Header Ad

Klasifikasi, Ciri, Manfaat Tumbuhan Paku bagi Kehidupan Manusia

October 31, 2017
18 Views

Tumbuhan paku disebut juga Pteridophyta. Tumbuhan paku merupakan tumbuhan dengan tingkatan lebih tinggi dari lumut karena memiliki akar, daun, dan batang sejati.

Klasifikasi, Ciri, Manfaat Tumbuhan Paku bagi Kehidupan Manusia

Selain itu, meskipun habitat utama tumbuhan paku pada tempat yang lembab (higrofit), namun tumbuhan paku juga dapat hidup diberbagai tempat seperti di air (hidrofit), permukaan batu, tanah, serta dapat juga menempel (epifit) pada pohon.

Klasifikasi, Ciri, Manfaat Tumbuhan Paku bagi Kehidupan Manusia

Lalu tahukah anda Klasifikasi, Ciri, Manfaat Tumbuhan Paku bagi Kehidupan Manusia untuk anda yang ingin tahu untuk lebih jelasnya silahkan baca disini.

Klasifikasi, Ciri, Manfaat Tumbuhan Paku bagi Kehidupan Manusia

A. Tumbuhan Paku

1. Ciri-Ciri Tubuh Tumbuhan Paku

a. Ukuran dan Bentuk Tubuh Tumbuhan Paku

Tumbuhan paku mempunyai ukuran yang berfariasi, ada yang tingginya hanya sekitar 2 cm sampai yang tingginya5 cm. tumbuhan paku yang hidup mengapung di air biasa memiliki tinggi 2cm, sedangkan tumbuhan paku yang hidup di darat dapat mencapai 5m, contohnya paku tiang (Sphaeropteris).

Klasifikasi, Ciri, Manfaat Tumbuhan Paku bagi Kehidupan Manusia

Adapun bentuk tumbuhan paku juga berfariasi, ada yang berbentuk perdu atau pohon. Seperti tanduk rusa dan ada yang berbentuk lembaran.

Klasifikasi, Ciri, Manfaat Tumbuhan Paku bagi Kehidupan Manusia

b. Struktur Tubuh Tumbuhan Paku

Struktur tubuh tumbuhan paku terdiri dari sebagai berikut.

Akar, dengan sistem perakaran serabut di mana pada ujungnya dilindungi kaliptra.
Batang, umumnya tidak tampak karena terdapat di dalam tanah berupa rimpang, sedikit tegak, atau menjalar.

Daun, dibedakan berdasarkan sebagai berikut.

a. Bentuk, ukuran, dan susunanya, daun dibedakan menjadi dua, yaitu mikrofil (berukuran keci, berbentuk rambut/sisik, tidak bertangkai, bertulang daun, dan bercabang-cabang).

Klasifikasi, Ciri, Manfaat Tumbuhan Paku bagi Kehidupan Manusia

b. Fungsinya, daun dibedakan menjadi dua, yaitu tropifil (hanya untuk asimilasi atau fotosintesis) dan sporofil (untuk fotosintesis dan dapat menghasilkan spora).

Klasifikasi, Ciri, Manfaat Tumbuhan Paku bagi Kehidupan Manusia

2. Reproduksi Tumbuhan Paku

Perkembangan tumbuhan paku terjadi secara generatif dan vegetative. Secara generative melalui pembentukan sel kelamin jantan dan betina oleh gametangium (alat kelamin) sedangkan secara vegetative dengan spora.

Klasifikasi, Ciri, Manfaat Tumbuhan Paku bagi Kehidupan Manusia

Tumbuhan paku dapat menghaslkan spora. Spora ini terdapat dalam kotak spora yang disebut sporangium. Sporangium berkumpul dalam wadah yang disebut sorus yang terdapat di bagian permukaan bawah daun. Sorus muda dilindungi suatu selaput yang disebut indusium.

Klasifikasi, Ciri, Manfaat Tumbuhan Paku bagi Kehidupan Manusia

Berdasarkan jenis spora yang dihasilkan, tumbuhan paku dibedakan menjadi sebagai berikut.

Klasifikasi, Ciri, Manfaat Tumbuhan Paku bagi Kehidupan Manusia

Paku homospor/isospor, tumbuhan paku yang menghasilkan satu jenis spora yang bentuk dan ukurannya sama. Contoh: paku kawat (Lycopodium)

Paku heterospor/anisospor, tumbuhan ppaku yang menghasilkan dua jenis spora yang berbeda ukurannya, dimana spora kecil (mikrospora) sebagai spora jantan dan spora besar (makrospora) sebagai spora betina. Contoh: paku rane (Selaginella) dan semanggi (Marsilia).

Paku peralihan antara homospor dan heterospor. Pada paku ini spora yang dihasilkan mempunyai bentuk dan ukuran yang sama, tetapi sebagian berkelamin jantan dan sebagian lagi berkelamin betina. Contoh: paku ekor kuda (Equisetum).

Seperti halnya tumbuhan lumut, dalam daur hidupnya tumbuhan paku juga mengalami pergiliran keturunan (metgenesis) dengan dua generasi yaitu generasi sporofit dan generasi gemetofit.

Pergiliran keturunan (metagenesis) tumbuhan paku yaitu sebagai berikut.

a. Generasi sporofit merupakan generasi penghasil spora (generasi diploid), yaitu tumbuhan paku itu sendiri.

b. Generasi gametofit merupaan generasi penghasil gamet(generasi haploid), yaitu protalium. Protalium membentuk anteridium sebagai alat kelamin jantan yang menghasilkan sperma dan arkegonium sebagai alat kelamin betina yang menghasilkan ovum.

3. Klasifikasi Tumbuhan Paku

Tumbuhan pau dibagi menjadi empat divisi, yaitu sebagai berikut.
a. Psilophyta (Paku Purba)

Psilophyta merupakan tumbuhan paku yang paling sederhana karena tidak berdaun atau ada yang berdaun kecil, dan ada yang tidak berakar sejati. Jenis tumbuhan paku ini bersifat homospor. Anggota dari paku ini sudah hampir punah. Generasi sporofitnya hanya mempunyai ranting dikotom dan tidak memiliki akar dan daun. Contoh: Psilotum dan Tmesipteris.

b. Sphenophyta/Equisetophyta (Paku Ekor Kuda)

Sphenophyta biasanya berdaun kecil, memiliki batang bercabang, dan berakar sejati. Jenis tumbuhan paku ini termasuk paku peralihan antara paku homospor dan heterospor. Generasi sporofit Sphenophyta berbentuk perisai yang tersusun dengan bentuk stobilus pada ujung batang/cabang-cabangnya adapun generasi gametofitnya merupakan perkembangan dari spora yang berukuran sangat kecil yang hidup bebas serta dapat melakukan fotosintesis, Contoh: Equisetum sp dan Calamites.

c. Lychophyta/Lychopodiophyta (Paku Kawat)

Lycophyta umumnya bersifat homospor/heteropsor, berdaun kecil, tersusun spiral, dan sporangium terletak pada ketiak daun. Generasi sporofit pada Lycophyta sudah jelas dan dapat dibedakan antara akar, batang, dan daun. Lycophta biasanya hidup di daerah tropik dan epifit. Contoh: Lycopodium sp., Isoetes, dan Selaginella sp.

d. Pterophyta (Paku Sejati)

Pterophyta disebut paku sejati karena kormusnya sudah dapat dibedakan antara akar, batang, dan daun, engan fungsi yang sesuai dengan struktur. Terdapat dua jenis daun, yaitu megafil (mempunyai sistem percabangan pembuluh) dan mikofil (daun yang muncul dari batang yang mengandung untaian tunggal berkas pengangkut). Contoh: Marsilea crenata, Aspenium nidus, Adiantum cuneatum, Azolla pinnata, Platycerium bifurcatum, dan Alsophila glauca.

4. Manfaat Tumbuhan Paku bagi Kehidupan Manusia

Manfaat tumbuhan paku bagi kehidupan manusia, antara lain sebagai berikut.

Sebagai bahan obat-obatan, misalnya Dryopteris filix-mas, Lycopodium clavatum, dan Aspidium sp.

Sebagai sayuran, misalnya Marsilea crenata (semanggi) dan pteridium aquilium.

Sebagai tanaman hias, misalnya Platycerium bifurcatum (paku tanduk rusa), Adiantum cuneatum (supir), Asplenium nidus (paku sarang burung), dan Selaginella sp. (paku rane).

Sebagai bahan pupuk hijau, misalnya Azolla pinnata (paku air) yang bersimbiosis dengan Anabaena azolla(alga biru), dimana alga tersebut mampu mengikat nitrogen bebas di udara.

Sebagai tiang, misalnya Alsophila glauca (paku tiang).

Sebagai bahan karangan bunga, misalnya Lycopodium cernuum (paku kawat).

Sebagai pelindung tanaman di persemaian, misalnya Gleichenia linearis.

 

Selamat Hari Halloween!

 

Klasifikasi, Ciri, Manfaat Tumbuhan Paku bagi Kehidupan Manusia

 

SemuaBeritaGambarMapsVideoLainnya
SetelanAlat
Sekitar 26700 hasil (0,41 detik)
Hasil Telusur
Klasifikasi, Ciri, Manfaat Tumbuhan Paku bagi Kehidupan Manusia
wwwbelajarbiologixyz › biologi
Lalu tahukah anda Klasifikasi, Ciri, Manfaat Tumbuhan Paku bagi Kehidupan Manusia untuk anda yang ingin tahu untuk lebih jelasnya silahkan baca disini
Manfaat Tumbuhan Paku (Pteridophyta) Bagi Manusia | Artikelsiana
wwwartikelsianacom › Artikel Biologi
Tumbuhan paku memiliki banyak manfaat bagi kehidupan manusia Namun ada pula yang Ciri-Ciri Klasifikasi Tumbuhan Paku (Pteridophyta) · Manfaat
Pengertian, Ciri, dan Klasifikasi Tumbuhan Paku (Pteridophyta) – Ilmu
wwwsoftilmucom › Biologi
16 Des 2015 – Berikut ini beberapa ciri-ciri tumbuhan paku, diantaranya meliputi: Dalam kehidupan sehari-hari, tumbuhan paku cukup berperan penting
Manfaat Tumbuhan Paku Bagi Kehidupan Manusia | Artikel Bermanfaat
wwwkopi-irengcom/2015/02/manfaat-tumbuhan-paku-bagi-kehidupanhtml
1 Feb 2015 – Manfaat Tumbuhan Paku Bagi Kehidupan Manusia di indonesia yang masuk dalam jenis tumbuhan ini adalah pakis, ekor kuda, suplir dan tanduk rusa Jangan lupa baca juga artikel tentang ciri ciri tumbuhan paku
7 Peranan dan Manfaat Tumbuhan Paku bagi Kehidupan Manusia
wwwebiologicom › Paku › Tumbuhan
22 Apr 2016 – 7 Peranan dan Manfaat Tumbuhan Paku bagi Kehidupan Manusia Tumbuhan paku adalah jenis tumbuhan yang telah ada sejak zaman
Klasifikasi Tumbuhan Paku, Jenis, Ciri-Ciri, dan Contohnya
wwwebiologicom › Paku › Tumbuhan
2 Mei 2016 – klasifikasi tumbuhan paku (Pteridophyta) menjadi 4 sub divisi, yaitu paku purba, paku Peranan dan Manfaat Tumbuhan Paku bagi Manusia
Klasifikasi Tumbuhan Paku dan Peranan Pada kehidupan – Globalcom
bayupevensiblogspotcom › Sains
14 Apr 2014 – Manfaat Tumbuhan Paku Bagi Kehidupan Beberapa jenis tumbuhan paku bermanfaat bagi kehidupan manusia Dibawah ini akan saya
Contoh Dan Manfaat Tumbuhan Paku Bagi Kehidupan
wwwjenistanamancom › Tumbuhan
1 Jan 2017 – Contoh Dan Manfaat Tumbuhan Paku Bagi Kehidupan,5 / 5 ( 1votes ) Manfaat Tumbuhan Paku – Tumbuhan paku adalah tumbuhan jenis parasite Ciri khas dari tumbuhan paku adalah daun yang menggulang pada saat
Klasifikasi dan Ciri-ciri Tumbuhan Paku atau Pteridophyta – Caratanam
caratanamcom › Info Tanaman
Loncat ke Manfaat Tumbuhan Paku di Kehidupan Manusia – Ternyata tumbuhan paku memiliki banyak peran dalam kehidupan manusia,
Manfaat Tumbuhan Paku (Pteridophyta) Bagi Manusia | Guru
wwwgurupembelajarcoid › Artikel Biologi
Tumbuhan paku memiliki banyak manfaat bagi kehidupan manusia Namun ada pula yang merugikan Ciri-Ciri Klasifikasi Tumbuhan Paku (Pteridophyta)
Penelusuran yang terkait dengan Klasifikasi, Ciri, Manfaat Tumbuhan Paku bagi Kehidupan Manusia
manfaat tumbuhan paku ekor kuda
manfaat tumbuhan paku purba
manfaat tumbuhan paku kawat
peranan tumbuhan paku bagi manusia
manfaat kangkung bayam buncis
manfaat lebah madu
tumbuhan paku yang mengandung silika sehingga dapat dimanfaatkan sebagai bahan penggosok adalah
jelaskan perbedaan antara lumut daun dan lumut hati

Berikutnya
Indonesia Kedaung, Kota Tangerang Selatan, Banten – Dari ponsel Anda (Riwayat Lokasi) – Gunakan lokasi yang akurat – Pelajari lebih lanjut
Bantuan Kirim masukan Privasi Persyaratan

Selamat Hari Halloween!

 

manfaat tumbuhan paku ekor kuda

 

SemuaGambarBeritaVideoMapsLainnya
SetelanAlat
Sekitar 12200 hasil (0,45 detik)
Hasil Telusur
Manfaat tumbuhan paku ekor kuda – Daunbuahcom
https://daunbuahcom/manfaat-tumbuhan-paku-ekor-kuda/
18 Feb 2017 – Mungkin anda belum pernah mendengar tentang tanaman paku ekor kuda, ika beum pernah melihatnya, anda dapat melihat gambar di bawah
apa manfaat tumbuhan paku ekor kuda? – Brainlycoid
https://brainlycoid › Sekolah Menengah Atas › Biologi
Tumbuhan paku juga dalam kehidupan sehari-hari mempunyai beberapa peran antara lain ialah sebagai tanaman obat, contohnya yaitu rimpang dari Aspidium
Kiki’s Blog: Tumbuhan Paku beserta Manfaatnya
khyiekiblogspotcom/2013/03/tumbuhan-paku-beserta-manfaatnyahtml
11 Mar 2013 – Tumbuhan Paku beserta Manfaatnya PAKU EKOR KUDA Kingdom : Plantae Divisi : Pteridophyta Kelas : Equisetopsida Ordo : Equisetales
Manfaat Tumbuhan Paku (Pteridophyta) Bagi Manusia | Artikelsiana
wwwartikelsianacom › Artikel Biologi
Manfaat Tumbuhan Paku (Pteridophyta)| Tumbuhan paku memiliki banyak Bermanfaat sebagai bahan obat-obatan seperti Equisetum (paku ekor kuda) yang
Paku ekor kuda – Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
https://idwikipediaorg/wiki/Paku_ekor_kuda
Paku ekor kuda merujuk pada segolongan kecil tumbuhan (sekitar 20 spesies) yang umumnya terna kecil dan semua masuk dalam genus Equisetum (dari
7 Peranan dan Manfaat Tumbuhan Paku bagi Kehidupan Manusia
wwwebiologicom › Paku › Tumbuhan
22 Apr 2016 – Equisetum debile atau paku ekor kuda juga memiliki manfaat bagi manusia Manfaat tumbuhan paku ini adalah sebagai alat gosok atau sikat
OBAT TRADISIONAL –> Paku Ekor Kuda – kembali ke alam – blogger
joeleesurejanablogspotcom/2012/10/lingkungan-obat-tradisional_18html
18 Okt 2012 – Paku ekor kuda (Equisetum debile Woll) Tumbuhan ini termasuk paku-pakuan , hidup di tanah yang lembab seringkali tumbuh Manfaat :
Penjelasan Mengenai Tumbuhan Paku Ekor Kuda (Equisetinae
simplenews05blogspotcom/2013/11/penjelasan-mengenai-tumbuhan-paku-ekorhtml
Penjelasan Mengenai Tumbuhan Paku Ekor Kuda (Equisetinae) Paku Ekor Kuda atau dalam bahasa latinnya disebut Equisetum debile, tumbuh di Dapat Menyerap Racun Diudara ~ Tanaman hias mempunyai banyak manfaat bagi kita,
Manfaat paku ekor kuda? | Yahoo Answers
https://idanswersyahoocom/question/index?qid=20110218160749AAOTUjk
1sebagai tanaman hias 2Fungsi jenis paku ekor kuda pada lanskap adalah untuk memberikan kesan eksotik atau nuansa lahan kering 3digunakan sebagai
Tumbuhan Paku | Manfaat Tumbuhan Paku – KAMPUNG SEHAT
riaajenakablogspotcom/2013/12/tumbuhan-paku-manfaat-tumbuhan-pakuhtml
8 Des 2013 – Manfaat Tumbuhan Paku bagi Kesehatan dan Kehidupan Manusia -Tumbuhan Fungsi jenis paku ekor kuda pada lanskap adalah untuk
Penelusuran yang terkait dengan manfaat tumbuhan paku ekor kuda
manfaat paku sejati
ciri ciri tumbuhan paku ekor kuda
manfaat tumbuhan paku sejati
habitat paku ekor kuda
pengertian paku sejati
equisetopsida
paku ekor kuda berbiji atau tidak
manfaat paku kawat

Berikutnya
Indonesia Kedaung, Kota Tangerang Selatan, Banten – Dari ponsel Anda (Riwayat Lokasi) – Gunakan lokasi yang akurat – Pelajari lebih lanjut
Bantuan Kirim masukan Privasi Persyaratan

Selamat Hari Halloween!

 

manfaat paku sejati

 

SemuaBeritaGambarMapsVideoLainnya
SetelanAlat
Sekitar 155000 hasil (0,45 detik)
Hasil Telusur
PAKU SEJATI | Indahnya Duniaku
iswan21blogspotcom/2010/05/paku-sejatihtml
8 Mei 2010 – Paku ini dapat ditemukan di dataran rendah yang bersuhu lembab dan berair seperti di sekitar rawa-rawa D Manfaat Paku ini sering
Pengertian, Ciri, Manfaat & Klasifikasi Tumbuhan Paku (Pteridophyta
gameposid/pengertian-ciri-manfaat-klasifikasi-tumbuhan-paku-pteridophyta/
Loncat ke Paku Sejati (Filicinae/Pterophyta) – Sudah memiliki akar, batang, daun sejati Daunnya berukuran besar makanya disebut megafil Jenis ini
‎E Struktur Daun · ‎F Klasifikasi Tumbuhan · ‎H Manfaat Tumbuhan Paku
Paku sejati – Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
https://idwikipediaorg/wiki/Paku_sejati
Tumbuhan paku sejati juga disebut dengan tumbuhan paku benar atau Pterophyta adalah diviso dari anggota Pteridophyta (tumbuhan paku)Tumbuhan paku
sebutkan contoh dan manfaat dari Paku Purba, Paku Kawat, Paku
https://brainlycoid › Sekolah Menengah Pertama › Biologi
15 Jan 2015 – sebutkan contoh dan manfaat dari Paku Purba, Paku Kawat, Paku Ekor Kuda dan Paku Sejati – 1832994
Klasifikasi, Ciri, Manfaat Tumbuhan Paku bagi Kehidupan Manusia
wwwbelajarbiologixyz › biologi
Tumbuhan paku merupakan tumbuhan dengan tingkatan lebih tinggi dari lumut karena memiliki akar, daun, dan batang sejati Selain itu, meskipun habitat
7 Peranan dan Manfaat Tumbuhan Paku bagi Kehidupan Manusia
wwwebiologicom › Paku › Tumbuhan
22 Apr 2016 – Peranan dan manfaat tumbuhan paku utamanya terkait dengan nilai estetika sebagai tanaman hias, pemenuhan kebutuhan makanan sebagai
Struktur, klasifikasi dan Manfaat Tumbuhan Paku (Pteridophyta
tersainsblogspotcom › Biologi › Tumbuhan
9 Okt 2015 – Tumbuhan paku digolongkan kormophyta sejati karena telah paku, klasifikasi tumbuhan paku, reproduksi tumbuhan paku dan manfaat
Manfaat Tumbuhan Paku (Pteridophyta) Bagi Manusia | Artikelsiana
wwwartikelsianacom › Artikel Biologi
Manfaat Tumbuhan Paku (Pteridophyta)| Tumbuhan paku memiliki banyak manfaat yang berperan dalam kehidupan manusia Manfaat tumbuhan paku
Kiki’s Blog: Tumbuhan Paku beserta Manfaatnya
khyiekiblogspotcom/2013/03/tumbuhan-paku-beserta-manfaatnyahtml
11 Mar 2013 – Tumbuhan Paku beserta Manfaatnya PAKU EKOR KUDA Kingdom : Plantae Divisi : Pteridophyta Kelas : Equisetopsida Ordo : Equisetales
Contoh Dan Manfaat Tumbuhan Paku Bagi Kehidupan
wwwjenistanamancom › Tumbuhan
1 Jan 2017 – Paku sejati (Pteropsida) Tumbuhan paku jenis ini umumnya hidup dan berkembang biak di daerah yang lembab seperti pada daerah yang
Penelusuran yang terkait dengan manfaat paku sejati
paku sejati (pteropsida)
paku sejati (filicinae)
klasifikasi tumbuhan paku sejati
nama latin paku sejati
ciri ciri tumbuhan paku sejati
peranan paku sejati
klasifikasi paku kawat
urutan takson paku sejati

Berikutnya
Indonesia Kedaung, Kota Tangerang Selatan, Banten – Dari ponsel Anda (Riwayat Lokasi) – Gunakan lokasi yang akurat – Pelajari lebih lanjut
Bantuan Kirim masukan Privasi Persyaratan

You may be interested

Mengenal Djonie Liem, Veteran Indonesia yang Bisa Menembakkan Jarum dari Mulutnya
Buzz
4 views
Buzz
4 views

Mengenal Djonie Liem, Veteran Indonesia yang Bisa Menembakkan Jarum dari Mulutnya

Lahiya - November 21, 2017

Bukan rahasia kalau para tentara kita memang dibekali skill khusus yang bikin negara asing ngeri. Mulai dari makan daging ular…

Memperihatinkan! Begini Nasib Tragis Artis Senior Laila Sari Sebelum Meninggal Dunia
Buzz
4 views
Buzz
4 views

Memperihatinkan! Begini Nasib Tragis Artis Senior Laila Sari Sebelum Meninggal Dunia

Lahiya - November 21, 2017

Kabar mengejutkan datang dari dunia hiburan tanah air. Lagi-lagi, seorang aktris senior telah berpulang. Ialah Laila Sari, sosok nenek ‘roker’…

Inilah 4 Fakta Pandan Langkah yang Jadi Pertanda Berlian Berharga Bikin Kaya
Buzz
4 views
Buzz
4 views

Inilah 4 Fakta Pandan Langkah yang Jadi Pertanda Berlian Berharga Bikin Kaya

Lahiya - November 21, 2017

Kita mungkin pernah dengar tentang binatang dan tanaman pembawa keberuntungan. Misalnya siulan burung perkutut hingga tanaman hias Sri Rejeki yang…

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan