KPK Ingatkan Anies Baswedan Supaya Tak Sekedar Komitmen Mencegah Korupsi, Tapi Harus Aksi

Posted on

Lahiya – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengingatkan agar Pemprov DKI Jakarta serius dalam melaksanakan pemberantasan korupsi di pemerintah daerah.

Diminta agar pembentukan Komite Pencegahan Korupsi (Komite PK) yang merupakan bagian dari Tim Gubernur untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP) tidak cuma sekadar ucapan belaka. Terutama melihat tentang personel di dalam tim yang digaji dengan nominal angka cukup besar.

“Saya belum mendapat informasi resmi soal itu. Tapi di beberapa media kami sudah baca,” terang Juru Bicara KPK Febri Diansyah pada Rabu malam (3/1), dikutip dari Jawapos.com.

Akan tetapi Febri juga mengatakan bahwa KPK tetap mengapresiasi daerah yang punya inisiatif untuk melakukan upaya dalam pencegahan tindak pidana korupsi itu. “Apapun bentuknya itu tentu harus dilihat secara positif terlebih dahulu,” terangnya.

Mantan aktivis ICW tersebut juga mengingatkan, usai peresmian Komite Pencegahan Korupsi DKI Jakarta, maka jangan sampai komitmen kerjanya hanya secara lisan atau komitmen di atas kertas.

Baca juga: Azwar Anas Mundur, PKB Sebut Risma Bakal Dampingi Gus Ipul di Pilgub Jatim

Untuk itu diperlukan adanya aksi konkret. Hindari pemborosan anggaran, serta penggunaan anggaran yang tak pada tempatnya. Ditambah lagi ada bagian dari Pemprov DKI Jakarta yang terjerat korupsi, baik itu yang tertangkap tangan dan juga hasil pengembangan.

Terlebih lagi, perlu untuk menyelamatkan APBD dari konflik kepentingan di dalam proses pengambilan keputusan, pengendalian gratifikasi, kewajiban pelaporan LHKPN serta proses pengadaan barang dan jasa yang benar.

“Karena hal inilah yang biasanya dilakukan terkait dengan kasus-kasus yang ditangani oleh KPK,” ujarnya.

Pasalnya, selama ini sangat banyak kepala daerah yang diproses baik melalui operasi tangkap tangan (OTT) maupun penangan perkara. Ia menilai bahwa Komite PK versi Anies ialah salah satu cara untuk mengintensifkan pencegahan di daerah.

“Tentu ini jadi pelajaran juga bagi pihak pihak untuk lebih mengintensifkan pencegahan daerah masing-masing,” pungkasnya.

sumber

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan