idul-fitr

Memaknai Idul Fitri

Posted on

Makna Idul Fitri-Saat mendengar kata Idul Fitri, pasti dalam benak tiap-tiap orang yang ada yaitu kebahagiaan serta kemenangan. Di mana pada hari itu, seluruh manusia terasa senang serta suka lantaran sudah melakukan beribadah puasa satu bulan penuh.

Dalam Idul Fitri juga ditandai dengan adanya “mudik (pulang kampung) ” yang notabene cuma ada di Indonesia. Diluar itu, hari raya Idul Fitri juga sering ditandai dengan nyaris 90% mereka menggunakan suatu hal yang baru, dari mulai baju baru, sepatu baru, sepeda baru, mobil baru, atau bahkan juga istri baru (untuk yang baru menikah).

Maklum saja lantaran rotasi duit paling besar ada ketika Lebaran. Bila telah demikian, bagaimana sesungguhnya arti dari Idul Fitri tersebut. Apakah Idul Fitri cukup ditandai dengan suatu hal yang baru, atau mungkin dengan mudik untuk bersilaturrahim pada sanak saudara serta kerabat?.

Idul Fitri adalah satu hari raya yang dirayakan sesudah umat Islam melakukan beribadah puasa Ramadhan sepanjang sebulan penuh, dengan menahan udara nafsu, menahan lapar serta haus dalam kemauan lantaran Allah. Mengharap ampunan serta rahmatNya untuk memperoleh ridhoNya. Diberi nama Idul Fitri lantaran manusia pada hari itu laksana seseorang bayi yang baru keluar dari dalam kandungan yg tidak memiliki dosa serta salah.

Seperti yang telah dijelaskan diatas arti Idul Fitri yaitu kembali suci. Serta arti itu kerap kita dengar dari ceramah-ceramah ustadz serta ustadzah atau dari sumber yang lain yang mengartikan kalau idul fitri yaitu kondisi orang yang kembali suci atau tanpa ada dosa seperti seseorang bayi yang baru lahir.

Apakah benar keadaan kita kembali suci seperti bayi di saat hari raya idul fitri ?

Yuk kita simak arti atau makna yang sebenarnya menurut pengertian bahasa Arab dan pengertian di dalam Hadits. 🙂

Idul fitri berasal dari dua kata yaitu id [arab: ﺪﻴﻋ] dan al-fitri [arab: ﺮﻄﻔﻟﺍ]. Id secara bahasa berasal dari kata , aada – ya’uudu [arab: – ﺩﺎﻋ ﺩﻮﻌﻳ], yang artinya kembali.
Ada juga yang mengatakan, kata id merupakan turunan kata Al-Adah [arab: ﺓﺩﺎﻌﻟﺍ], yang artinya kebiasaan.

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan