kisah-nabi-sulaiman

Kisah Nabi Sulaiman dengan Semut, Jin, Ratu Bilqis, Lengkap

Posted on

Cerita Nabi Sulaiman

Nabi Sulaiman yaitu salah seorang putra Nabi Daud. Nabi Sulaiman telah memperlihatkan tanda tanda kecerdasannya mulai sejak berumur sebelas th.. Di th. itu sudah terlihat kepandaian berpikir, ketajaman otak serta kecermatan dalam mengambil serta memperhitungkan satu keputusan.

Sesudah Sulaiman cukup usia serta ditinggal oleh ayahandanya, Alloh mengangkatnya sebagai Rosul serta Nabi serta diangkatnya sebagai raja di kerajaan Israil. Sulaiman tidak cuma berkuasa atas manusia, akan tetapi semua makhluk baik binatang serta jin. Nabi Sulaiman bisa mengerti bhs semua binatang.

Nabi Sulaiman mempunyai istana yang begitu megah serta indah. Istana itu di bangun dengan cara bergotong royong oleh beberapa jin, binatang serta manusia.

Dinding kerajaannya terbuat dari batu pualam, sedang tiang serta pintunya terbuat dari tembaga serta emas, atapnya terbuat dari perak serta hiasan ukirannya dari intan serta mutiara, pasir, berlian. Taman di kerajaan ditaburi oleh mutiara serta lain sebagainya.

Kisah Nabi Sulaiman serta Ikan Paus

kisah nabi sulaiman

Satu saat Nabi sulaiman jalan untuk melingkari serta melihat semua golongan di daerah kekuasaannya. Waktu itu Nabi Sulaiman lihat di tepi pantai ada seekor ikan paus yang besar terdampar. Nabi Sulaiman ajukan pertanyaan : “Wahai ikan paus tengah apakah engkau di sini? ”

Lalu ikan paus menjawabnya, “Saya tengah mengambil rizki apa yang sudah jadi hakku hari ini dari Alloh. ” Nabi Sulaiman berkata, ”Saya mengundang anda besok untuk makan bersama beberapa temanmu. ” Ikan paus menjawabnya, ” Saya akan tiba di saat yang sama tanpa bersama beberapa rekanku. ”

Di hari besoknya Nabi Sulaiman sediakan makanan yang begitu banyak, dalam kisahnya, panjang prasmanan yang disiapkan sepanjang 10 km, sesudah waktunya tiba, nampaklah ikan paus itu serta berkata, “Saya ada penuhi undanganmu wahai Nabi Sulaiman. ”

Lalu Nabi Sulaiman mempersilahkan ikan paus itu untuk menyantap hidangan yang sudah disiapkan.

Waktu itu Nabi Sulaiman kaget serta heran saat ikan paus itu melahap semuanya makanan yang sudah disiapkan dengan seketika serta berkata, ”Mana lagi ya Sulaiman? Nabi Sulaiman ajukan pertanyaan, ”Kamu telah mengonsumsi begitu banyak serta masihlah meminta lagi? ”

Jawab Nabi Sulaiman dengan terheran-heran “Wahai Nabi Sulaiman, engkau telah tutup rizkiku dari Alloh hari ini serta engkau sudah berjanji untuk berikan rizki yang sama, ketahuilah wahai Sulaiman, sunguh makanan yang engkau siapkan hari ini kurang untuk makan pagiku. ”

Mendengar pengucapan ikan paus itu seraya berdo’a pada Alloh sesungguhnya Engkau maha pemberi rizki, cuma kepadamulah yang berkuasa atas semuanya. Hamba adalah orang yang lemah serta tak berdaya dimuka bumi ini tetapi dengan kekuasaan-Mu.

Nabi Sulaiman serta Semut

kisah nabi sulaiman

Satu diantara mukjizat Alloh yang didapatkan pada Nabi Sulaiman yakni bisa berkomunikasi dengan binatang. Disuatu hari, rombongan Nabi Sulaiman bakal menuju lembah Asgalan. Rombongan itu salah satunya Nabi Sulaiman serta beberapa umatnya, malaikat, jin serta binatang-binatang.

Di pertengahan jalan, Nabi Sulaiman memerintahkan rombongannya untuk berhenti. Nabi Sulaiman berkata, ”Berhentilah sesaat, kita berikan waktu pada makhluk Alloh untuk berlindung diri. ” Umat ajukan pertanyaan, ”Wahai Nabiyulloh, kenapa kita mendadak berhenti di pertengahan jalan?. ”

Lalu Nabi Sulaiman menjawab, “Di depan ada lembah semut, yang mana didalamnya ada jutaan semut, jadi saya bakal memberitahu mereka untuk berlindung supaya tak terinjak oleh rombongan kita. ”

Nabi Sulaiman mendengar serta berdialog pada raja semut dari jarak yang begitu jauh. Nabi Sulaiman memohon pada raja semut supaya semuanya pasukan semut itu berlindung diri. Mendengar pengucapan Nabi Sulaiman, jadi raja semut menyeru pada semua pasukannya untuk berlindung.

Sesudah semuanya semut berlindung, lalu perjalanan rombongan Nabi Sulaiman kembali dilanjutkan. Raja semut berikan pujian pada Nabi Sulaiman, lantaran sarang yang dipakai rumah oleh semut tak rusak sama sekali. Sungguh Dialah raja di atas semua raja.

Nabi Sulaiman serta Ratu Balqis

kisah nabi sulaiman

Nabi Sulaiman yaitu seseorang raja yang sholeh. Beliau begitu berwibawa serta diberi mukjizat agar bisa mengerti bhs binatang serta menundukkan jin, hingga begitu disegani oleh beberapa kaumnya.

Disuatu hari Nabi Sulaiman mengundang semuanya bala tentaranya yang terbagi dalam manusia, jin serta semuanya binatang. Semuanya jenis binatang menghadiri undangan itu, sesudah di check nyatanya ada satu type binatang yg tidak penuhi undangan Nabi Sulaiman, yakni burung hud-hud.

Burung hud-hud yaitu mata-mata Nabi Sulaiman yang bertugas untuk mencari semuanya info mengenai bebrapa peristiwa yang perlu di kenali Nabi Sulaiman.

Nabi Sulaiman sedikit kesal akan ketidak hadiran burung hud-hud serta ajukan pertanyaan, ”Dimana kehadiran burung hud-hud, kenapa belum ada juga, walau sebenarnya ada pekerjaan baru yang perlu ditangani, yaitu mencari sumber mata air baru. ” Semuanya terdiam tidak ada yang berani menjawab.

Nabi Sulaiman berhenti bicara, datanglah burung hud-hud dengan nafas yang tersengal-sengal, kelihatannya habis terbang dengan kencang.

Burung hud-hud hampiri Nabi Sulaiman serta berkata, ”Mohon ampun baginda raja, saya barusan mengadakan perjalanan panjang serta saya temukan satu negri di mana negri itu begitu subur, walau demikian ratu serta rakyatnya menyembah matahari. ”

4 thoughts on “Kisah Nabi Sulaiman dengan Semut, Jin, Ratu Bilqis, Lengkap

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan