14 Manfaat Ciuman dan 7 Bahaya Penyakit yang Bisa Terjadi

Ciuman adalah salah satu sifat manusia yang umumnya digunakan untuk mengekspresikan perasaan cinta. Sangat menarik memang, ketika mengetahui bahasa cinta universal ternyata menjadi bermanfaat untuk kesehatan dan Anda bisa terjauh dari rumah sakit dan dokter.

Bersumber dari laman Boldsky, Sabtu (24/1/2015), ciuman bibir memiliki efek fisiologis yang dapat memperkuat kesehatan mental, emosional, dan fisik. Mengetahui ini tentu saja sangat menyenangkan dan memberikan Anda hal-hal positif bagi Anda baik dari segi kesehatan, perasaa, serta ekonomi, bukan?

Untuk itu, inilah manfaat ciuman untuk kesehatan:

Manfaat Berciuman

www.playbuzz.com

www.playbuzz.com

1. Mengurangi stres

Ciuman dapat membantu meningkatkan epinefrin dalam tubuh sehingga dapat meningkatkan aliran darah dan membuat Anda lebih santai.

2. Mengurangi tekanan darah

efek mencium itu Menenangkan sehingga dapat membantu mengurangi tekanan darah.

3. Meningkatkan sirkulasi darah

Epinefrin dan pembulu darah membesar yang disebabkan oleh mencium dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah.

4. Meningkatkan sistem imun

Saat berciuman, terjadi sebuah rilis ‘s (IgA) yang membantu meningkatkan kekebalan tubuh terhadap bakteri.

5. Menumbuhkan hubungan

Senyawa kimia untuk rasa bahagia seperti serotonin, dopamin dan oxytosin dapat memperkuat hubungan dengan pasangan Anda. Dan ini dihasilkan saat berciuman

6. Memperluas pembuluh darah

Efek melebarnya pembuluh darah karena ciuman dapat membuat kesehatan tubuh yang sehat.

7. Meregangkan otot-otot wajah Anda

Hampir semua otot-otot wajah bekerja saat berciuman. Ini akan menyebabkan ciuman baik untuk kesehatan.

loading...

9. Membakar kalori

Ingin mengurangi berat badan Anda? Mungkin mencium bisa menjadi salah satu cara. Ciuman dapat membakar kalori sampai dengan 8-16 kalori. Selain itu, metabolisme tubuh dapat meningkat sampai dua kali.
Namun, manfaat mencium ini tidak hanya itu. Dibawah ini ada masih banyak manfaat lain mencium, seperti dikutip Times of India, Senin (2/2/2015)

10. Mempererat ikatan

Ketika salah satu pihak memberikan ciuman, akan menghasilkan hormon oxytocin yang mampu membuat ikatan antara dua orang semakin terjalin erat.

11. Meningkatkan kenikmatan seksual

Seks memiliki manfaat besar bagi kesehatan jantung, dan berciuman adalah komponen utama seks atau pemanasan. Berciuman mampu memberikan pengalaman yang menyenangkan.

12. Menangkal virus

Berciuman mampu membantu Anda dan pasangan Anda menciptakan system kekebalan yang kuat. Dengan berciuman, hasilnya Anda mampu menangkal virus dan menghindari diri dari penyakit.

13. Lebih bahagia

Mencium akan menghasilkan hormon endorfin yang dapat membuat Anda merasa bahagia. Ketika Anda mendapatkan tekanan, mencium dapat menjadi obat yang jauh lebih baik daripada Anda harus berkonsultasi ke psikolog atau mengonsumsi obat-obatan.

14. Mengurangi rasa sakit

Selama mencium tubuh akan memproduksi hormone adrenalin yang dikenal untuk mengurangi rasa sakit.
Nah, itulah manfaat berciuma dengan pasangan Anda sebagai suami dan istri. Tapi Anda juga harus berhati karena ciuman juga bisa berbahaya bagi kesehatan jika tidak memperhatikan hal-hal yang baik

Mencium bibir dapat menyebarkan penyakit virus dan bakteri

Ketika berciuman, berbagai macam virus atau bakteri dari air liur dan darah dapat dengan mudah menyusup ke dalam tubuh Anda. Virus dan bakteri dapat menyebabkan Anda mendapat berbagi kondisi.

  1. Pilek.
  2. Kerusakan gigi.
  3. Kutil di mulut.
  4. Infeksi herpes.
  5. Demam kelenjar.
  6. Hepatitis B.
  7. Neisseria meningitidis penyakit seperti meningitis.

Tapi Anda masih dapat mencegahnya terjadi dengan cara berikut:

Hal pertama yang dapat Anda lakukan untuk menghindari bahaya mencium bibir adalah untuk menjaga kebersihan mulut. Rutinlah menyikat gigi di pagi hari dan sebelum tidur, atau setelah makan malam. Juga Harap memberikan ini dengan pasanganmu.

Kapan Anda batuk atau pilek, tentunya Anda tidak ingin orang lain untuk minum atau makan dari peralatan yang sama dengan Anda. Hal ini dilakukan karena bisa membuat seseorang Anda tertular penyakit. Hal ini juga berlaku ketika Anda mencium.

Maka Hindari mencium ketika Anda atau pasangan Anda sedang terjangkit penyakit atau ada luka pada bibir dan mulut. Jika Anda mencintai pasangan, Anda harus jujur kepadanya ketika Anda menderita penyakit tertentu. Orang-orang benar-benar sayang untuk pasangan nya tentu tidak akan menjerumuskannya ke dalam bahaya.

Cara lain yang dapat dilakukan untuk meminimalkan risiko terkena virus atau bakteri adalah dengan melakukan vaksinasi. Injeksi virus pada sistem kekebalan tubuh sangat dianjurkan, terutama bagi Anda yang tidak pernah punya masa kanak-kanak. Anda bisa meminta dokter tentangjarum suntik vaksin yang dapat diperoleh untuk mencegah tubuh terinfeksi dengan virus atau bakteri karena mencium.

Dengan melakukan hal di atas, Anda dapat meminimalkan risiko tertular dan transmisi virus atau bakteri saat berciuman, selain tetap mendapatkan manfaat dari ciuman di bibir.