Home Kesehatan 31 Manfaat Daun Kemangi

31 Manfaat Daun Kemangi

SHARE

Manfaat Daun Kemangi-Daun Kemangi adalah tumbuhan tahunan yang bertumbuh secara tegak dan mempunyai cabang yang banyak, tinggi tanaman ini dapat mencapai sampai 100 cm dan berbentuk perdu, bunga kemangi tersusun di tandan yang tegak, dan daunnya tegak, panjang, berbentuk bulat telur, warnanya hijau muda serta pastinya harum, ujung daun umumnya tumpul serta tajam, panjangnya sampai 5 cm, permukaan daunnya dapat bergerigi serta dapat pula rata, rasanya pahit serta wanginya seperti cengkeh.

Manfaat Daun Kemangi

Melancarkan aliran darah, menkonsumsi daun kemangi bisa memperlancar aliran darah lantaran kandungan magnesium yang ada dalam kemangi membantu membuat pembuluh darah dan jantung menjadi santai, serta aliran darah dalam tubuh akan tetap lancar.

Daun Kemangi Untuk mencegah adanya kemandulan, ternyata kemangi mempunyai kandungan zat arginin yang berperan untuk membuat daya hidup sperma semakin kuat, tentu nya untuk mencegah kemandulan.

Menjaga kesehatan organ jantung, daun ini mengandung magnesium serta beta karoten untuk menjaga kesehatan jantung, ini yaitu mineral penting yang sangat diperlukan oleh jantung.

Menyembuhkan sariawan, untuk anda yang sariawan dapat segera disembuhkan, kunyahlah daun kemangi dan mengkonsumsinya lalu minum air hangat, lakukan 3 kali sehari serta lihat hasilnya.

Meningkatkan kekebalan tubuh, untuk memperbaiki sistem kekebalan tubuh bisa dengan menkonsumsi daun kemangi, ternyata hal ini karena daun tersebut mengandung beta karoten yang berperan untuk meningkatkan respon antibodi, beta karoten dapat juga memperbaiki sel-sel yang rusak.

Membantu perkembangan tulang, ternyata dapat juga membantu perkembangan tulang kita, lantaran daun kemangi mempunyai kandungan fosfor serta kalium yang baik dalam pembentukan dan perkembangan tulang anda, dan daun ini bisa mencegah tulang keropos.

Untuk mengobati panu, panu dapat juga disembuhkan dengan cara menghaluskan daun kemangi yang harus dicuci bersih, campur dengan sedikit kapur sirih serta berikan pada bagian yang terserang panu.

Manfaat Daun Kemangi untuk Kesehatan

Image result for daun kemangi

Nah, berikut ini adalah beberapa manfaat daun kemangi untuk kesehatan pria dan wanita.

loading...
  1. Meredakan demam & masuk angin

Daun kemangi dapat meredakan demam dan masuk angin yang diderita oleh balita. Caranya Ambil beberapa daun kemangi, lalu diremas bersama bawang merah serta minyak kelapa, selanjutnya dioles-oleskan ke perut, dada, serta punggung balita.

  1. Menyehatkan mata dan mulut

Vitamin A dalam daun kemangi mempunyai kemampuan untuk menyembuhkan infeksi mata, meredakan mata yang stres, dan mencegah gangguan pada mata yang lain. Bukan hanya itu, selain daun mint, kemangi juga mempunyai efek menyegarkan bau mulut bila dikonsumsi.

  1. Memperlancar ASI

Daun kemangi segar diakui bisa mencegah bau badan dan bau mulut, serta memperlancar ASI. Anda dapat memanfaatkan sebagai lalap teman makan nasi serta sambal.

  1. Anti inflamasi

Kemangi adalah agen anti inflamasi yang bertugas mengobati bengkak serta ampuh meredakan radang sendi. Kemangi juga termasuk sumber kalsium yang baik yang diperlukan tulang untuk mencegah osteoporosis.

  1. Menopouse

Kemangi bisa menunda menopouse lantaran kandungan Zat triptofan pada daun kemangi dapat menunda monopause. Oleh karenanya, perbanyaklah mengkonsumsi kemangi bila Anda menginginkan menunda masa menopouse.

  1. Mencegah batuk

Di Thailand, kemangi dipakai sebagai bumbu masak. Di India serta beberapa wilayah di Afrika, daun kemangi diseduh menjadi teh. Teh kemangi disajikan ketika pergantian musim, waktu masyarakat setempat mudah terserang batuk, pilek, atau demam.

  1. Menangani Keputihan

Kandungan senyawa eugenol dalam kemangi bisa membunuh jamur penyebab keputihan. Jadi, saat Anda mengalami keputihan, rajin-rajinlah mengkonsumsi daun kemangi. bisa sebagai lalap atau dicampur dengan makanan lain, umpamanya pepes.

  1. Merangsang Sel Telur

Daun kemangi bisa membantu proses pematangan sel telur (ovulasi) lantaran kandungan zat stigmaasterol dalam kemangi merangsang pematangan sel telur (ovulasi).

  1. Antiradang

Kandungan zat cineole, myrcene dan eugenol yang terdapat pada daun kemangi berperan sebagai antibiotik alami dan antiperadangan.

  1. Kesehatan Jantung

Berdasarkan beberapa riset, daun kemangi berperan dalam memelihara kesehatan Jantung lantaran kandungan betakaroten serta magnesium. Keduanya adalah mineral penting yang berperan menjaga dan memelihara kesehatan jantung.

  1. Mengatasi Stroke

Meningkatkan fungsi pembuluh darah nadi (artery) pada pasien stroke lantaran kandungan isoflavon pada kemangi serta terdapat pada kacang-kacangan seperti kedelai, buncis, kacang polong, bisa meningkatkan fungsi pembuluh darah nadi (artery) pada pasien stroke.

  1. Manfaat lainnya

Para perokok dapat mengunyah daun kemangi kapan saja saat mereka ingin merokok. Dengan begitu, kekuatan antioksidan dapat memperbaiki sistem yang rusak akibat efek nikotin. Kemangi juga ampuh meredakan stres, mencegah diabetes, serta mengatasi batu ginjal.  
Kaya akan antioksidan. Daun kemangi mengandung flavonoid polifenol seperti orientin dan vicenin. Senyawa ini diketahui sebagai salah satu antioksidan yang berfungsi  melawan lipid oksidasi dalam hati.

Mencegah penuaan dini. Ramuan dari daun kemangi cukup ampuh untuk menangkal radikal bebas karena mengandung tinggi beta -karoten, vitamin A, cryptoxanthin, lutein dan zea – xanthin . Senyawa tersbut memiliki manfaat untuk melindungi tubuh kita terhadap radikal bebas dari oksigen yang berperan mempercepat  proses penuaan dan berbagai penyakit.

Manfaat Lain Daun Kemangi

manfaat daun kemangi

  1. Kaya akan antioksidan. Daun kemangi mengandung flavonoid polifenol seperti orientin dan vicenin. Senyawa ini diketahui sebagai salah satu antioksidan yang berperan melawan lipid oksidasi dalam hati. 
  2. Mencegah penuaan dini. Ramuan dari daun kemangi cukup ampuh untuk menangkal radikal bebas lantaran mengandung tinggi beta -karoten, vitamin A, cryptoxanthin, lutein serta zea – xanthin. Senyawa tersebut memiliki manfaat untuk melindungi badan kita terhadap radikal bebas dari oksigen yang berperan mempercepat sistem penuaan dan beragam penyakit.
  3. Menyembuhkan Demam. Daun kemangi kaya akan fitonutrien serta minyak penyembuhan, yang membuat daun kemangi begitu efektif dalam mengobati demam malaria dan demam berdarah. Rebus daun kemangi yang telah dihaluskan serta ditambah dengan teh. Untuk demam yang tinggi dapat juga dengan memakai rebusan daun kemangi, gula, serta susu yang dicampur dengan bubuk kapulaga dan ditambahkan dengan sekitar ½ liter air lalu ramuan tersebut diminum untuk menurunkan demam.
  4. Menyembuhkan batuk dan pilek. Daun kemangi berguna untuk mengobati batuk dan pilek dengan cara menjadikannya sebagai lalapan atau membuatnya sebagai teh. Selain itu daun kemangi dipakai sebagai bahan dalam obat batuk dan ekspektoran dan membantu untuk memobilisasi lendir di bronkitis serta asma.
  5. Membantu mengatasi stres serta mempertajam Pikiran. Menggunakan 12 daun kemangi sebagai lalapan diakui dapat membantu anda mencegah stres sekaligus mempertajam pikiran anda, hal itu karena daun kemangi dianggap sebagai ‘adaptoge’ atau agen anti – stres.
  6. Sebagai Anti septik Alami. Daun kemangi mempunyai sifat penyembuhan yang sangat baik pada luka dan infeksi, daun kemangi berguna untuk memperkuat lambung dan memperlancar keringat terlalu berlebih. Daun kemangi juga efektif dalam menghilangkan dahak dari tabung bronkial. Lantaran kandungan antiseptiknya itu daun kemangi mempunyai manfaat untuk penyembuhan bisul, luka, campak, dan cacar air.
  7. Sumber mineral. Daun kemangi mengandung beragam jenis mineral seperti kalium, mangan, tembaga, dan magnesium. Kalium dalam daun kemangi mempunyai manfaat untuk membantu mengontrol detak jantung serta tekanan darah sedangkan Mangan digunakan oleh tubuh sebagai antioksidan, superoksida dismutase. Sealin itu Daun kemangi juga adalah sumber zat besi, dalam 100 g menyediakan sekitar 3, 17 mg jumlah tersebut telah memenuhi sekitar 26% kebutuhan zat besi harian anda.
  8. Melindungi kesehatan pencernaan. Daun kemangi dipercaya mempunyai resiko menenangkan pada perut, mengkonsumsi 1/2 sendok teh kering atau daun kemangi segar bisa membantu anda memperoleh pencernaan yang sehat. Jadi anda dapat menggunakan daun kemangi sebagai salah satu ramuan sehat yang dapat anda dapatkan dengan mudah sekaligus memperoleh manfaat yang luar biasa darinya.
  9. Sengatan atau gigitan serangga. Daun kemangi dapat anda gunakan sebagai obat alami untuk menyembuhkan gigitan atau sengatan serangga dengan cara melumatkannya dengan dikunyah lalu ditempelkan ke bagian yang terserang gigitan atau sengatan serangga itu, cara itu bisa menarik keluar racun.
  10. Membantu menyembuhkan sakit kepala. Cara pemakaiannya : Siapkan satu sendok makan daun kemangi kering, 2 cangkir air mendidih dalam panci besar. Lalu tutup kepala dengan handuk serta hirup uap selama 5-10 menit hingga sakit kepala mulai mereda.
  11. Menstabilkan Gula darah. manfaat daun kemangi memang sangat banyak sekali untuk kesehatan selain bisa mengobati sakit kepala daun kemangi juga sudah terbukti bisa membantu kestabilan gula darah bila dikonsumsi secara teratur sebagai teh maupun lalapan.
  12. Sumber vitamin K. Dengan anda Mengkonsumsi daun kemangi bisa meningkatkan asupan vitamin K. Vitamin K dibutuhkan dalam tubuh untuk mengaktifkan protein yang dibutuhkan untuk pertumbuhan jaringan sehat, termasuk juga tulang rawan perut serta jaringan paru-paru. Satu porsi daun kemangi segar mengandung 44 mikrogram vitamin K kira-kira sepertiga kebutuhan Vitamin K harian anda (pria dan satu-setengah dari asupan harian untuk wanita).
  13. Menjaga kesehatan gigi dan mulut. Keringkan daun kemangi di bawah sinar matahari lalu lembutkan sampai menjadi bubuk lalu gunakan sebagai pasta gigi. Ramuan dari daun kemangi itu berguna untuk menjaga kesehatan gigi, mencegah bau mulut dan memberikan rileksasi pada gusi.
  14. Gangguan mata. Jus daun kemangi adalah obat yang efektif untuk sakit mata dan gangguan penglihatan saat malam hari, yang biasanya disebabkan oleh kekurangan vitamin A. Cara pemakaiannya yaitu Teteskan jus daun kemangi hitam ke dalam mata setiap hari pada waktu tidur dan insya Allah anda akan memperoleh mata yang sehat.
  15. Sakit Tenggorokan. Pakai daun kemangi sebagai teh untuk diminum atau dapat pula dipakai sebagai obat kumur untuk membantu menyembuhkan sakit tenggorokan.
  16. Infeksi Mulut. Untuk menyembuhkan infeksi pada mulut anda cukup dengan cara mengunyah daun kemangi segar selama beberapa menit.
  17. Membantu merawat rambut anda. Pakai Daun kemangi sebagai kondisioner alami yang bisa membantu dalam meremajakan rambut dengan merangsang folikel rambut.
  18. Mencegah penyakit jantung. Ramuan dari Daun kemangi mempunyai manfaat untuk membantu mencegah penyakit jantung. Hal itu karena daun kemangi bisa menurunkan kadar kolesterol darah.
  19. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh. Mengkonsumsi daun kemangi segar secara teratur bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh anda. Studi menunjukkan kalau berbagai senyawa kimia dalam daun kemangi bisa meningkatkan produksi antibodi dalam tubuh yang berperan untuk melawan infeksi hingga 20%.
  20. Mencegah timbulnya jerawat. Ternyata tak berhenti sampai di situ saja manfaat daun kemangi, daun kemangi diketahui bisa mengatasi jerawat juga mempercepat proses penyembuhan jerawat. Minyak daun kemangi segar dapat juga membantu penyumbatan pori-pori, yang merupakan penyebab paling utama jerawat.

Kandungan Daun Kemangi

Daun kemangi mengandung betakaroten (provitamin A) dan vitamin C. Betakaroten berperan mendukung fungsi penglihatan, meningkatkan respon antibodi (mempengaruhi fungsi kekebalan tubuh), sintesis protein untuk mendukung proses pertumbuhan, dan sebagai antioksidan.

Vitamin C antara lain bermanfaat untuk pembentukan kolagen untuk penyembuhan luka dan memelihara elastisitas kulit, membantu penyerapan kalsium dan besi, antioksidan, mencegah pembentukan nitrosamin yang bersifat karsinogenik (menyebabkan kanker).

Kolagen adalah senyawa protein yang mempengaruhi integritas struktur sel di seluruh jaringan ikat, seperti pada tulang rawan, matriks tulang, dentin gigi, membran kapiler, kulit, dan tendon (urat otot). Daun kemangi kaya akan mineral makro, yakni kalsium, fosfor, dan magnesium. Kalsium penting untuk pembentukan dan pertumbuhan tulang, transmisi impuls saraf, membantu kontraksi otot, serta membantu mengaktifkan reaksi enzim.

Fosfor berperan dalam pertumbuhan tulang, membantu penyerapan dan transportasi zat gizi, mengatur keseimbangan asam dan basa. Magnesium membantu merilekskan jantung dan pembuluh darah, sehingga memperlancar aliran darah.

SHARE

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan