Jelajah Kuliner Turki, Surganya Makanan Serba Manis

Turki adalah satu diantara daerah tujuan wisata yang kerap disambangi lantaran keindahan alamnya. Sebut saja Cappadocia, daerah perbukitan yang umumnya jadi tempat balon-balon udara diterbangkan. Karena sangat cantiknya, Lonely Planet hingga menyebutkan daerah ini sebagai bagian dari negeri dongeng.

Keramahan orang-orangnya juga bikin wisatawan kerasan tinggal berlama-lama di Turki. Orang Turki suka sekali bersosialisasi. Umumnya mereka memakai jamuan minum teh sebagai fasilitas berkomunikasi.

Disana teh disebut cay. Teh juga lebih popular daripada kopi, yang harga nya jauh lebih mahal. Karena itu, janganlah heran bila Anda mendapati orang Turki menyesap teh dimana saja. Dirumah, di restoran ataupun di toko punya sendiri mereka minum teh untuk menyambut tamunya.

Untuk temani minum teh, orang-orang Turki umumnya menyantap kudapan manis. Kudapan seperti ini menurut The New York Times, yaitu type makanan yang bisa di nikmati setiap saat oleh masyarakat negara yang ada di dua benua ini.

Anda bisa temukan beragam hidangan manis yang umumnya dipakai sebagai pencuci mulut ini di acara apapun. Kelahiran, bersantai dirumah, sampai di acara kematian, semua senantiasa dibarengi dengan makanan ringan manis.

Berdasar pada penjelasan sebagian website, macam kudapan manis pencuci mulut ala Turki ini harus Anda cicipi.

Lokum (Turkish Delight)

taste.com

Umumnya turis yang berkunjung ke Turki bakal membawa lokum sebagai oleh-oleh saat kembali pada negaranya. Rasa-rasanya manis serta legit serupa mochi, memiliki bentuk kotak kecil. Lokum umumnya di buat dengan beragam rasa, ada pula yang digabung dengan kacang-kacangan.

Di Indonesia, atau didaerah Jakarta sebagian pasar swalayan ada yang jual lokum asli Turki dalam paket dus.

Baklava

baklava

Baklava yaitu satu diantara penganan manis populer dari Turki, walau makanan ini dapat pula Anda jumpai di sebagian negara Mediteriania yang lain.

loading...

Kue ini terbuat dari semacam beberapa susunan pastry serta berbagai kacang seperti kenari serta pistachio di dalamnya. Umumnya kacang telah di buat manis dengan larutan gula atau madu.

Baklava, satu diantara kudapan manis yang umumnya disantap dengan satu gelas teh hitam.
Baklava, satu diantara kudapan manis yang umumnya disantap dengan satu gelas teh hitam.

Zerde

Zerde yaitu semacam puding yang terbuat dari beras, air serta tepung jagung. Warna kuningnya datang dari kunyit atau saffron. Sesudah jadi, umumnya zerde bakal ditaburi dengan berbagai buah kering lokal atau kacang-kacangan.

The Istanbul Insider melansir, zerde umumnya di nikmati waktu orang-orang Turki merayakan hari pernikahan atau kelahiran.

Pismaniye

Bila melihat kudapan yang satu ini, lidah orang-orang Indonesia pastinya akan segera mengenalnya. Pismaniye begitu serupa dengan gulali atau yang umum dimaksud dengan ‘rambut nenek’.

Bedanya, serabut pismaniye terasa lebih lembut, harum serta lumer di mulut. Makanan ringan ini dapat juga Anda beli di pasar swalayan yang jual barang import di Jakarta.

Gullac

Screenshot_111

Gullac yaitu kudapan manis tradisional. Adonannya terbuat dari kombinasi susu serta air mawar. Sesudah masak kue ini bakal ditaburi dengan buah-buahan, kacang serta biji buah delima.

Buzzfeed melansir makanan ini umumnya dihidangkan saat bln. Ramadan.

No Responses

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan