pot Bunga.

botol-jadi-pot-tnaman

Membuat hiasan taman atau ruangan diperlukan ide yang unik dan kreatif. Bunga merupakan salah satu hiasan menarik yang memberikan kesan lebih segar pada ruangan. Untuk menempatkan bunga tersebut, anda tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam. Cukup hadirkan ide dan manfaatkan botol plastic bekas yang bisa anda sulap menjadi pot bunga yang unik dan cantik.

9. Vas Bunga

vas-bunga

Rumah akan terlihat indah jika dihiasi dengan vas bunga. Ada berbagai macam vas bunga dengan bentuk dan motif yang bervariasi. Jika anda ingin memiliki vas bunga yang murah, cantik, dan unik, tidak ada salahnya anda coba berkreasi dengan memanfaatkan botol plastic bekas. Vas bunga pada gambar di atas dapat dibuat dengan waktu yang singkat dan tidak memerlukan keterampilan khusus. Meskipun sangat sederhana, namun tampilannya sangat cantik dan menarik.

10. Tirai.

tirai

Hiasan dinding sudah tidak asing lagi bagi pecinta furniture rumah. Selain menambah nilai estetika, tirai dari botol plastic bekas ini bisa dimanfaatkan untuk menutupi dinding yang pecah dan sudah tua. Daripada kita menggunakan wallpaper yang mengeluarkan budget lumayan besar, lebih baik kita memanfaatkan barang bekas yang ada dan mengurangi pencemaran lingkungan. Tidak hanya untuk menghias dinding, tapi juga bisa dupakai untuk tirai pintu, tirai jendela, maupun pembatas ruangan lainnya.

11. Sangkar Burung

sangkar-burung

Jika anda pecinta binatang dan memiliki burung peliharaan, tentu anda membutuhkan sangkar burung sebagai tempat tinggal burung tersebut. Sangkar burung biasanya terbuat dari kayu ataupun besi. Tetapi, jika anda memiliki barang bekas yang bisa digunakan seperti botol plastic, anda dapat memanfaatkannya sebagai bahan baku untuk membuat sangkar burung.

Caranya sangat sederhana, anda cukup menyiapkan botol bekas dan potong bagian tengah atas botol hingga botol menjadi dua bagian. Pada bagian bawah botol, sayat hingga berbentuk huruf U yang berfungsi sebagai pintu masuk sangkar, sedangkan bagian atas botol berfungsi sebagai tudung sangkar. Setelah itu, ikat bagian bawah botol dengan tudung sangkar menggunakan lem plastic. Selamat mencoba!

12. Tempat Pensil

tempat-pensil

Tempat pensil pastinya menjadi kebutuhan bagi semua siswa karena dapat membantu mereka mengorganisir alat tulis. Memanfaatkan botol bekas yang ada, anda dapat mengolah limbah tersebut menjadi suatu yang bermanfaat. Cara membuatnya pun mudah, potong bagian bawah botol sesuai dengan panjang wadah alat tulis yang anda inginkan.. Lalu rekatkan resleting pada bagian botol menggunakan lem plastik. Untuk mempercantik tampilan, anda bisa menghiasnya dengan sticker atau cat air disesuaikan dengan style anda!

13. Rak Buku

rak-buku

Kini tak perlu khawatir lagi jika buku dan majalah kesayangan sering berserakan di tempat tidur. Tanpa perlu membeli rak buku, kini anda bisa menyimpan koleksi bacaan dengan rapi dengan menggunakan book organizer dari jerigen plastik bekas.

Cara membuatnya pun sangat sederhana, anda hanya perlu memotong wadah tersebut sesuai pola di gambar atas ini. Dengan sedikit kreativitas dan usaha, anda bisa menghiasnya hingga tidak terlihat kalau kreasi ini terbuat dari barang bekas.

14. Celengan

Kerajinan botol bekas selanjutnya yaotu celelngan. Tak ada yang akan mengira kalau celengan lucu ini terbuat dari botol bekas minuman. Selain menampung koin, celengan ini juga bisa digunakan sebagai pajangan di meja belajar atau kantor. Bahan yang anda perlukan adalah botol minuman bekas, gunting atau cutter, selotip warna warni, dan kertas warna-warni.

Cara membuatnya pun sederhana. Pertama, belah botol plastik menjadi dua dan sesuaikan seberapa panjang celengan yang anda inginkan. Gunakan selotip warna warni untuk merekatkan kembali botol tersebut.

Selanjutnya, gunakan kreativitas anda untuk menghias celengan tersebut. Anda bisa menghiasnya menjadi babi seperti ilustrasi di atas, atau menjadi beruang lucu. Feel free to use your imagination.

15. Wadah

wadah

Selain memperpanjang umur barang bekas, anda juga mendapatkan manfaat lain dari ide kreatif ini. Botol bekas dengan beragam bentuk bisa anda ubah menjadi wadah multiguna. Sebagai tempat sikat gigi di kamar mandi hingga wadah alat tulis di meja kantor..

Cara membuatnya pun sederhana, anda hanya perlu mengumpulkan beberapa botol plastik bekas apa saja dan kemudian potong bagian atas botol. Untuk mengubah bentuk botol, anda bisa menggunakan alat setrika yang panas. Hati – hati jangan sampai terkena tangan yah! Selanjutnya, anda bisa menghias dengan cat air atau sticker lucu sesuai selera.

Manfaat Daul Ulang Plastik Bekas

Nah, di atas merupakan beberapa referensi bagi anda untuk mendaur ulang barang-barang bekas menjadi sesuatu yang berguna dan mungkin komersial. Kali ini, gulalives juga akan memberi tahu manfaat apa saja sih yang didapat dari mendaur ulang botol plastic, berikut adalah beberapa manfaatnya.

1. Mengurangi limbah plastic lingkungan

Tahukah anda bahwa sampah plastic adalah jenis sampah yang paling mendominasi di Indonesia? Plastic adalah sampah anorganik yang sulit diurai. Limbah ini dapat bertahan selama 5 hingga 10 tahun. Dengan memanfaatkan limbah botol plastic, anda turut mengurangi pencemaran lingkungan.

2. Menghemat ruang TPA

Stu ton limbah plastic bisa memakan tempat hingga 7,5 meter kubik. Oleh karena itu, kita bisa menghemat ruang dari tempat pembuangan akhir dengan memanfaatkan plastic bekas untuk didaur ulang kembali menjadi barang yang bermanfaat.

3. Membantu kelangsungan hidup hewan dan tumbuhan

Sampah plastic yang dibuang begitu saja ke sungai atau hutan dapat membuat hewan dan tumbuhan di sekitarnya mati karena tercemar bahan kimia dari limbah plastic. Nah, dengan memanfaatkan botol plastic, anda juga sudah mendukung usaha pelestarian kelangsungan hidup hewan dan tumbuhan, lho!

Nah, itulah kerajinan botol bekas yang bisa kami hasilkan dan tentunya dapat berguna untuk kehidupan sehari-hari.

SHARE

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan