Luar Biasa! Fotografer Difabel Ini Bikin Kita Semua “Tertampar”

Posted on

Lahiya – Kini semakin banyak bermunculan berita inspiratif dari media sosial. Tak sedikit pula kisah nyata yang memberi motivasi beredar luas di dunia maya. Seperti halnya cerita tentang seorang fotografer asal Banyuwangi ini.

Diketahui, fotografer ini berasal dari Banyuwangi, Jawa Timur. Sekilas sepertinya ini adalah profesi biasa saja yang dapat ditekuni orang-orang pada umumnya. Namun, yang membuat berbeda adalah sang fotografer merupakan penyandang difabilitas yang tidak memiliki kedua tangan dan kedua kaki.

Pria berusia 24 tahun ini bernama Achmad Zulkarnain. Cerita tentangnya sudah beredar luas di berbagai media sosial. Sehari-harinya, pria ini akrab dengan panggilan Dzoel dari teman-temannya. Dzoel yang berprofesi sebagai fotografer mengungkap bagaimana ia memotret tanpa menggunakan jari-jari.

Baca juga: Ya Allah, Begini Tampilan Fenita Arie Setelah Meninggalkan Profesinya Sebagai Host Infotainment

Diakuinya, ia memang tidak memiliki jari-jari. Jika dibayangkan, memegang kamera saja akan sulit apalagi betapa susahnya untuk memotret. Namun, Dzoel dengan santai mengatakan bahwa ia menggunakan tangannya untuk menempelkan kamera pada wajahnya dan membidik gambar.

Lalu, ia menggunakan bibirnya untuk mematikan atau menyalakan kamera. Untuk menekan shutter, ia menggunakan sisa bagian pada tangannya. Dzoel mengungkap bahwa dirinya sudah terlahir dengan kondisi yang dialaminya sekarang. Namun, ia tak kehabisan akal untuk pergi berkeliling kota ke berbagai tempat dengan menggunakan kendaraan bermotor miliknya yang sudah dimodifikasi.

Dzoel mengatakan bahwa kendaraan yang didesainnya sendiri itu adalah “kaki”-nya. Ia pun membuat kendaraan itu dengan dibantu keluarga dan teman-temannya. Kendaraan tersebut dipasangi mesin sepeda motor sehingga bisa beroperasi dan berjalan layaknya sepeda motor.

Dulunya, Dzoel bekerja di warnet atau warung internet. Di sana menyediakan jasa fotografi, dan akhirnya dia memutuskan untuk membeli kamera secara kredit. Ia pun terus belajar hingga sekarang dirinya menjadi fotografer yang dikenal dan banyak yang menggunakan jasanya. Dzoel juga memiliki akun Instagram di mana ia biasa memposting foto-foto hasil jepretannya.

Baca juga: Sudirman Said Mengaku Tak Mampu Bayar Cicilan Rumah Saat jadi Menterinya Jokowi

Berawal dari hobinya, Dzoel ingin orang-orang yang menggunakan jasanya melihat hasil fotonya sebagai karya kreativitasnya. Selain memotret, Dzoel juga mengajarkan tentang fotografi dalam sebuah komunitas kecil. Diketahui, Dzoel kini tengah menyelesaikan kuliah jurusan hukum sambil tetap menjalani profesi fotografer.

Dzoel juga berpesan kepada masyarakat bahwa untuk menjadi yang terbaik itu tidak perlu jadi sempurna, namun yang penting selalu melakukan hal yang bisa dilakukan dengan sebaik-baiknya. Kegigihan Dzoel ini membuatnya menjadi fotografer kebanggaan Indonesia hingga dikenal dunia.

Simak videonya di sini:

https://web.facebook.com/aljazeera/videos/10156060509558690/?_rdc=1&_rdr

sumber

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan