4 Fakta Lambang Pramuka dan Arti Logo Pramuka

Lambang adalah tanda pengenal berbentuk gambar untuk mengidentifikasi kehadiran satu organisasi. Lambang juga adalah pembeda pada satu organisasi dengan organisasi yang lain. Dan Gerakan Pramuka Indonesia memakai silhouette (bayangan) tunas kelapa sebagai lambangnya.

Lambang tunas kelapa pertama kalinya dipakai dengan cara resmi waktu Presiden pertama Indonesia, Ir. Soekarno menganugerahkan Panji Pendidikan Kepanduan Nasional Indonesia pada Gerakan Pramuka pada tanggal 14 Agustus 1961.

Pada panji itu terlihat silhoutte (bayangan) tunas kelapa berwarna merah. Tidak sama dengan simbol gerakan pramuka di beberapa negara yang biasanya memakai silhouette bunga lily (fleur-de-lis) berwarna putih dengan latar belakang warna ungu.

Terkait dengan simbol gerakan pramuka di Indonesia yang memakai tunas kelapa. Di bawah ini penjelasan singkat tentang simbol itu.


1. Pencipta Lambang Pramuka


pencipta lambang pramuka

 

Orang yang berjasa membuat gambar silhouette tunas kelapa sebagai simbol gerakan pramuka di Indonesia bernama R. Soenardjo Atmodipoerwo. Seseorang pandu yang juga bekerja di Departemen Pertanian. Beliau di inspirasi dengan pohon kelapa yang semua bagiannya bisa berguna.

Cuma saja pada buku-buku kepramukaan yang sampai kini mengedar, tercatat kalau yang membuat simbol itu yaitu Sunarjo Atmodipuro. Walau sebenarnya pada batu nisan beliau tercatat namanya dengan redaksi ejaan lama, R. Soenardjo Atmodipoerwo.


2. Dasar Peraturan


dasar aturan lambang pramuka

Ketentuan lambang Gerakan Pramuka dapat anda baca pada Anggaran Rumah Tangga (ART) Gerakan Pramuka Bab VII Pasal 20. Pada ketentuan itu jelas diterangkan kalau lambang Gerakan Pramuka yaitu tunas kelapa.

Namun bukanlah artinya ada pergantian yang aslinya berbentuk bayangan tunas kelapa jadi gambar tunas kelapa. Lantaran pergantian redaksi itu cuma untuk mempersingkat sebutan saja. Tetapi pada intinya lambangnya tetaplah berupa bayangan tunas kelapa.

loading...

3. Warna Lambang Pramuka


warna lambang pramuka

rejekiangka.blogspot.com

Sudah terang juga kalau pada ART Gerakan Pramuka, warna simbol berbentuk tunas kelapa sesuai sesuai sama pemakaiannya. Tak mesti warna baku hitam atau merah.

Misalnya pada kepala surat, memakai warna hitam. Pada bendera memakai warna merah. Pada sinyal kecakapan umum (TKU) penegak serta pandega berwarna kuning. Pada sampul buku terbitan kwartir nasional kerap berwarna putih. Atau bahkan juga dapat gabungan sebagian warna.


4. Makna Kiasan Lambang Pramuka


arti lambang pramuka

cileuleusonline.wordpress.com

Sesuai denganKetetapan Kwartir Nasional No. 06/KN/72 diterangkan kalau lambang Gerakan Pramuka mempunyai perincian makna kiasan seperti berikut ;

  • Buah nyiur dalam kondisi tumbuh dimaksud cikal. Ini bermakna Pramuka merupakan inti untuk keberlangsungan hidup bangsa sebagai tunas penerus bangsa.
  • Buah nyiur tahan lama. Berarti Pramuka yaitu orang dengan jasmani serta rohani yang kuat serta ulet.
  • Buah nyiur bisa tumbuh di beberapa type tanah. Bermakna Pramuka mesti dapat menyesuaikan dalam keadaan apa pun.
  • Nyiur tumbuh menjulang tinggi. Tujuannya tiap-tiap anggota Pramuka mempunyai harapan yang tinggi.
  • Akar nyiur kuat. Bermakna Pramuka berdasar pada beberapa basic yang kuat.
  • Nyiur pohon serbaguna. Berarti Pramuka mesti bisa bermanfaat untuk nusa, bangsa serta agama.
  • Nyiur yaitu nama lain dari pohon kelapa. Jadi walau lambangnya berbentuk tunas kelapa, makna dari kiasannya tetaplah di inspirasi dari keseluruhnya pohon kelapa yang sudah tumbuh dewasa.

No Responses

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan