Home Kesehatan 18 Manfaat Kentang untuk Kesehatan, Kecantikan, dan Program Diet

18 Manfaat Kentang untuk Kesehatan, Kecantikan, dan Program Diet

SHARE

Manfaat Kentang

Manfaat kentang telah lama dijadikan menu diet untuk beberapa orang yang mempunyai keluhan gejala penyakit diabetes. Kentang termasuk juga keluarga umbi-umbian yang datang dari Amerika, dan telah dibudidayakan pada negara-negara lain termasuk juga Indonesia.

Pada negara asalnya sendiri, kentang telah dijadikan makanan pokok untuk penduduknya. Tak mengherankan lantaran kentang adalah salah satu penghasil karbohidrat sebagai sumber energi. Pada kandungan sebuah kentang, tersimpan manfaat yang baik untuk tubuh.

Kentang telah menjadi makanan yang populer di berbagai negara bahkan juga mereka menggunakannya untuk makanan alternatif pengganti nasi dan membantu proses diet secara alami.

Selain itu kentang juga telah menjadi obat alternatif untuk mengobati penyakit kencing manis (diabetes) yang digunakan oleh tabib dan jamu tradisional. Karena kandungan kentang yang memiliki manfaat menetralkan berbagai bakteri serta kuman yang masuk ke dalam tubuh. Bila diolah dalam bentuk apapun, kandungan kentang tidak akan hilang sedikitpun. Karena kadar suhu di dalam kentang tidak berubah-ubah.

Kandungan Kentang

Kandungan yang ada pada kentang terdiri dari 70% nutrisi dan 30% zat-zat lain. Zat-zat lain berupa protein, karbohidrat, kalsium, fosfor, zat besi, potasium, vitamin dan mineral-mineral lainnya. Kandungan kentang ini dapat dijadikan patokan menu makan sehari-hari untuk dikonsumsi lantaran baik untuk kesehatan dalam tubuh. Oleh karena itu konsumsilah kentang dalam bentuk apapun.

Manfaat Kentang Untuk Kesehatan

manfaat-kentang-untuk-diet

1. Kaya akan serat dan mencegah berbagai penyakit

Kandungan serat dalam kentang begitu tinggi sebanding dengan gandum. Serat berguna untuk melancarkan sistem pencernaan dalam tubuh. Sangat dianjurkan untuk dikonsumsi bagi orang-orang yang kurus dan kurang berat badan. Selain itu dapat digunakan juga untuk program orang-orang yang diet. Lantaran kentang bermanfaat untuk mengukur kadar kalori yang akan dibuang oleh tubuh.

Kandungan serat pada kentang bisa mencegah beragam masalah yang muncul dalam sistem pencernaan. Selain itu dapat mencegah munculnya penyakit jantung, kanker prostat dan kanker rahim sesuai dengan riset para ahli gizi. Kandungan vitamin B6 pada kentang bisa menghancurkan tumor dan kristal yang tumbuh sebagai virus dalam tubuh serta mencegah masalah saraf.

2. Pencegahan kanker

Vitamin B6 pada kentang ampuh melawan terjadinya pembentukan tumor dalam tubuh yang sangat memicu kanker, dalam hal ini yaitu kanker prostat pada pria dan kanker rahim pada wanita. Mengkonsumsi kentang akan mencegah tumbuhnya sel kanker dalam tubuh dan sudah banyak studi yang membuktikannya.

3. Mengurangi kadar kolesterol

Manfaat kentang dalam mengurangi kadar kolesterol berasal dari kandungan zat potasium yang cukup banyak dalam dirinya. Seperti yang bisa kita temui pada manfaat pisang, zat potasium membantu menghalangi penimbunan kolesterol dalam darah. Kalori yang rendah pada kentang, bisa menjadi menu diet rendah kolesterol anda, tentu saja tanpa di goreng.

loading...

Kentang mengandung banyak kalori seperti nasi. Tetapi kentang memiliki tekstur yang lembut serta membuat rasa kenyang lebih tahan lama lantaran tumpukan kalorinya seimbang dan kental. Kandungan zat potasium pada kentang berguna untuk menghancurkan tumpukan kadar kolesterol pada sistem pencernaan terlebih pada sistem peredaran darah. Ini perlu kita ketahui supaya selalu mengkonsumsi kentang secara berkala.

4. Mengurangi resiko batu ginjal dan mengurangi peradangan

Memang kandungan kalsium dan zat besi di dalam kentang bisa menyebabkan pembentukan batu ginjal, tetapi magnesium yang kaya pada kentang bisa menolak kalsium yang ada pada jaringan ginjal. Pada orang-orang penderita batu ginjal, kentang bukan merupakan makanan yang dilarang bahkan beberapa menu diet juga melibatkan kentang.

Kentang banyak mengandung zat besi dan kalsium yang akan membuat serta mengendap menjadi batu ginjal dan menyebabkan kadar asam urat dalam sistem peredaran darah. Tetapi kandungan kentang yang banyak magnesium nya bisa mencegah serta menolak endapan batu ginjal di sistem jaringan. Oleh karena itu, kentang terbukti ampuh untuk mencegah dan mengobati batu ginjal. Demikian halnya saran dari para dokter kalau mengkonsumsi kentang untuk penderita batu ginjal sangat baik.

Kentang yang memiliki tekstur halus serta lembut dan mudah untuk diolah bermanfaat untuk mengatasi peradangan baik bagian dalam ataupun luar seperti, peradangan yang ada di mulut, usus dan sistem pencernaan. Selain itu baik untuk mengobati luka bakar, encok, pegal linu, memar dengan cara menggosokannya dan dapat pula dikonsumsi tetapi sebelumnya direbus terlebih dahulu.

5. Kesehatan Tulang

Kentang sangat baik untuk tulang, kandungan zat besi yang ada pada kentang memastikan bahwa kentang sangat membantu pertumbuhan dan kesehatan tulang secara keseluruhan. Zat Besi, kalsium, fosfor, magnesium, serta seng yang ada pada kentang adalah kombinasi sempurna untuk membangun dan membentuk struktur serta kekuatan tulang.

6. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Asupan natrium mesti dikurangi supaya bisa membantu dalam hal menurunkan tekanan darah, tetapi meningkatkan asupan kalium cukup penting untuk menurunkan tekanan darah ini. Sumber zat lain seperti kalium, magnesium, dan kalsium adalah zat yang dipercaya bisa menurunkan tekanan darah bagi anda yang mempunyai tekanan darah tinggi.
Kentang yang memiliki kandungan kalsium, kalium dan magnesium sangat bagus dan bisa dipercaya untuk mencegah serta menurunkan tekanan darah tinggi dalam tubuh.

7. Kesehatan Jantung

Terdapat beberapa zat gizi yang ada di dalam sebuah kentang yang bisa mendukung kinerja jantung yang sehat, yaitu serat, kalium, vitamin C dan vitamin B-6. Kentang juga tak mempunyai kandungan kolesterol yang tinggi. Semua hal ini begitu baik untuk jantung.

8. Membangun dan pembentukan sel

Vitamin B6 adalah salah satu vitamin penting yang dibutuhkan untuk melakukan proses reaksi kimia yang diperlukan untuk membuat sel dalam tubuh. Vitamin B6 dibutuhkan lebih dari 100 reaksi enzimatik, enzim sendiri yaitu protein yang menyebabkan terjadinya reaksi kimia. Sebagian besar protein dan asam amino memerlukan vitamin B6 untuk sintesis dalam pembentukan DNA dalam tubuh. Karenanya vitamin B6 ini dapat diperlukan untuk pembuatan sel sel baru dalam tubuh kita.

10. Meredakan stres dan baik untuk perkembangan otak

Kandungan vitamin B6 yang tinggi juga sangat membantu kesehatan otak dan membantu dalam proses transmisi yang dilakukan di dalam saraf.
Kandungan vitamin B6 dalam kentang bisa meredakan stres dalam pikiran. Lantaran hormon adrenalin bisa memperbaharui sel dan membuat pikiran serta tubuh merasa rileks, menumbuhkan perasaan menyenangkan serta tenang. Diluar itu, Kandungan vitamin B6 juga dapat membantu perkembangan otak dan sistem sarafnya. Kentang juga banyak mengandung tembaga dan zat besi.
Selain untuk kesehatan, kentang juga sangat baik digunakan untuk perawatan kecantikan wajah dan kulit.

11. Kentang Berperan Meningkatkan Sistem Kekebalan Pada Tubuh

Hal ini karena, kentang nyatanya mengandung sumber vitamin C yang diperlukan oleh tubuh. Sehingga dapat menghindarkan seseorang dari berbagai serangan penyakit.

12. Kentang Bisa Melindungi Dari Penyakit Kardiovaskular

Hal ini karena, kentang mengandung sejumlah besar flavonoid yang berperan besar dalam menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah dan melindungi arteri tetap sehat dan jauh dari lemak yang menempel.

13. Kentang Dapat Melindungi Organ Pencernaan Tetap Sehat

Hal ini karena, kentang mempunyai kandungan serat yang cukup tinggi. Selain membuat pencernaan lebih sehat, kentang juga berperan besar untuk mencegah kanker usus besar.

Manfaat Kentang Untuk Perawatan Kecantikan

manfaat-kentang

Kentang telah banyak dijadikan bahan kosmetik maupun bahan racikan kecantikan disalon-salon, lantaran kandungannya yang kaya nutrisi. Jadi tak perlu repot ke salon untuk memperoleh perawatan kentang. Dibawah ini akan dijelaskan bagaimana memanfaatkan kentang untuk perawatan kecantikan:

14. Mengobati Wajah Berjerawat

Keadaan wajah dengan jerawat sangat mengurangi penampilan, untuk mengatasi wajah jerawat dengan cara:
Kentang iris tipis lalu dicuci bersih. Irisan kentang tempelkan pada bagian muka yang berjerawat. Angkat ketika kentang telah keabu-abuan. Bisa digunakan saat ingin tidur malam.

15. Mengatasi bengkak sekitar mata

Rutinitas tidur terlalu lama terkadang menjadikan mata seperti bengkak, untuk mengatasinya cukup dengan kentang yang dicuci serta kupas lalu di parut. Kompres mata dengan kain ke sekitar mata yang bengkak. Pakai beberapa kali, agar bengkaknya mengempis.
Manfaat kentang untuk kecantikan dan kesehatan memang cukup banyak, kandungan nutrisi B6 pada kentang sangat membantu metabolisme dalam tubuh manusia.

Manfaat Kentang Untuk Pengendalian Berat Badan

Berdasarkan sebuah riset, mengkonsumsi kentang dua kali sehari tidak akan mengakibatkan pertambahan berat badan, namun bisa menurunkan tekanan darah. Hanya saja, saat proses pengolahan kentang dan bahan-bahan tambahan yang disajikan dengan kentang harus diperhatikan. Kentang seharusnya tidak digoreng maupun ditambahkan krim keju.

Kentang yang tergolong pada starchy food atau makanan mengandung tepung, saat ini makin banyak dihindari oleh pelaku diet rendah karbohidrat dan diet rendah indeks glikemi. Padahal, kentang terdiri dari bermacam kandungan vitamin, mineral dan zat-zat bermanfaat yang lain. Kandungannya ini berguna sebagai pertahanan tubuh dalam melawan penyakit dan menyumbang pada kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Kentang bisa mengendalikan berat badan lantaran beberapa alasan berikut ini :

  1. Membatasi selera makan dan mengumpulkan serat. Faktor penting untuk menurunkan dan mengelola berat badan yaitu serat pangan. Dalam sistem pencernaan, serat tersebut akan berfungsi sebagai penahan rasa lapar yang bisa membuat rasa kenyang bertahan lebih lama.
  2. Melancarkan sistem pencernaan. Kandungan serat dalam kentang bisa membantu memperlancar pembuangan dari sistem pencernaan serta mencegah sembelit.
  3.  Memproses nutrisi menjadi energi. Kentang kaya kandungan vitamin B6 yang berfungsi memecah karbohidrat dan protein menjadi glukosa dan asam amino, sebagai bahan bakar energi tubuh.

Tips Penyajian

Bila kita ingin mengkonsumsi kentang, sebaiknya perhatikan betul mengenai pengolahan dan penyajiannya supaya tidak salah serta menyebabkan terbuangnya nutrisi dalam kentang dan badan tak dapat menikmati pada penyerapan nutrisinya. Berikut ini beberapa cara pengolahan kentang yang baik serta benar, antara lain :

  • Bila ingin dikonsumsi biasa sebaiknya kentang direbus.
  • Bila ingin bervariasi sebaiknya kentang dibuat soup atau dimasak dengan kecap.
  • Jangan sampai kentang dibakar karena efek pembakarannya buruk untuk kesehatan dalam tubuh.
  • Jangan sampai digoreng, boleh namun tanpa minyak karena akan merusak nutrisi serta timbul efek negatif dalam tubuh
SHARE

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan