21 Manfaat Daun Pepaya untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Daun Pepaya

Daun pepaya mempunyai kandungan zat baik yang berlimpah. Oleh karena itu, untuk yang kurang suka pada rasanya bisa mempertimbangkan manfaat daun pepaya untuk tubuh pada ulasan ini,

1. Manfat Daun Pepaya, Sifat anti kanker

Menurut riset yang dilakukan oleh jurnal Ethnopharmacology, jus daun pepaya mengandung enzim tertentu yang mempunyai sifat melawan kanker pada beragam tumor seperti kanker leher rahim, kanker payudara, kanker hati, kanker paru-paru serta kanker pankreas tanpa ada dampak toksik pada tubuh. Hal ini membuat ekstrak daun pepaya ini, kerap direkomendasikan sebagai bagian dari kemoterapi di beberapa bagian penduduk dunia.

Dengan mengatur T-sel, ekstrak daun pepaya meningkatkan respon sistem kekebalan pada kanker. Daun yang terasa pahit, memang banyak mengandung zat anti kanker, yang juga ditemui pada manfaat daun binahong. Mengkonsumsi masakan daun pepaya secara teratur terbukti bermanfaat melawan penyakit kanker. Kandungan getah putih yang ada di dalamnya adalah zat anti-kanker.

2. Manfaat Daun Pepaya, Menghambat Pertumbuhan Bakteri

Jus daun pepaya mengandung lebih dari 50 bahan aktif termasuk juga senyawa karpain yang menghambat pertumbuhan mikroorganisme seperti jamur, cacing, parasit, bakteri dan berbagai bentuk sel kanker. Hal ini membuat daun pepaya digunakan sebagai pengobatan herbal untuk menghilangkan cacing di usus lantaran mengandung tannin. Zat tannin ini dapat melindungi usus dari infeksi ulang pada lapisan dinding usus, hingga cacing di usus tidak bisa menempel. Dengan hal tersebut, daun pepaya secara efektif akan menekan penyebab terjadinya sakit tifus.

3. Manfaat Daun Pepaya, Meningkatkan Imunitas Tubuh

Manfaat lain yang mengagumkan dari jus daun pepaya yaitu kemampuannya untuk melawan infeksi virus seperti virus flu biasa. Daun pepaya akan secara alami melakukan regenerasi sel darah putih serta trombosit. Daun pepaya mengandung lebih dari 50 bahan termasuk juga vitamin A, C dan E yang mendukung sistem kekebalan tubuh.

4. Manfaat Daun Pepaya, Anti Malaria

Daun Pepaya sudah ditemukan mempunyai sifat anti malaria juga. Dengan hal tersebut, jus daun pepaya kerap dipakai di beberapa bagian dunia sebagai profilaksis untuk mencegah malaria di daerah endemis tertentu.

5. Manfaat Daun Pepaya, Mencegah Demam Berdarah

Demam Berdarah Dengue yaitu penyakit mematikan yang disebabkan oleh virus dengue yang ditularkan oleh nyamuk Aedes. Penyakit ini dapat berakibat fatal, tetapi selama ini tak ada obat khusus yang telah dirumuskan untuk penyakit ini. Penghilang rasa sakit seperti aspirin dan ibuprofen mempunyai efek samping tersendiri.

Jus daun pepaya merupakan cara tradisional untuk mengobati demam berdarah tanpa ada masalah efek samping. Riset ilmiah dan beberapa studi kasus sudah menunjukkan kalau ekstra daun pepaya mengandung enzim papain meningkatkan trombosit. Perusahaan farmasi telah memakai persiapan ekstrak daun pepaya berbentuk kapsul dan formula cair. Para dokter menganjurkan mengambil 20 sampai 25 ml jus ini dua kali dalam satu hari selama satu minggu untuk hasil yang cepat.

Buat anda yang menderita penyakit demam berdarah, campur 5 lembar daun pepaya dengan temulawak, gula merah dan meniran secukupnya. Rebus kemudian minum air rebusan daun itu secara teratur hingga demam berdarah sembuh.

6. Manfaat Daun Pepaya, Mengurangi Nyeri Haid

Para wanita sejak dulu menggunakan daun pepaya untuk permasalahan ini. Jus daun pepaya sangat efektif untuk mengurangi nyeri haid. Khusus untuk wanita yang sedang haid dan ingin menghilangkan rasa nyeri secara mudah serta aman, coba ramuan jamu tradisional daun pepaya. Campur 1 lembar daun pepaya mentah, asam jawa serta garam lalu rebus hingga masak. Minum air ramuan jamu itu supaya nyeri haid dapat berkurang.

loading...

7. Manfaat Daun Pepaya, Membantu Pencernaan

Enzim papain dalam daun pepaya membantu dalam pencernaan protein serta bermanfaat untuk mengobati masalah pencernaan, menurut buku “The Complete Herbal Panduan : A Natural Approach to Healing the Body. ” Rebusan daun pepaya bisa mengurangi mulas dan perangsang nafsu makan. Daun pepaya juga dapat membantu mencerna gluten protein gandum, yang terjadi untuk sebagian orang, yang dikenal sebagai penyakit celiac. Cukup konsumsi rebusan daun ini atau diolah menjadi tumis sayur maka anda akan memperoleh manfaat yakni terlepas dari permasalahan gangguan pencernaan makanan.

8. Manfaat Daun Pepaya, Membantu Penyakit Pembesaran Prostat

Daun pepaya bisa membantu anda yang mengalami permasalahan pembesaran prostat jinak, selain itu daun ini dapat juga membantu menggurangi beragam permasalahan terkait dengan pembesaran prostat seperti masalah lesi dubur.

9. Manfaat Daun Pepaya, Meningkatkan Trombosit

Daun pepaya sangat penting untuk membantu meningkatkan jumlah trombosit untuk anda yang mengalami permasalahan dengan rendahnya trombosit. Riset di seluruh dunia sudah mengungkapkan kalau daun ‘pahit’ pepaya sangat efektif dalam meningkatkan jumlah trombosit secara cepat. Terlebih untuk masalah kekurangan vitamin, sedang kemoterapi, demam berdarah serta banyak lagi.

10. Manfaat Daun Pepaya, Mencegah Katarak

Daun pepaya sangat penting untuk mencegah penyakit katarak.

11. Manfaat Daun Pepaya, Emfisema

Daun pepaya banyak mengandung vitamin D yang bisa mencegah terjadinya penyakit emfisema yang terkait dengan paru paru.

12. Manfaat Daun Pepaya, Obat Penambah Nafsu Makan

Untuk menangani masalah kurang nafsu makan, campur kan daun pepaya segar dengan garam dapur serta air hangat secukupnya. Tumbuk hingga halus lalu saring airnya dan minum air saringan tersebut . Langkah tersebut dapat juga dipakai pada anak yang sulit makan.
Berikan jamu penambah nafsu makan ini 2 – 3 hari sekali, jangan terus-terusan. Untuk anak-anak, porsinya jangan terlalu banyak. Cukup 1/4 gelas saja.

Manfaat Daun Pepaya Untuk Kecantikan

manfaat-daun-pepaya-untuk-rambut

Manfaat buah pepaya memang diketahui sangat bagus untuk kulit dan sudah tergabung dalam produk perawatan kulit untuk memberikan kulit yang sehat serta bercahaya. Selain itu pepaya kerap dipakai dalam sejumlah formulasi perawatan rambut untuk sampo atau kondisioner, berikut ini beberapa diantaranya :

13. Manfaat Daun Pepaya, Agen pembersih kulit

Hal ini bisa dikaitkan dengan adanya senyawa karpain yang menghambat mikroorganisme serta racun yang lain. Hingga membuat kulit lebih bersih dan memberi perlindungan pada permasalahan kulit seperti jerawat, bintik-bintik serta noda.

14. Manfaat Daun Pepaya, Menghilangkan Jerawat

Cara alami mengobati jerawat memakai daun ini yaitu tumbuk 2 lembar daun pepaya tua yang telah dijemur terlebih dulu, campur sedikit air hangat lalu oleskan ramuan itu pada daerah muka berjerawat. Diamkan 20 – 30 menit baru lalu bersihkan muka anda dengan air bersih.

15. Manfaat Daun Pepaya, Kondisioner Alami

Ekstrak daun pepaya kerap dipakai sebagai kondisioner bersama dengan bahan lain seperti santan dan manfaat madu untuk rambut yang berkilau. Kondisioner alami ini akan membuat rambut lebih bernyawa dan melembutkan rambut kasar yang susah diatur.

16. Manfaat Daun Pepaya, Menghilangkan ketombe

Ekstrak daun pepaya terutama dipakai sebagai bahan pembuatan sampo anti ketombe yang bertujuan untuk mengendalikan produksi serpihan ketombe. Senyawa karpain ini, efektif dalam menyingkirkan kotoran serta minyak dan bahan kimia untuk rambut tanpa ada resikonya.

Manfaat Lain Daun Pepaya

manfaat daun pepaya

17. Manfaat Daun Pepaya, Mengempukkan Daging

Manfaat lain daun ini yaitu membuat daging lebih empuk. Caranya bungkus daging mentah dengan remasan daun kates lalu diamkan beberapa saat kemudian baru dimasak.

18. Manfaat Daun Pepaya, Mengatasi Tekanan Darah Tinggi

Manfaat daun pepaya berikutnya yaitu mengontrol tekanan darah dalam tubuh. Rebus lima lembar daun dengan setengah liter air lalu ambil air rebusan itu kemudian berikan pemanis madu murni atau gula merah. Minum selagi hangat.

19. Manfaat Daun Pepaya, Melancarkan ASI Ibu Menyusui

Untuk ibu yang tengah menyusui, manfaat daun pepaya dapat melancarkan ASI secara alami. Sediakan 5 lembar daun muda lalu letakkan di atas api hingga daun layu. Tempelkan selagi hangat di atas payudara ibu kecuali sisi puting.

20. Manfaat Daun Pepaya, Menguatkan Tulang Dan Gigi

Mengkonsumsi sayur daun pepaya dengan teratur bisa menguatkan tulang serta gigi anda. Kandungan alaminya diyakini dapat membuat gigi lebih kuat serta tulang lebih sehat.

21. Manfaat Daun Pepaya, Manfaat daun pepaya untuk sakit perut balita

Balita sangat rentan dengan penyakit terlebih di saat balita yaitu saat keemasan seorang anak. Tentunya kita tidak mau anak-anak kita yang berusia balita alami sakit perut, bukan? Bila iya dan itu sedang terjadi pada balita kita, kita tak perlu cemas. Ambil segera daun pepaya sebanyak 2 lembar, 3 daun dadap serep, serta kapur sirih. Tumbuk sampai halus ketiganya. Lalu, oleskan hasil tumbukan pada perut balita

Semoga bermanfaat untuk mengetahui manfaat daun pepaya

No Responses

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan