SHARE

Ada berbagai persiapan dilakukan saat idul fitri tiba. Mulai dari mengecat rumah, beli baju baru atau membuat kue untuk datangnya lebaran. Apalagi sekarang, yang hanya tinggal menghitung hari untuk menuju hari raya idul Fitri.

Tujuan dari idul fitri adalah agar kita menjadi suci kembali layaknya bayi yang baru dilahirkan. Untuk itulah, Rasulullah SAW melarang untuk melakukan 5 hal ini.

1. Bersalaman dengan wanita bukan muhrim

Yang satu ini perlu anda ketahui. Bersentuhan dengan wanita yang bukan mahramnya jelas dilarang dalam Islam. Kendati pada saat hari raya sekali pun, seperti bersalaman antara laki-laki dan perempuan yang bukan mahram dilarang karena haram hukumnya.

2. Berpakaian menyerupai orang kafir

Rasulullah bersabda, “Barangsiapa menyerupai suatu kaum, maka dia termasuk dari golongan mereka”. Maksudnya pada hari raya dilarang berpakaian seperti orang-orang kafir. Seperti memperlihatkan aurat, dan yang berpakaian yang mengundang nafsu lawan jenis. Saat Hari Raya Idul Fitri sebaiknya memakai pakaian yang bersih, menutupi aurat dan sopan.

3. Terlalu menghamburkan uang saat lebaran

Allah SWT berfirman, “Tapi janganlah berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebihan”. (QS Al Anam: 141).

Pada momen Lebaran jangan digunakan untuk berlebih-lebihan. Baik itu ketika makan atau pun belanja lainnya. Idul Fitri sebaiknya digunakan untuk mengucap syukur atas berkah Allah bahwa masih bisa dipertemukan dengan hari suci tersebut.

4. Berbondong-bondong ke kuburan

Ada beberapa orang yang memilih meninggalkan salat Ied demi ziarah ke kuburan. Hal itu tentu tidak diperkenankan dalam Islam. Pengkhususan ziarah kubur hanya dilakukan pada hari raya Ied sama adalah bidah.

5. Berhias diri dengan mencukur jenggot

Rasulullah SAW menganjurkan pria muslim untuk memelihara jenggot. Jadi bagi pria yang berjenggot hendaknya tidak mencukur saat Hari Raya Idul Fitri. Semoga kita tidak melakukan 5 hal itu. terutama perhatikan betul apa yang ada pada poin 1.

Loading...
Loading...