Lagi, Cendol Diberi Label “Produk Malaysia”, Netizen Indonesia Dibuat Murka

Posted on

Lagi, Cendol Diberi Label “Produk Malaysia”, Netizen Indonesia Dibuat Murka

Tidak bisa dipungkiri, baik Indonesia maupun Malaysia memang memiliki banyak kesamaan. Hal itu bukan yang aneh kalau mengingat sejarah kedua negara ini yang sebenarnya satu rumpun.

Lagi, Cendol Diberi Label “Produk Malaysia”, Netizen Indonesia Dibuat Murka

Namun kadang hal itu juga bisa saja menimbulkan konflik lantaran banyaknya kesamaan budaya antar dua negara mengakibatkan saling klaim.

Seperti halnya beberapa waktu yang lalu, rupanya lagi-lagi produk Indonesia  Es cendol, diberi label Malaysia. Alhasil banyak netizen Indonesia yang melakukan protes terhadap postingan tersebut.  Lalu apakah pihak Malaysia meminta maaf akan kejadian tersebut? Atau malah sebaliknya? Simak ulasan berikut.

Video cendol dengan “Label Malaysia” beredar di dunia maya

Beberapa waktu yang lalu netizen Indonesia dibuat geger dengan adanya sebuah postingan salah satu akun instagram yang sempat menyulut emosi. Diketahui, salah satu akun makanan tersebut rupanya sempat salah menuliskan cendol sebuah jajanan khas Indonesia dengan label buatan Malaysia.

cendol [image source]

Alhasil banyak netizen Indonesia pun dibuat murka, dengan menyerang akun tersebut dengan ribuan komentar protes. Rupanya bukan hanya netizen Indonesia, para pengguna medsos dari negeri Jiran pun tidak mau kalah dengan “kekeh” mengatakan kalau cendol memang berasal dari daerah mereka. Hingga akhirnya sang pemilik akun meralat postingannya menjadi makanan khas Asia Tenggara.

Masalah klaim Cendol ini, dulu juga sempat terjadi

Ternyata saling klaim masalah cendol ini sebenarnya sudah pernah terjadi beberapa waktu yang lalu. Tepatnya pada tahun 2012, pihak Malaysia rupanya sempat menyatakan kalau memang beberapa barang maupun kebudayaan khas Indonesia sebenarnya merupakan milik asli Malaysia.

komentar netizen
Hal itu, (kata mereka) terbukti dari Akta Warisan Malaysia, yang di dalamnya tertulis Cendol, Rendang dan hasil kebudayaan Indonesia lainnya.

Meskipun begitu, pemerintah Indonesia waktu itu tidak mau tinggal diam dengan melakukan RDP (Rapat Dengar Pendapat) untuk menentukan langkah yang selanjutnya akan diambil. Beruntung tuduhan Malaysia itu tidak terbukti lantaran bukti yang kurang kuat ketimbang Indonesia.

Sejarah Cendol yang masih kuat di Indonesia

Dilansir dari Kompas, sejatinya memang cendol berasal dari tanah Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan maraknya minuman segar ini di pedesaan tempo dulu. Apalagi kalau menengok pembuatannya, cendol memang identik dengan daerah agraris yaitu Indonesia.

dawet [image source]

Sedangkan berdasarkan Wikipedia, cendol sendiri berasal dari Sunda terutama sekitar pedesaan. Ternyata di daerah Jawa Tengah juga muncul minuman khas serupa namun tak sama bernama Es Dawet.

Dibuat dari bahan dasar berbeda namun rupanya memiliki rasa yang terbilang sama. Ya, itulah beberapa penjelasan sejarah mengenai minuman daerah yang satu ini yang mungkin tidak dimiliki oleh negara tetangga sebelah.

Cendol yang tidak dihargai masyarakatnya

Berdasarkan kejadian klaim Es Cendol oleh Malaysia itu, rupanya muncul beberapa sindiran tersendiri bagi orang Indonesia. “Saat Cendol di klaim Malaysia marah, tapi orangnya sendiri antri beli Teh Thailand”.

Ya, seperti itulah yang paling tidak ingin disampaikan oleh seorang penggiat kuliner nusantara dalam menanggapi klaim tersebut.

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan