Kunjungi Mabes TNI, Menhan AS Beri Pujian Saat Disugugi Aksi Minum Darah

Posted on

Lahiya – Menteri Pertahanan Amerika Serikat James Mattis berkunjung ke Markas Besar TNI, Cilangkap, Rabu (24/1/2018) kemarin.

Dalam kunjungan tersebut, Mattis disuguhi beragam pertunjukan tak biasa. Sejumlah prajurit mempertontonkan atraksi bergulingan di pecahan beling, minum darah ular, berjalan di atas api, hingga sejumlah aksi lainnya.

Dilansir jppn.con dari Reuters, Mattis sudah terbiasa melihat prajurit asing unjuk kebolehan di hadapannya. Namun, biasanya yang diperagakan adalah hal standar, seperti kemampuan bela diri dan menembak.

Namun, ketika berkunjung ke Indonesia, dia disuguhi aksi yang lebih teatrikal dan bisa dianggap menyerempet maut.

Baca juga: Jleb! Soal LGBT, Ruhut Sitompul Tuding Zulkifli Hasan Hanya Cari Simpati Rakyat

Salah satunya adalah ketika seorang prajurit memamerkan kemampuan menembak dengan mata tertutup. Diiringi suara drum, prajurit ini menargetkan sebuah balon yang dijepit di selakangan prajurit lain.

Pertunjukan ini sempat membuat kaget seluruh hadirin karena tembakan pertama meleset dari target. Untungnya, tak ada yang terluka. Pada tembakan kedua, barulah prajurit ini mengenai sasaran dengan tepat.

Namun, diantara beragam aksi yang ada, aksi dengan ular merupakan yang paling berkesan bagi Mattis.

Dalam pertunjukan tersebut, muncul seorang prajurit membawa sebuah karung dan mengeluarkan isinya yang ternyata ular. Tak disangka, ada seekor king kobra diantara ular-ular tersebut.

Secara bergantian, prajurit TNI mengambil ular tersebut satu-persatu dan memotong kepalanya. Kemudian, darah yang menetes dari ular tersebut diminumkan pada prajurit lain.

Tak cuma itu, seorang prajurit bahkan dengan santai menggigit kepala ular hingga putus dan meminum darahnya.

Melihat aksi ini, Mattis memberikan pujian pada para prajurit TNI. Dia mengaku sangat menikmati aksi tak biasa tersebut.

“Ular-ularnya! Kalian lihat kan bagaimana mereka (anggota TNI) membuat ular-ular itu lemas dulu sebelum memegangnya? Cara mereka memutar-mutar itu bikin ular cepat lemas,” ujar Mattis pada wartawan.

Baca juga: Mahfud MD Bercuit, Amien Rais Diklaim Malaysia. Lihat Reaksi Netizen

Menurutnya, pertunjukan ini menunjukkan kualitas prajurit TNI. Mantan Marinir AS ini mengaku bisa membayangkan betapa beratnya latihan yang harus dijalani anggota TNI.

“Kalau mereka bisa melakukan aksi seperti itu, bisa dibayangkan sekeras apa latihannya. Ketika pasukan bisa melakukan hal-hal kecil semacam itu dengan sempurna, mereka pasti bisa juga melakukan tugas yang lebih besar,” tegasnya.

sumber

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan