Gambar Via: pendoasion.wordpress.com

Contoh Laporan Perjalanan Wisata Terbaik

Posted on

Contoh Laporan Perjalanan Wisata Terbaik – Laporan perjalanan wisata yaitu laporan yang disusun setelah berakhirnya kegiatan study tour, ataupun field trip yang dilakukan oleh beberapa sekolah atau universitas. Laporan ini disusun sebagai laporan pertanggungjawaban dan bukti jika yang membuat laporan tersebut telah mengikuti kegiatan ini. Laporan perjalanan wisata disusun baik secara perorangan ataupun kelompok. Oleh karena itu, penyusunan laporan ini diwajibkan setelah mengikuti perjalanan wisata, artikel kali ini akan memberi contoh laporan perjalanan wisata. Di bawah ini adalah contohnya:

Contoh Laporan Perjalanan Wisata

Gambar Via: m.viva.co.id

Bab 1. Pendahuluan

1.1 Latar Belakang

Kegiatan study tour yang telah dilaksanakan ini merupakan agenda tahunan yang diadakan di Sekolah SMAN 1 Suka Maju. Kegiatan ini dilaksanakan untuk membuka wawasan seluruh siswa – siswa sekolah. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk mempelajari hal-hal baru, seperti tempat-tempat bersejarah, tempat penting, dan sebagai studi banding di sekolah lain.

Kegiatan perjalanan tahun ini dilaksanakan selama 4 hari, yaitu pada tanggal 1 hingga 5 Mei 2015, dengan mengunjungi Kota Yogyakarta dan Bandung. Berdasarkan latar belakang tersebut, penulis menyusun laporan kegiatan perjalanan wisata ini sebagai laporan tentang hal-hal yang telah didapat selama mengikuti kegiatan ini. Selain itu dengan laporan kegiatan wisata ini, penulis dapat membagikan pengalaman-pengalaman dan ilmu yang telah didapatkan selama mengikuti kegiatan tersebut.

1.2 Tujuan

Tujuan penyusunan kegiatan laporan perjalanan ini adalah:

Melaporkan dan mendeskripsikan tempat-tempat wisata yang telah dikunjungi.
Melaporkan hal-hal yang telah didapatkan selama mengikuti kegiatan ini.

Bab 2. Isi Laporan

2.1 Laporan Perjalanan

Pada tanggal 1 Mei 2015, seluruh siswa-siswi mengikuti pembekalan terakhir sebelum keberangkatan yang dilaksanakan pada pukul 09. 00 wib. Pembekalan itu diisi oleh kepala sekolah yang menyampaikan hal-hal yang harus dilakukan dan pesan-pesan kepada siswa-siswi yang akan berangkat.

Pada pukul 15. 00 rombongan dipersilakan memasuki bus masing-masing yang telah ditentukan. Ada sekitar 2 Bus besar yang menampung 80 siswa dan 4 orang guru sebagai pendamping. Setelah, semua hal teknis selesai, bus berangkat menuju pelabuhan merak pada pukul 18. 00 wib. Pukul 20. 00 wib, bus menaiki kapal feri untuk menyeberang ke pulau Jawa. Di dalam kapal feri, seluruh siswa memasuki kelas 2 untuk beristirahat. Setelah 3 jam perjalanan dari pelabuhan Bakauheni ke Merak, rombongan tiba di Banten pada pukul 23. 00. Setelah itu, bus melanjutkan perjalanannya menuju Bandung sebagai tujuan pertama. Perjalanan ini memakan waktu sekitar 6 jam perjalanan, sehingga rombongan tiba di Bandung pada pukul 05. 00 wib. Rombongan menuju Islamic center untuk melaksanakan solat, membersihkan diri, dan sholat.

Setelah itu, rombongan melanjutkan perjalanan ke Universitas Padjajaran. Di Unpad, rombongan disambut dengan hangat oleh pihak kampus, lalu dilanjutkan mengikuti acara yang telah dipersiapkan oleh pihak Unpad. Setelah menyelesaikan kunjungan pertamanya, rombongan menuju Trans Studio Bandung pada pukul 13. 00. Di sana rombongan diberikan waktu selama 3 jam untuk mengelilingi Trans Studio Bandung.

Pada pukul 16. 00 rombongan dibawa menuju Cibaduyut untuk membeli oleh-oleh khas Bandung. Setelah selesai, rombongan kembali melanjutkan perjalanannya menuju kota Yogyakarta dan tiba di sana pada pukul 20. 00 wib. Karena hari telah malam, rombongan menuju hotel untuk menginap.

Keesokan harinya, rombongan bersiap untuk melanjutkan perjalanan ke tempat-tempat wisata yang ada di Yogyakarta, seperti Taman Pintar, Candi Prambanan, Keraton Yogyakarta, dan Jalan-jalan di Malioboro pada malam harinya. Setelah itu, rombongan beristirahat di hotel yang sama. Hari berikutnya, rombongan melanjutkan perjalanan menuju Universitas Ahmad Dahlan pada pukul 09. 00 hingga pukul 14. 00. Di sana rombongan mengikuti acara yang telah dipersiapkan oleh pihak kampus. Setelah itu, rombongan menuju Rumah Bakpia, yaitu tempat membeli bakpia sebagai oleh-oleh pulang.

Pada pukul 16. 00 rombongan kembali pulang ke Bandar Lampung. Kemudian, tiba di sekolah pada pukul 07. 00 wib. Selama perjalanan wisata ini, semua hal aman dan terkendali.

2.2 Objek yang Dikunjungi

Objek-objek yang dikunjungi pada perjalanan wisata kali ini beraneka ragam, baik merupakan tempat wisata pendidikan, sejarah, maupun hiburan. Di bawah ini adalah deskripsi objek-objek wisata yang dikunjungi selama perjalanan wisata.

2.2.1 Universitas Padjajaran
Gambar Via: cewekbanget.grid.id

Universitas Padjajaran adalah sebuah perguruan tinggi yang cukup terkenal di Jawa Barat. Universitas ini terletak di kota Bandung, Jawa Barat. Universitas ini didirikan pada tanggal 11 September 1957.

2.2.2 Trans Studio Bandung
Gambar Via: sekilasharga.com

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan