KPK Panggil Mantan Petinggi TNI. Ada Apa Ini?

Posted on

Lahiya – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melanjutkan korupsi pembelian Helikopter Augusta Westland (AW) 101 milik TNI AU. Hari Ini, Rabu (3/1/2018), KPK memanggil salah satu mantan petinggi TNI sebagai saksi atas kasus tersebut.

Seperti diwartakan cnnindonesia.com, mantan Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal (Purnawirawan) Agus Supriatna sampai di KPK pada pukul 09:30 WIB dengan didampingi oleh kuasa hukumnya.

Ia datang dengan mengenakan kemeja biru dengan balutan jas hitam dan kacamata hitam. Agus sama sekali tak memberikan keterangan kepada awak media setibanya di KPK.

Baca Juga: Sabar Nababan, Berani Mengaku Sebagai Tuhan Tapi Takut Dipecat dari Pekerjaanya

Sementara itu, Juru Bicara KPK Febri Diansyah menjelaskan jika kedatangan Agus tersebut sebagai saksi untuk tersangka Direktur Utama PT Diratama Jaya Mandiri Irfan Kurnia Saleh.

“Dia diperiksa sebagai saksi untuk tersangka IKS,” kata Febri saat dikonfirmasi lewat pesan singkat.

Sebelumnya diketahui jika Agus sudah dua kali tidak menghadiri panggilan KPK. Mantan orang nomor satu di matra udara tersebut mangkir atas panggilan KPK pada 27 November dan 15 Desember 2017.

Agus berdalih jika tidak bisa menghadiri panggilan KPK lantaran dirinya masih menjalankan ibadah Umroh. Teguh Samudra, salah satu pengacara Agus ketika itu menjamin jika kliennya bakal memenuhi panggilan KPK usai menjalankan umroh.

Nama Agus terseret kasus ini lantaran dirinya menjabat sebagai KSAU ketika PT Diratama Jaya Mandiri melakukan kontrak dengan TNI AU untuk pembelian heli AW-101 dengan nilai Rp738 miliar.

Padahal sebelumnya, PT Diratama Jaya Mandiri telah melakukan kontrak langsung dengan produsen heli AW-101 dengan harga yang cuma Rp514 miliar.

Selain dari KPK, Puspom TNI sudah menetapkan Wakil Gubernur Akademi Angkatan Udara Marsekal Pertama Fachri Adamy sebagai tersangka, dalam kapasitasnya sebagai pejabat pembuat komitmen atau Kepala Staf Pengadaan TNI AU 2016-2017.

sumber

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan