Lihat Desa Ini! Masuk Desa Bersih di Dunia dan Terbersih di Indonesia

panduanwisata.id

Umumnya tempat indah serta cantik di Indonesia, bila telah jadi obyek wisata umumnya bakal beralih jadi kotor dikarenakan pengunjung yg tidak dapat melindungi kebersihan. Namun, tidak sama dengan Desa Penglipuran yang ada di Bali.

Desa kecil ini jadi tempat favorite beberapa wisatawan lantaran tempatnya yang bersih, indah, serta kehidupan tradisional yang terbangun. Bahkan juga lantaran kebersihannya, desa ini dinobatkan sebagai satu diantara desa paling bersih didunia. Terkecuali di Indonesia, desa di negara lain yang masuk kedalam kelompok desa paling bersih yaitu Desa Giethoorn di Belanda serta Desa Mawlynnong di India.

Desa-Penglipuran

jadiberita.com

Bersih, tanpa ada kendaraan, serta mengagumkan indah. Tiga kata itu mungkin saja dapat mewakili kehadiran Desa Penglipuran, yang terdapat di Kabupaten Bangli. DilansirDetikcom, Rabu (25/2/2016), kata ‘Penglipuran’ datang dari ‘Pengeling Pura’ yang berarti ‘tempat suci untuk kembali kenang beberapa leluhur’.

Di desa ini, beberapa tempat tinggal setipe berderet di jalanan menanjak. Situasi hijau begitu merasa, mobil serta motor tidak bisa masuk kedalam desa. Semuanya kendaraan memanglah diparkir dekat gapura, hingga Penglipuran bebas dari asap knalpot.

jadiberita.com

Di desa ini anda bakal temukan sekitaran 200 tempat tinggal. Bahkan juga, anda bakal diijinkan untuk masuk kedalam beberapa tempat tinggal itu bila menginginkan lihat sisi dalamnya. Setiap tempat tinggal miliki pintu masuk yang sama, bernama ‘angko-angko’ yang terbuat dari tanah liat. Di tepi angko-angko ada papan diisi info nama yang memiliki tempat tinggal serta anggota keluarga. Angko-angko berniat di buat tidak sangat lebar, supaya sepeda motor tidak dapat masuk ke dalamnya. Terkecuali angko-angko, setiap tempat tinggal di desa ini dapat miliki bale-bale serta pura mini.

jadiberita.com

Sesungguhnya yang memperoleh faedah dari lingkungan yang bersih yaitu diri kita sendiri. Tetapi umumnya orang susah sekali mengaplikasikan disiplin untuk melindungi kebersihan ini serta tidak ingin ribet buang sampah ditempat yang telah ditetapkan. Walau sebenarnya dengan lingkungan yang bersih, orang-orang dapat juga hidup dengan lebih sehat. Jadi, mengapa ada banyak argumen tidak untuk melindungi kebersihan?

wartadewata.com

1

No Responses

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan