Home Kesehatan 14+ Manfaat Kayu Manis yang Berguna untuk Kesehatan Tubuh

14+ Manfaat Kayu Manis yang Berguna untuk Kesehatan Tubuh

SHARE

Manfaat kayu manis telah dipakai sebagai rempah bumbu masakan. Rempah ini memang sangat unik lantaran mempergunakan bagian kulit dari batang pohon kayu manis tersebut . Beragam jenis kuliner Indonesia banyak memakai kayu manis untuk bumbu masakannya seperti semur daging. Pulau Sumatera merupakan wilayah Indonesia yang memiliki banyak pohon kayu manis. Rempah-rempahan sepertinya tidak hanya dapat digunakan sebagai bumbu masakan, seperti kemiri, tetapi juga bermanfaat untuk kesehatan serta pengobatan berbagai penyakit.

Kayu manis atau kayu manis kulit bagian dalam pohon dari genus Cinnamomum. Tetapi, dari genus Cinnamomoum yang benar-benar sebagai kayu manis adalah yang berasal dari pohon verum Cinnamomum. Kayu manis mempunyai aroma yang baik dan manis serta rasa hangat saat mengkonsumsinya.

Kayu manis sudah ada selama berabad-abad. Kayu manis mempunyai sejarah panjang baik sebagai bumbu dan sebagai obat. Bahkan juga di zaman kuno, rempah-rempah ini dianggap sangat berharga, lebih berharga daripada emas. Pada masa Mesir kuno, kayu manis dipakai sebagai campuran untuk pembalseman (pengawetan mayat) dan saat ini dipakai untuk berbagai jenis kepentingan, terutama untuk herbal.

Kayu manis mengandung antimikroba yang kuat, anti-inflamasi, anti-infeksi serta anticlotting (mencegah pembekuan darah). Kayu manis sebagai sumber yang potensial untuk antioksidan, polifenol, serta mineral sepertikalsium, mangan, zat besi dan serat makanan. Itusemua adalah zat gizi penting yang membantu menjaga tubuh tetap sehat. Selain itu, kayu mans merupakan sumber alami dari gula, karbohidrat, asam lemak serta asam amino. Disamping itu, Kayu manis mengandung komponen aktif yang disebut cinnamaldehyde, cinnamyl asetat dan cinnamyl alkohol.

Penelitian modern menunjukkan kalau rempah-rempah ini mungkin mempunyai beberapa sifat yang begitu menguntungkan. Berikut ini beberapa diantaranya :

  • Sejumlah riset menunjukkan kalau kayu manis bisa mengatur gula darah, membuatnya menjadi pilihan yang tepat untuk penderita diabetes serta hypoglycemica. Dan merupakan kabar baik untuk siapapun yang ingin meningkatkan energi supaya lebih stabil.
  • Mengurangi kadar kolesterol LDL. LDL dikenal juga sebagai kolesterol berbahaya. Mengurangi kolesterol LDL bisa membantu mengurangi resiko penyakit kardiovaskular.
  • Kayu manis memiliki senyawa anti infeksi alami yang ditemukan dalam studi. Kayu manis efektif terhadap H. pylori yakni bakteri penyebab borok atau bisul serta patogen yang lain.
  • Mengurangi rasa sakit terkait dengan arthritis, yang telah dibuktikan dalam studi di Departemen of Internal Medicine, Rumah Sakit Kangnam Korea.
  • Kayu manis dipakai untuk mengurangi sitokin yang berkaitan dengan nyeri rematik.
  • Penelitian di University of Texas, yang diterbitkan dalam jurnal Nutrition and Cancer, menunjukkan kalau kayu manis bisa mengurangi proliferasi sel kanker serta untuk pencegahan kanker.
  • Mengandung serat, kalsium, zat besi, dan mangan walau dalam jumlah yang kecil untuk dosis khas bubuk kayu manis.
  • Kayu manis mengandung zat kimia alami yang disebut cinnamaldehyde, yang menurut riset meningkatkan hormon progesteron serta menurunkan produksi testosteron pada wanita, hingga membantu menyeimbangkan hormon yang mempengaruhi kesuburan.
  • Kayu manis menawarkan perawatan pada berbagai penyakit neurodegenerative, termasuk juga penyakit Alzheimer, penyakit Parkinson, multiple sclerosis, tumor otak, serta meningitis, menurut riset di Laboratorium Penelitian sitokin, Departemen Experimental Therapeutics, The University of Texas. Riset mereka menunjukkan kalau kayu manis dapat mengurangi peradangan kronis yang berkaitan dengan masalah neurologis ini.
  • Penelitian tanaman obat India mengungkapkan kalau kayu manis bisa berpotensi efektif terhadap HIV4. Menurut penulis riset, ekstrak yang paling efektif terhadap HIV-1 dan HIV-2 masing-masing yaitu kayu manis (kulit kayu) serta Cardiospermum helicacabum.
  • Mencegah penyakit jantung. Dengan berkurangnya LDL, otomatis akan menyehatkan jantung.
  • Menyehatkan pembuluh darah. Kolesterol LDL dalam tubuh membuat pembuluh darah akan tersumbat, kayu manis bisa mengurangi hal tersebut .
  • Mengurangi peradangan kronis
  • Mencegah Parkinson
  • Mengobati Alzheimer
  • Mengobati tumor otak
  • Mengobati meningitis

Khasiat dan Manfaat Kayu Manis

manfaat-kayu-manis

1. Mengontrol Gula Darah

Kayu manis mempunyai manfaat yang penting untuk orang-orang dengan diabetes tipe 2 untuk membantu tubuh mereka merespon insulin, hingga menormalkan kadar gula darah. Senyawa tertentu dalam kayu manis merangsang reseptor insulin serta menghambat enzim yang menginaktivasi mereka, meningkatkan kemampuan sel untuk menggunakan glukosa. Secara teratur konsumsi kurang dari satu setengah sendok teh per hari menurunkan kadar gula darah pada individu dengan diabetes tipe 2. Untuk mengkonsumsi kayu manis dalam makanan sehari-hari cukup mudah. Cukup taburkan pada oatmeal atau sereal, atau tambahkan sejumput kecil untuk teh atau kopi.

2. Meningkatkan Fungsi Otak

Kayu manis sudah terbukti sangat meningkatkan kewaspadaan mental. Hanya dengan mencium baunya aktivitas otak akan bertambah. Wangi kayu manis bisa meningkatkan sistem kognitif serta sangat meningkatkan fungsi otak yang terkait dengan perhatian, memori pengakuan virtual, memori kerja, dan kecepatan visual-motorik. Orang-orang yang menderita kecemasan atau kegugupan ujian bisa minum teh kayu manis untuk menenangkan pikiran.

3. Mencegah Penyakit Jantung

Karena berbagai sifat anti-inflamasi, kayu manis sangat efektif dalam menjaga jantung dan sekitar arteri dari kerusakan dan infeksi. Kayu manis membantu melawan kolesterol ‘buruk’, secara signifikan menurunkan kadar kolesterol secara keseluruhan. Sifat anti-inflamasi juga membantu mengobati peradangan pada jaringan di dalam tubuh dan mengurangi resiko serangan jantung.

4. Meningkatkan Fungsi Kolon

Kayu manis adalah sumber yang sangat baik dari segi serat, kalsium dan mangan mineral. Kombinasi kalsium serta serat bisa meningkatkan fungsi usus besar, sehingga mampu mengurangi resiko terkena kanker usus. Serat makanan juga begitu bermanfaat dalam mengurangi gejala Irritable Bowel Syndrome termasuk juga diare serta sembelit.

loading...

5. Mencegah Kanker

Riset sudah menunjukkan kalau kayu manis bisa mengurangi proliferasi sel kanker. Menurut riset yang dilakukan di University of Texas, kayu manis bisa mengurangi peningkatan sel-sel kanker dalam tubuh dan, bila dimasukkan secara teratur pada makanan, bisa membantu mencegah kanker. Kayu manis juga membantu mengurangi tingkat pertumbuhan leukemia serta limfoma sel-sel kanker.

6. Meningkatkan Sirkulasi Darah

Kayu manis mengandung senyawa yang disebut coumarin yang mempunyai sifat pengencer darah yang membantu meningkatkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh. Tetapi, penting untuk diingat kalau terlalu banyak coumarin bisa mengakibatkan kerusakan gangguan fungsi hati sehingga disarankan untuk mengkonsumsi kayu manis dalam jumlah kecil.

7. Mengobati Penyakit Neurodegeneratif

Kayu manis mempunyai sifat anti-inflamasi yang kuat yang mengurangi peradangan konstan jaringan internal otak, sehingga melindungi dari beragam masalah neurologis. Bahan Kayu manis kuat dan alami dapat juga mencegah munculnya beragam penyakit neurodegeneratif termasuk juga Alzheimer, Parkinson, multiple sclerosis, tumor otak serta meningitis.

8. Mengurangi Kolesterol Jahat

Kayu manis bisa secara signifikan mengurangi kadar trigliserida serta LDL (kolesterol jahat) dalam darah, sehingga menurunkan resiko penyakit kardiovaskular. Bahan aktif, polimer methylhydroxychalcone dalam kayu manis dapat juga meningkatkan kemampuan sel-sel Anda untuk proses metabolisme gula hingga 20 kali. Untuk membantu mengontrol kadar kolesterol Anda, cukup dengan taburi sedikit bubuk kayu manis ke dalam kopi atau oatmeal sekali satu hari.

Mengkonsumsi makanan tinggi lemak bisa mengakibatkan kolesterol menjadi tinggi. Untuk menghindari hal ini, campurkan 2 sdm madu dan 3 sdt bubuk kayu manis yang dicampurkan dengan air teh untuk menurunkan kadar kolesterol darah.

9. Mengobati Infeksi Saluran Pernafasan

Kayu manis dipercaya dapat mengobati masuk angin serta flu. Untuk meredakan sakit tenggorokan, berikan 1-2 sendok teh bubuk kayu manis pada secangkir teh hijau. Tambahkan jus lemon untuk membantu memerangi infeksi pernafasan. Untuk batuk pilek bisa membuat campuran air hangat, madu dan seperempat sendok teh kayu manis kemudian diminum dua kali pada satu hari, sesudah sarapan dan sebelum tidur.

10. Mengurangi Nyeri Rematik

Kayu manis sudah ditunjukkan dalam studi untuk mengurangi sitokin yang berkaitan dengan nyeri skibst rematik. Pasien diberikan satu setengah sendok teh bubuk kayu manis yang dipadukan dengan satu sendok makan madu setiap pagi sebelum sarapan bisa membantu mengurangi nyeri setelah satu minggu, dan dapat berjalan tanpa rasa sakit dalam waktu satu bulan. Walau kayu manis begitu berguna untuk kesehatan Anda, jangan berlebihan dalam berpikir Anda akan memperoleh manfaat lebih dengan mengkonsumsi dosis besar pada suatu waktu. Bahkan, kayu manis dengan jumlah besar mungkin saja beracun dan mengakibatkan kerusakan hati. Ibu menyusui dan hamil juga harus berhati-hati saat mengkonsumsi kayu manis.

11. Menambah energi

Madu mengandung energi sehingga bila dikonsumsi dengan teratur bisa meningkatkan energi. Campur satu sendok teh madu dengan satu gelas air hangat dan sejumput kayu manis. Supaya rasanya makin segar, tambahkan perasan air jeruk lemon yang mengandung vitamin C.

12. Kurangi asam lambung

Taburkan bubuk kayu manis pada 2 sdm madu sebelum makan. Hal ini bisa membantu mengurangi keasaman lambung. Selain baik untuk lambung, mengkonsumsi bahan makanan ini sebelum makan juga dapat mengontrol asupan makanan.

13. Menghilangkan lemak

Madu dan kayu manis sangat baik untuk menurunkan berat badan. Terutama bila dikonsumsi saat perut belum terisi pada pagi hari dan malam hari sebelum tidur. Hal ini dilakukan untuk menghindari lemak yang terakumulasi pada badan.

14. Kurangi ngemil berlebihan

Madu dan kayu manis bisa membantu penurunan berat badan yang cepat dan mencegah keinginan ngemil berlebihan. Kayu manis dan madu bisa menghilangkan jamur serta bakteri parasit dalam saluran pencernaan. Selain itu madu juga dapat menstabilkan kadar gula darah.

Efek Samping Kayu Manis

kayu-manis

1. Mendorong Kontraksi Rahim

Sebagian wanita tergoda untuk mengkonsumsi kayu manis saat hamil lantaran bisa menyingkirkan masalah pencernaan serta membantu menghilangkan sakit perut. Namun nyatanya kayu manis bisa memicu kontraksi pada rahim dan pada beberapakasus bahkan juga mengakibatkan persalinan prematur. Oleh karenanya mengkonsumsi kayu manis harus dibatasi, dan tak bisa untuk dikonsumsi setiap hari.

2. Iritasi Kulit

Minyak kayu manis murni bisa mengiritasi kulit, bahkan juga mengakibatkan sensasi terbakar. Hal semacam ini akan lebih beresiko saat mengenai alat kelamin.

3. Peningkatan Denyut Jantung

Orang-orang yang mempunyai penyakit jantung harus juga berhati-hati saat mengkonsumsi kayu manis. Disarankan untuk meminum atau memakan makanan yang hanya mengandung 2% kayu manis untuk mencegah peningkatan denyut jantung yang berlebihan.

4. Tersedak

Menelan bubuk kayu manis tanpa ada air minum bisa mengakibatkan kematian akibat tersedak. Bubuk kayu manis bisa masuk ke paru-paru serta mengakibatkan infeksi yang bisa menyebabkan komplikasi pernapasan parah. Hal tersebut bisa mengakibatkan lemahnya paru-paru (dan kematian bila tidak dipakaikan ventilator). Jika selamat, hal itu bisa mengakibatkan paru-paru mempunyai bekas luka yang bisa mengakibatkan permasalahan medis di kemudian hari.

5. Iritasi Perut

Saat mengkonsumsi kayu manis dalam jumlah yang berlebihan kemungkinan akan mengalami iritasi lapisan perut. Beberapa orang yang telah mempunyai masalah pencernaan seperti sakit maag harus mewaspadainya.

6. Iritasi Mulut

Ekstrak kayu manis yang konsentrat atau minyak kayu manis bisa menyebabkan sensasi tebakar pada mulut dan bisa mengakibatkan iritasi. Oleh karenanya disarankan untuk mengencerkan ekstrak atau minyak kayu manis.

7. Menurunkan Gula Darah Terlalu Besar

Kayu manis sudah dikaitkan dengan penurunan kadar gula darah. Hal ini dapat menjadi masalah untuk penderita diabetes atau orang lain yang perlu menjaga kadar gula darahnya. Bila anda sedang minum obat untuk mengatur kadar gula darah (atau mempunyai penyakit yang terkait dengan gula darah), berkonsultasilah dengan dokter. Perlu diingat kalau terlalu banyak mengkonsumsi kayu manis saat sedang memakai obat penurun tekanan darah juga dapat mengakibatkan penurunan gula darah yang terlalu besar.

8. Gusi Bengkak (Gangvitis)

Beberapa riset sudah menunjukkan kalau memakai produk oral seperti permen karet, obat kumur serta pasta gigi dengan ekstrak kayu manis mungkin akan menyebabkan pembengkakan pada gusi.

9. Pusing dan Sesak Nafas

Mengkonsumsi kayu manis terlebih dalam jumlah terkonsentrasi bisa mengakibatkan pusing atau sesak napas.

10. Penyakit Ginjal

Beberapa orang percaya kalau kayu manis bisa mengakibatkan penyakit ginjal saat dikonsumsi dalam konsentrasi tinggi. Walau belum ada riset khusus yang dilakukan yang mendukung teori ini dan menunjukkan hubungan sebab-akibat langsung antara mengkonsumsi kayu manis dengan penyakit ginjal.

Anjuran Pemakaian

Kayu manis aman bagi kebanyakan orang saat diminum dalam jumlah kurang dari 6 gram dalam satu hari selama 6 minggu atau kurang.
/

SHARE

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan