SHARE
Loading...

Macam-macam Perangkat Komputer Selamat datang di Lahiya, situs (blog) sederhana yang berbagi ilmu dan pengetahuan dengan penuh keikhlasan. Dan, pada kesempatan kali ini, kami bakal sharing pengetahuan mengenai beberapa komponen yang diperlukan  untuk membangun sebuah perangakat computer yang ideal. Dan, tanpa perlu berlama-lama lagi, langsung saja kita mulai pembahasan kali ini, ya.

Central Processing Unit (CPU)

CPU adalah bagian paling penting dari satu computer lantaran merupakan otak dari computer itu. CPU atau kerap disebut juga dengan microprocessor atau processor adalah pusat pemrosesan data serta pengontrolan kerja computer. Maka itu, kemampuan satu computer amat bergantung pada kemampuan CPU-nya.

Contoh CPU:

Memori

Memori yaitu piranti keras computer yang berperan untuk menyimpan informasi saat sebelum atau setelah diproses oleh processor. Informasi itu bisa berupa perintah-perintah ataupun data-data. Sebagai area untuk menyimpan, memori memiliki beberapa ruangan penyimpanan di mana masing-masing ruangan penyimpanan itu memiliki alamat sendiri yang berbentuk beberapa nomer yang menunjuk lokasi spesifik di memori.

Memori terbagi jadi dua sisi, yakni memori internal yang disebut juga dengan RAM (Random Access Memory) serta memori eksternal yang disebut juga dengan ROM (Read Only Memory).

Contoh memori:

Harddisk

Harddisk yaitu media penyimpanan dengan kapasitas paling besar. Saat ini, harddisk bisa menimpan data hingga 400 gigabyte serta akan terus bertambah dengan makin pesatnya perkembangan tehnologi computer. Kecepatan putaran harddisk menetukan kecepatan akses ke tiap data.

Contoh harddisk:

Disket

Disket dipakai untuk menyimpan data seperti halnya dengan harddisk. Ketidaksamaannya disket cuma dapat menyimpan data hingga 1, 4 MB. Keunggulannya, disket dipakai untuk menyimpan serta memindahkan data dari satu computer ke computer yang lain.

Contoh disket:

Flash Drive

Flash drive menggantikan kedudukan disket lantaran ukurannya yang lebih kecil serta memiliki kapasitas yang lebih besar seperti 128 MB, 256 MB, 512 MB, 1 GB, 2 GB.

Contoh flash drive:

CD-R

CD-R (Compact Disc-Recordable) bisa menyimpan data yang cukup besar sampai 700 MB. Tetapi kecepatannya masihlah kalah banding dengan harddisk.

Contoh CD-R:

DVD

DVD (Digital Versatile Disc) memiliki kapasitas penyimpanan yang cukup besar apabila dibandingkan dengan CD-ROM yang ukurannya sama besar. DVD memiliki kealitas penyimpanan yang amat baik, oleh sebab itu DVD umumnya dipakai untuk menyimpan film.

Contoh DVD:

Motherboard

Motherboard adalah piranti computer yang berperan sebagai tempat perankat-perangkat lain, seperti processor, memori, VGA Card, Sound Card, serta LAN Card. Tiap piranti mempunyai slot sendiri hingga sangat mungkin piranti itu menempel di motherboard.

Contoh motherboard:

VGA Card

VGA Card yaitu perlengkapan computer yang berperan untuk merubah sinyal digital jadi sinyal gambar. VGA Card memungkinkan data-data dalam bentuk digital dipertunjukkan dalam bentuk gambar di layar monitor.

Contoh VGA Card:

Keyboard

Keyboard yaitu seperangkat tombol-tombol yang berperan sebagai media input untuk computer. Masing-masing tombol keyboard memiliki beberapa fungsi spesifik.

Contoh keyboard:

Mouse

Mouse adalah sebuah piranti yabg dipakai untuk menjelajahi program, pilih perintah, serta menjalankan satu perintah.

Contoh mouse:

Monitor

Monitor adalah piranti output yang memberikan penampilan visual pada pemakai computer. Kita bisa lihat apa yang tengah dilakukan oleh program-program atau computer di monitor monitor. Computer menghadirkan pesan, informasi, maupun meminta input pada pemakai computer lewat penampilan di layar monitor.

Contoh monitor:

Printer

Printer yaitu piranti output yang dipakai untuk menghasilkan cetakan dari computer ke dalam bentuk. Cetakan itu bisa berbentuk dokumen, gambar, ataupun dokumen yang dilengkapi dengan gambar.

Contoh printer:

Speaker

Speaker yaitu piranti keras untuk menghasilkan suara. Bentuk lain dari speaker yaitu headset atau earphone.

Contoh speaker:

UPS

UPS yaitu piranti keras yang mensuplai listrik ke computer jika terjadi pemutusan arus listrik. UPS menyimpan dayanya di dalam batterai.

Contoh UPS:

Nah, sampailah kita di akhir pembahasan kali ini, Mengenai Macam-macam Perangkat Komputer. Mudah-mudahan ilmunya bisa bermanfaat untuk kita semua, ya. Dan, jika masih ada yang belum dimengerti, silakan sahabat menyampaikan pertanyaan pada kotak komentar di bawah ini. Terimakasih sudah bertandang ke Lahiya, jangan lupa like, follow, dan komentarnya, ya.

 

Sumber: