Ladies, 7 Cara Ini Terbukti Ampuh Usir Nyeri Saat Haid! Sudah Coba?

Posted on

Lahiya – Nyeri haid sepertinya merupakan salah satu momok mengerikan bagi kaum perempuan. Pasalnya, rasa sakit yang luar biasa menjelang, selama dan setelah siklus menstruasi tersebut kerap sangat menyiksa, bahkan dalam beberapa kasus banyak perempuan yang hingga jatuh pingsan saking tak kuatnya menahan rasa sakit yang menerpa.

Setiap wanita pasti pernah mengalami nyeri haid. Rasa sakit saat menstruasi biasanya dialami saat awal periode seperti hari pertama dan kedua—di bagian awal. Wanita mengalami kram dan nyeri saat menstruasi yang disebabkan oleh pengetatan otot rahim. Pengetatan ini kemudian mengakibatkan rasa sakit dan tak nyaman. Lantas adakah solusi praktisnya?

Seperti dilansir dari Boldsky via JawaPos.com, Rabu (20/12/2017), mulai sekarang Anda tak perlu khawatir, selain langsung meminum susu putih hangat dan membaringkan diri, Anda dapat mencoba 7 solusi alternatif ini sebagai berikut:

  1. Olahraga Ringan

Kendati tidak dianjurkan, namun beberapa olahraga ringan ternyata bisa mengurangi kejang. Saat berjalan cepat, tubuh dipompa dan mengeluarkan lebih banyak darah sehingga menghasilkan pelepasan endorfin. Hasilnya bisa mengurangi rasa sakit. Anda bisa mencoba melakukannya jika kondisi fisik Anda cukup kuat.

Baca juga: Merasa Dianaktirikan, Warga Perbatasan Ancam Golput Pilpres 2019

  1. Beri Penghangat

Kompres perut dengan sesuatu yang hangat sehingga mengurangi kontraksi otot di rahim yang merupakan penyebab kram. Gunakan bantalan panas untuk mengurangi rasa sakit. Bisa juga gunakan botol plastik dan menaruh air panas di dalamnya.

  1. Minum Teh Chamomile

Studi telah menunjukkan bahwa teh harum ini mempunyai senyawa kimia yang mengurangi kram saat haid. Hippurate yang ditemukan di dalamnya adalah antiinflamasi yang membantu meringankan kram menstruasi.

  1. Cukup Vitamin

Mencegah lebih baik daripada mengobati. Perlu bagi tubuh untuk menyerap cukup vitamin D untuk mencegah timbulnya kram menstruasi. Studi menunjukkan bahwa orang yang mempunyai dosis tinggi vitamin D cenderung tidak mengalami kram dibandingkan orang yang kurang vitamin D.

  1. Orgasme

Orgasme ternyata bisa meringankan segala macam rasa sakit, termasuk kram. Pada saat klimaks aliran darah meningkat sehingga mengakibatkan kram berkurang. Kondisi ini juga melepaskan endorfin yang membantu meringankan kram.

  1. Akupunktur

Akupunktur adalah komponen pengobatan tradisional Tiongkok yang melibatkan pelekatan kulit dengan jarum kecil untuk merangsang tubuh pada titik-titik tertentu. Studi menunjukkan bahwa akupunktur pada titik-titik tertentu bisa mengurangi kram haid.

  1. Pola Makan

Baca juga: Diluar Dugaan! Bayinya Tersiram Air Panas oleh Pengasuh, Sang Ibu Geram Namun Ayahnya Malah Lakukan Hal Ini

Tambahkan lebih banyak sayuran ke dalamnya dan mengurangi lemak dalam mengurangi kram haid. Diet rendah lemak mengurangi peradangan di tubuh.

Anda juga bisa membuat seduhan kunyit dicampur asam untuk diminum. Selamat mencoba dan semoga terhindarkan dari nyeri haid ya, Ladies!

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan