manfaat-kentang-untuk-diet

18 Manfaat Kentang untuk Kesehatan, Kecantikan, dan Program Diet

Posted on

Manfaat Kentang

Manfaat kentang telah lama dijadikan menu diet untuk beberapa orang yang mempunyai keluhan gejala penyakit diabetes. Kentang termasuk juga keluarga umbi-umbian yang datang dari Amerika, dan telah dibudidayakan pada negara-negara lain termasuk juga Indonesia.

Pada negara asalnya sendiri, kentang telah dijadikan makanan pokok untuk penduduknya. Tak mengherankan lantaran kentang adalah salah satu penghasil karbohidrat sebagai sumber energi. Pada kandungan sebuah kentang, tersimpan manfaat yang baik untuk tubuh.

Kentang telah menjadi makanan yang populer di berbagai negara bahkan juga mereka menggunakannya untuk makanan alternatif pengganti nasi dan membantu proses diet secara alami.

Selain itu kentang juga telah menjadi obat alternatif untuk mengobati penyakit kencing manis (diabetes) yang digunakan oleh tabib dan jamu tradisional. Karena kandungan kentang yang memiliki manfaat menetralkan berbagai bakteri serta kuman yang masuk ke dalam tubuh. Bila diolah dalam bentuk apapun, kandungan kentang tidak akan hilang sedikitpun. Karena kadar suhu di dalam kentang tidak berubah-ubah.

Kandungan Kentang

Kandungan yang ada pada kentang terdiri dari 70% nutrisi dan 30% zat-zat lain. Zat-zat lain berupa protein, karbohidrat, kalsium, fosfor, zat besi, potasium, vitamin dan mineral-mineral lainnya. Kandungan kentang ini dapat dijadikan patokan menu makan sehari-hari untuk dikonsumsi lantaran baik untuk kesehatan dalam tubuh. Oleh karena itu konsumsilah kentang dalam bentuk apapun.

Manfaat Kentang Untuk Kesehatan

manfaat-kentang-untuk-diet

1. Kaya akan serat dan mencegah berbagai penyakit

Kandungan serat dalam kentang begitu tinggi sebanding dengan gandum. Serat berguna untuk melancarkan sistem pencernaan dalam tubuh. Sangat dianjurkan untuk dikonsumsi bagi orang-orang yang kurus dan kurang berat badan. Selain itu dapat digunakan juga untuk program orang-orang yang diet. Lantaran kentang bermanfaat untuk mengukur kadar kalori yang akan dibuang oleh tubuh.

Kandungan serat pada kentang bisa mencegah beragam masalah yang muncul dalam sistem pencernaan. Selain itu dapat mencegah munculnya penyakit jantung, kanker prostat dan kanker rahim sesuai dengan riset para ahli gizi. Kandungan vitamin B6 pada kentang bisa menghancurkan tumor dan kristal yang tumbuh sebagai virus dalam tubuh serta mencegah masalah saraf.

2. Pencegahan kanker

Vitamin B6 pada kentang ampuh melawan terjadinya pembentukan tumor dalam tubuh yang sangat memicu kanker, dalam hal ini yaitu kanker prostat pada pria dan kanker rahim pada wanita. Mengkonsumsi kentang akan mencegah tumbuhnya sel kanker dalam tubuh dan sudah banyak studi yang membuktikannya.

3. Mengurangi kadar kolesterol

Manfaat kentang dalam mengurangi kadar kolesterol berasal dari kandungan zat potasium yang cukup banyak dalam dirinya. Seperti yang bisa kita temui pada manfaat pisang, zat potasium membantu menghalangi penimbunan kolesterol dalam darah. Kalori yang rendah pada kentang, bisa menjadi menu diet rendah kolesterol anda, tentu saja tanpa di goreng.

Kentang mengandung banyak kalori seperti nasi. Tetapi kentang memiliki tekstur yang lembut serta membuat rasa kenyang lebih tahan lama lantaran tumpukan kalorinya seimbang dan kental. Kandungan zat potasium pada kentang berguna untuk menghancurkan tumpukan kadar kolesterol pada sistem pencernaan terlebih pada sistem peredaran darah. Ini perlu kita ketahui supaya selalu mengkonsumsi kentang secara berkala.

4. Mengurangi resiko batu ginjal dan mengurangi peradangan

Memang kandungan kalsium dan zat besi di dalam kentang bisa menyebabkan pembentukan batu ginjal, tetapi magnesium yang kaya pada kentang bisa menolak kalsium yang ada pada jaringan ginjal. Pada orang-orang penderita batu ginjal, kentang bukan merupakan makanan yang dilarang bahkan beberapa menu diet juga melibatkan kentang.

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan