kanker-2Bserviks-2Bdi-2Bleher-2Brahim

Waspada! 14 Makanan Penyebab Kanker di Sekitar Kita

Posted on

Banyak penelitian kesehatan menemukan bahwa hampir semua penyakit disebabkan oleh perilaku manusia. Demikian pula, banyak kanker yang berhubungan dengan kebiasaan dan pola hidup, seperti kanker prostat, kanker serviks, kanker hati, kanker paru-paru, dan lain-lain.

Saat ini, berbagai makanan yang ada di sekitar kita ternyata mengandung zat-zat penyebab kanker. Makanan adalah penyebab kanker meski tidak selalu karena zat yang dikandungnya, bisa jadi karena pengolahan. Bahkan ketika Anda berpikir bahwa makanan yang Anda makan sehat, ternyata malah benar-benar dapat menyebabkan kanker.

Untuk itu, selain memulai gaya hidup sehat sebagai cara untuk mencegah kanker, Anda juga perlu mengkonsumsi makanan sehat. Berikut adalah daftar makanan yang perlu dihindari jika Anda ingin tetap sehat dan menghindari kanker.


1. Daging Olahan


Daging olahan dibuat dengan tambahan garam natrium dan bahan kimia yang cukup banyak sehingga dapat merusak kesehatan. Bacon, ham, dan sosis disebut oleh WHO sebagai bahan makanan yang bahanya sama dengan merokok. Juga memiliki bahaya yang sama, yaitu menyebabkan kanker usus besar.

Sosis, nugget, tempura, dan beberapa makanan berbasis daging olahan mengandung natrium nitrat. Dan natrium nitrat adalah salah satu penyebab kanker usus.


2. Minuman ringan


Minuman, soda, atau merk minuman ringan lainnya, sangat merusak kesehatan. Minuman soda mengandung kalori tinggi, gula, aditif buatan, tetapi tidak memiliki manfaat gizi sama sekali. Satu soda dapat mengandung gula tinggi dan zat asam yang korosif, seperti di batu baterai. Studi menemukan bahwa minum soda dua kali seminggu dapat meningkatkan risiko kanker Kanker pancreas dua kali lipat.


3. Alkohol


Mengkonsumsi alkohol adalah penyebab terbesar kedua kanker setelah Merokok. Mengkonsumsi alkohol berlebihan dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan mengakibatkan gagal jantung, stroke, dan kematian mendadak. Alkohol juga dapat menyebabkan kanker mulut, kerongkongan, hati, usus besar, dubur, dan payudara.


4. Makanan yang diasinkan, diawetkan, atau asap


Makanan yang diawetkan menggunakan pengawet yang mengandung nitrat. Dalam tubuh nitrat berubah menjadi nitrosamin. Dan nitrosamin adalah zat kimia yang dapat menyebabkan kanker atau hati saluran cerna.
Lalu proses pengasapan daging dan ikan dapat menghasilkan Polycyclic aromatik hidrokarbon (HPA). HPA termasuk penyebab kanker kimia (karsinogen)


5. Daging panggang


Proses pembakaran lemak hewan dapat menghasilkan Polycyclic aromatik hidrokarbon (HPA). HPA senyawa penyebab kanker. Menghindari makan banyak daging atau panggang sate, terutama bagian yang telah sudah menghitam.


6. Buah dan sayuran yang mengandung pestisida


Sayuran dan buah-buahan yang sangat baik untuk kesehatan tubuh dan bayi. Tapi bagaimana jika sayuran dan buah-buahan ini mengandung pestisida?

Pestisida adalah nomor satu penyebab kanker, apa akan dibiarkan saja jika kita mengkonsumsi setiap hari. Hindari mengkonsumsi buah, apel dan non-organik selada demi kesehatan. Sayuran dan buah non-organik menggunakan hormon dan pupuk berkhasiat yang membuat besar buah dan sayur.

Buah-buahan yang sering menggunakan pestisida adalah apel, jeruk, stroberi dan anggur. Selalu mencuci buah dan sayuran terlebih dahulu sebelum dimakan. Meskipun ini tidak menjamin 100% pestisidanya hilang.


7. Makanan yang dipanaskan dengan microwave


Semua makanan yang telah dipanaskan berpotensi menjadi penyebab kanker. Hal ini karena wadah plastik yang Anda gunakan akan menyebarkan banyak racun kimia ketika dipanaskan dalam microwave.
Microwave dilapisi dengan bahan kimia yang bermanfaat untuk memastikan makanan tetap segar ketika dimakan. Hasil penelitian menunjukkan, bahan kimia ini dapat menyebabkan Infertilitas, kanker hati, testis, dan pankreas.

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan