Lima Kebiasaan yang Sebenarnya Dilarang oleh Rasulullah ini Biasa Kita Lakukan Saat Idul Fitri! Ngaku, Kamu Biasa Lakuin yang Mana?

Posted on

Ada berbagai persiapan dilakukan saat idul fitri tiba. Mulai dari mengecat rumah, beli baju baru atau membuat kue untuk datangnya lebaran. Apalagi sekarang, yang hanya tinggal menghitung hari untuk menuju hari raya idul Fitri.

Tujuan dari idul fitri adalah agar kita menjadi suci kembali layaknya bayi yang baru dilahirkan. Untuk itulah, Rasulullah SAW melarang untuk melakukan 5 hal ini.

1. Bersalaman dengan wanita bukan muhrim

Yang satu ini perlu anda ketahui. Bersentuhan dengan wanita yang bukan mahramnya jelas dilarang dalam Islam. Kendati pada saat hari raya sekali pun, seperti bersalaman antara laki-laki dan perempuan yang bukan mahram dilarang karena haram hukumnya.

2. Berpakaian menyerupai orang kafir

Rasulullah bersabda, “Barangsiapa menyerupai suatu kaum, maka dia termasuk dari golongan mereka”. Maksudnya pada hari raya dilarang berpakaian seperti orang-orang kafir. Seperti memperlihatkan aurat, dan yang berpakaian yang mengundang nafsu lawan jenis. Saat Hari Raya Idul Fitri sebaiknya memakai pakaian yang bersih, menutupi aurat dan sopan.

3. Terlalu menghamburkan uang saat lebaran

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan