Home Gaya Hidup 21 Manfaat Air Putih untuk Tubuh dan Kesehatan Manusia

21 Manfaat Air Putih untuk Tubuh dan Kesehatan Manusia

SHARE

Manfaat Air Putih Untuk kesehatan memang sangat banyak, air putih bisa dipakai untuk menyembuhkan berbagai penyakit berbahaya atau mencegah terjadinya penyakit yang tidak dikehendaki. Perlu diketahui tubuh kita terdiri lebih dari 70% cairan yang mana kebutuhan akan cairan begitu tinggi. Manfaat air dalam tubuh kita pasti tidak bisa digantikan oleh apapun. Cairan ini dapat kita peroleh dengan mengkonsumsi air putih yang cukup. Air Putih adalah minuman yang paling sehat dan tidak beresiko lantaran diperlukan setiap hari oleh tubuh kita untuk menjaga kesehatan.

Air putih adalah salah satu minuman segar dan sangat menyehatkan untuk seluruh anggota tubuh anda. Tidak dapat di bayangkan, bila tubuh kekurangan cairan atau air putih dalam jangka waktu yang relatif lama. Haus adalah salah satu respon tubuh yang membutuhkan asupan cairan dalam waktu segera. Berdasar pada kenyataannya, seluruh organ tubuh manusia membutuhkan cairan atau air dalam jumlah yang cukup untuk mendukung berbagai aktivitas yang dilakukan. Saat paling baik untuk mulai mencukupi kebutuhan air putih yaitu pada pagi hari.

Manfaat Air Putih sangat banyak, bila diuraikan satu per satu mungkin tidak akan ada habisnya. Manfaat yang langsung dirasakan mungkin hanya akan menghilangkan haus ketika siang atau malam hari. Tetapi lebih dari itu, manfaat air putih bisa bertambah banyak dan memberikan efek yang positif pada kesehatan tubuh kita.

manfat air putih

Manfaat Air Putih

Manfaat air putih untuk tubuh manusia memanglah tak perlu diragukan lagi, berikut adalah beberapa manfaat air putih yang secara tak terduga mempunyai peran vital pada keberlangsungan hidup manusia.

  1. Penghilang Dehidrasi dan Rasa Haus

Ini mungkin manfaat paling penting dari air putih yakni penghilang haus, dapat dibayangkan apa yang akan terjadi bila kita tak minum air putih? pasti akan terjadi dehidrasi atau kekurangan cairan yang akan mengakibatkan badan menjadi lemas. Dengan banyak meminum air putih akan menghilangkan dan mencegah terjadinya dehidrasi.

  1. Menjaga Keseimbangan Cairan Dalam Tubuh

Sekitar 60% dari tubuh manusia terdiri dari air. Minum cukup air akan menjaga keseimbangan cairan tubuh, yang membantu transportasi nutrisi dalam tubuh, mengatur suhu tubuh, mengolah makanan, serta masih banyak lagi.

  1. Mengkontrol Kalori dan Menurunkan Berat Badan

Apa hubungan kalori, berat badan, dan minum air putih yang banyak? Riset menemukan kalau ada hubungan antara mengkonsumsi air putih dengan penurunan berat badan. Apa pemicunya? cobalah minum air putih sebelum makan, air akan membantu orang merasa kenyang, dan sebagai hasilnya mengkonsumsi kalori lebih sedikit yang berdampak pada penurunan berat badan

  1. Meningkatkan Energi

Apa yang terjadi bila anda tak mengkonsumsi air yang cukup, terutama saat berolahraga? efek pertama yang dirasakan pasti adalah capek. Otot yang kekurangan air tidak akan bisa bekerja maksimal yang menyebabkan terjadinya kelelahan.

  1. Membantu Mengeluarkan Racun

Bagaimana bisa kita berkeringat atau buang air kecil tanpa ada bantuan air? walau sebenarnya kedua proses ini merupakan salah satu mekanisme tubuh dalam membantu menghilangkan racun. Air putih bisa membantu mengeluarkan cairan keringat yang mengurangi resiko batu ginjal dan infeksi saluran kemih.

loading...
  1. Membuat Kulit Halus dan Cerah

Minum air putih yang cukup bisa membantu melembabkan kulit, membuatnya selalu segar, lembut, bercahaya dan halus. Racun dalam tubuh bisa mempunyai dampak yang dapat mengakibatkan kulit meradang, menyebabkan pori pori tersumbat dan pada akhirnya akan mengakibatkan jerawat. Mengkonsumsi air ini bisa meningkatkan proses pengeluaran racun melalui keringat secara lancar yang pada akhirnya bisa membuat kulit halus serta cerah.  

  1. Menjaga Fungsi

Pernah mendengar penyakit batu ginjal atau gagal ginjal? penyebab utamanya yaitu kekurangan cairan atau yang kerap kita dengar dengan istilah kurang minum. Perlu kita ketahui, ginjal memproses 200 liter darah setiap hari, menyaring keluar limbah serta mengangkut urin ke kandung kemih. Tetapi, ginjal butuh cairan yang cukup untuk membersihkan apa yang tidak diperlukan dalam tubuh, air putih adalah kunci atau senjata utamanya.

  1. Meningkatkan Produktivitas

Minum segelas air putih bisa membantu meningkatkan fokus dan mengembalikan tenaga (menyegarkan tubuh kembali) supaya kembali bisa bekerja secara normal dan tinggi

  1. Mencegah Penuaan Dini

Sudah jadi rahasia umum kalau manfaat minum air putih yaitu untuk mencegah penuaan dini. Minum air putih yang banyak bisa mengeluarkan racun dalam tubuh yang bisa mengencangkan kulit, memperkecil pori pori dan akan berdampak pada penuaan dini. Tak heran kalau rahasia awet muda para selebritis Indonesia maupun dunia yaitu minum air putih dengan teratur dan cukup

  1. Mengembalikan Mood

Sedang stress atau tidak mood pada pekerjaan, permasalahan rumah tangga, atau mungkin dengan teman? coba minum segelas air putih yang bisa membantu anda mengembalikan mood dan kembali segar.

  1. Meningkatkan Fungsi Otak

Minum air putih minimal 2 liter dalam satu hari bisa meningkatkan fungsi otak, air akan membantu meningkatkan konsentrasi dan kelancaran sistem saraf di otak.

  1. Mencegah dan ‘Obat’ Demam

Anda pernah demam? Nah, bila ketika demam dan Anda tidak begitu sering pergi ke dokter, Anda dapat meminum air putih secara teratur. upayakan untuk meminum air putih beberapa gelas dalam waktu satu jam, hal semacam ini akan membuat kita kerap buang air kecil dan dalam satu hingga dua hari demam pun turun

  1. Melawan Beberapa Penyakit

Sariawan, panas dalam, sakit tenggorokan merupakan beberapa penyakit yang bisa kita bantu sembuhkan dengan mengkonsumsi air putih secara rutin

  1. Meningkatkan Sistem Peredaran Darah

Air bisa membantu meningkatkan dan mempelancar sistem peredaran darah manusia. Mengkonsumsi air putih akan membantu dalam sistem transportasi dalam tubuh manusia.

  1. Menyembuhkan Sakit Kepala dan Migrain

Bila anda mengalami sakit kepala atau migrain, hal pertama yang bisa anda lakukan untuk memperoleh bantuan yaitu minum banyak air. Sakit kepala serta migrain kerap disebabkan oleh dehidrasi atau kekurangan cairan dalam tubuh.

Dalam studi yang dipublikasikan dalam European Journal of Neurology, peneliti menemukan kalau peningkatan asupan air akan membantu mengurangi jumlah dan intensitas sakit kepala pada peserta penelitian.

  1. Senantiasa Tampak Awet Muda

Kenyataannya, minum air putih pada pagi hari sangat efektif membuang dan membersihkan racun yang ada di darah melalui keringat serta urin. Sehingga tubuh akan lebih sehat dan segar sepanjang hari.

  1. Peremajaan Otot Dan Sel-Sel Darah Anda

Minum air putih pada pagi hari berguna untuk memperbaharui organ otot dan seluruh sel darah di tubuh.

  1. Menjaga Keseimbangan Sistem Getah Bening.

Saat sistem getah bening bisa bekerja dengan maksimal, maka tubuh akan mempunyai kekuatan lebih untuk melawan infeksi yang bisa menganggu kualitas kesehatan tubuh yang anda miliki.

  1. Memperlancar Buang Air Besar

Untuk seseorang yang mengalami sembelit atau sulit buang air besar pada pagi hari, maka ada baiknya minum air putih saat bangun tidur yang mana bertujuan untuk membantu memperlancar buang air besar tersebut .  

  1. Memiliki Usus Besar Yang Sehat

Usus besar adalah salah satu organ di sistem pencernan kita. Dengan minum air putih pada pagi hari, akan berdampak positif untuk kesehatan usus besar. Sehingga penyerapan nutrisi makanan bisa berjalan dengan baik juga.

  1. Organ Ginjal Yang Lebih Sehat

Memenuhi kebutuhan asupan air putih pada pagi hari bisa membantu meringankan kerja organ ginjal sekaligus menjaga kesehatan organ ginjal tersebut .

Pentingnya Air Putih

  • Air putih yang bebas kalori dan gula adalah pilihan paling sehat untuk menjaga tubuh tetap mempunyai cairan yang cukup, sekaligus mengatasi rasa haus setiap saat. Selain itu, minum air putih mempunyai bermacam fungsi untuk tubuh, diantaranya :
  • Menjaga kadar cairan tubuh, sehingga tubuh tak mengalami gangguan pada fungsi pencernaan dan penyerapan makanan, sirkulasi, ginjal, serta penting dalam menjaga suhu tubuh yang normal.
  • Membantu memberikan energi pada otot dan melumasi sendi-sendi supaya tetap lentur. Ketidakseimbangan cairan bisa menyebabkan kelelahan pada otot.
  • Membantu mengendalikan asupan kalori tubuh. Minum air putih jauh lebih baik dalam mencegah penambahan berat badan dibanding minuman yang memiliki kandungan kalori yang tinggi.
  • Menjaga kesegaran kulit.
  • Melindungi saraf tulang belakang dan jaringan sensitif pada tubuh lainnya.
  • Air akan membantu proses pembuangan beberapa sisa makanan serta minuman melalui keringat, urin dan kotoran. 

Berapakah Takaran Normal supaya Tak Kekurangan Cairan?

Kebutuhan cairan setiap orang tidaklah sama. Secara rata-rata, untuk wanita dewasa, dianjurkan untuk minum sekitar delapan gelas berukuran 200 ml per hari atau total 1, 6 liter. Sedangkan, pria dianjurkan untuk minum sekitar 10 gelas berukuran 200 ml atau total 2 liter setiap hari.

Tidak hanya dari minuman, makanan juga dapat memberi asupan cairan pada tubuh sekitar 20%. Cairan dari makanan khususnya didapat dari buah dan sayur, umpamanya bayam dan semangka yang mengandung 90% air.

Yang perlu diketahui, manusia bisa kehilangan cairan tidak hanya saat buang air kecil, tetapi juga saat berkeringat, bernapas dan buang air besar.

Beberapa tanda yang bisa membantu Anda mengetahui tubuh yang kekurangan cairan, diantaranya sakit kepala, merasa kurang berenergi, dan warna urin yang gelap atau tidak sebanyak biasanya. 

Perhatikan Kondisi Khusus

Yang tidak kalah penting, perlu diperhatikan beberapa kondisi dan kegiatan khusus yang membuat tubuh jadi membutuhkan lebih banyak asupan air dibanding biasanya, diantaranya :

  • Berolahraga atau aktif secara fisik.
  • Mengalami demam, diare, atau muntah-muntah.
  • Cuaca yang sangat panas.
  • Hamil dan menyusui. Wanita hamil dianjurkan mengkonsumsi air sekitar 2, 3 liter dalam satu hari, sedangkan wanita yang menyusui dianjurkan mengkonsumsi air sekitar 3, 1 liter per hari.

Bila sampai kini Anda kurang mengerti manfaat minum air putih, terdapat banyak panduan yang bisa dilakukan. Cobalah untuk membiasakan minum air putih setiap waktu makan atau waktu mengkonsumsi makanan ringan. Diluar itu, Anda bisa menaruh gelas atau botol yang berisi air minum di meja atau tas yang Anda bawa untuk beraktivitas setiap hari. Dengan hal tersebut, Anda akan teringat untuk mengkonsumsinya.

Alternatif lainnya, Anda dapat menambahkan rasa pada air putih supaya terasa lebih enak. Salah satunya dengan memberikan irisan buah-buahan seperti pada minuman infused water atau mungkin dengan membekali jus buah segar tanpa ada pemanis tambahan.

Kecukupan cairan adalah hal penting untuk badan. Salah satu sumber yang paling baik berasal dari air putih dengan bermacam manfaat. Minumlah air putih sesuai dengan kebutuhan supaya kondisi kesehatan tubuh tetap maksimal.

SHARE