Mahasiswa UB Ini Berhasil Ciptakan Kursi Anti Ngantuk, Pas Banget untuk Pejabat yang Sering Tercyduk

Posted on

Jika kita melihat lebih dekat, kecerdasan pelajar Indonesia nggak kalah loh dengan murid luar negeri. Hanya saja, memang kadang penelitian yang mereka buat tidak diapresiasi oleh negara. Namun, baru-baru ini mahasiswa jurusan Teknik Mesin, Universitas Brawijaya telah menciptakan sesuatu yang sangat ciamik!

Penemuan tersebut diberi nama Alakantuk. Dari namanya saja, sudah bisa terbayang bukan kira-kira bagaimana bentuk dari kerja keras para mahasiswa UB ini? Simak detil penemuan tiga mahasiswa ini dalam ulasan berikut.

Alakantuk, Singkatan dari Alas Duduk Anti Kantuk

Inspirasi memang bisa datang dari mana saja. Sama seperti yang dialami tiga mahasiswa jurusan Teknik Mesin, UB ini. Wahyu Tasry Naufal, Asri Anjasari, serta Prayoga Bintang Primawan ini mendapat pencerahan setelah melihat fenomena sosial yang dekat dengan kita dan kerap terjadi.

Penemu Alakantuk [image source]

Hal tersebut adalah kecelakaan pengendara yang disebabkan oleh rasa kantuk yang menyerang. Wahyu cs lalu berusaha membuat sebuah inovasi untuk bisa membantu para pengendara agar terselamatkan dari kejadian maut tersebut. Alhasil, lahirlah Alakantuk yang didesain untuk para ‘penguasa jalanan.’

Fitur Alakantuk yang Brilian

Meski mendapatkan ide dari sebuah hal yang sederhana, namun cara kerja Alakantuk lumayan memeras otak sang pencipta. Hal tersebut dikarenakan banyak sekali elemen yang terkadung di dalamnya. Dilansir dari hipwee.com, Alakantuk memiliki dua komponen yaitu alas duduk dan gelang.

Fitur Alakantuk [image source]

Sebelum mulai berkendara, para pengguna jalan wajib untuk melingkarkan gelang Alakantuk terlebih dahulu. Hal tersebut difungsikan untuk mengukur detak jantung sang pengendara. Jika detak jantung tersebut mulai melemah, artinya sang pengendara sedang dalam keadaan tidak stabil, maka alas duduk akan bergetar seolah menyetrum dan kembali ‘membangunkan’ sang pengemudi. Keren ya!

Usul Wapres JK yang Bisa Dipertimbangkan

Meski Alakantuk masih dalam tahap perbaikan desain dan pengajuan hak paten, namun penemuan ciamik ini sudah mendapat perhatian dari Wakil Presiden Jusuf Kalla. Beberapa waktu lalu, beliau sempat bertandang ke Malang dan berbincang langsung dengan Wahyu cs.

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan