Manfaat Buah Naga: Mencegah Banyak Penyakit dan Kaya Nutrisi

Jika Anda sedang mencari buah yang rasanya manis, tetapi tidak menggemukkan tubuh, buah naga dapat menjadi pilihan yang pas untuk dikonsumsi. Tidak adanya karbohidrat kompleks membuatnya lebih mudah untuk dicerna tubuh.

Buah naga biasanya tumbuh di Asia Selatan, Asia Tengah dan Asia Tenggara seperti Viet Nam,Thailand, Filipina, termasuk Indonesia. Kulitnya pink dan cukup tebal. Dan satu buah naga biasanya seberat 150-600 gram. Buah naga tidak hanya memberikan berkat bagi warga Viet Nam dan Cina. Buah ini juga bermanfaat bagi semua orang untuk konsumsi, terutama wanita hamil.

Ada tiga jenis buah naga berdasarkan warna daging, yaitu merah, putih dan kuning. Dan buah naga menurut jenisnya dibedakan menjadi empat jenis, meskipun kadang-kadang orang hanya mendiferensiasi menjadi dua, yaitu buah naga merah dan buah naga putih. Hal ini karena warna merah adalah warna dominan dan daging putih dari buah, sedangkan kulitnya bisa berbeda satu sama lain.

Jenis Buah Naga

  • Hylocereus undatus, kulit buah merah tapi daging buah putih
  • Hylocereus polyrhizus, kulit buah merah muda/merah muda sementara daging buahmerah berwarna
  • Selenicereus megalanthus, kulit buah agak kuning dan daging buah berwarna putih
  • Hylocereus costaricensis, baik sangat DermIS dan daging berwarna merah

Keempat jenis buah merah ini sama-sama memberikan khasiat untuk mencegah dan mengurangi risiko penyakit berbahaya seperti kardiovaskular, diabetes, dll. Hal ini karena banyak mengandung vitamin C, B1, serat, asam folat dan karoten.

Ketika dibuka, tekstur daging buah naga yang menyerupai buah kiwi, dengan bintik-bintik hitam yang merupakan biji-bijian buah ini. Daging buah dan biji dapat dikonsumsi langsung secara bersamaan. Biji hitamnya kaya lipid, yang sangat penting bagi pertumbuhan sel.

Kandungan Buah Naga

kandungan buah naga

Dalam buah naga dengan berat 7 ons atau sekitar 200 gram, terkandung hara makro di sekitar:

  • 0.4 gram protein dan 2 gram lemak.
    sebanyak 14 gram karbohidrat tidak rumit, yang terutama terdiri dari glukosa dan fruktosa.
  • Satu gram serat bertindak sebagai probiotik yang membantu membatasi pertumbuhan bakteri berbahaya. Jika diambil secara teratur, dapat membantu meningkatkan kerja saluran pencernaan dan mencegah terjadinya sembelit.

Tidak hanya itu, buah naga juga mengandung banyak mikro-nutrisi yangbermanfaat bagi tubuh, yaitu:

Cukup 8 persen kebutuhan sehari-hari besi. Zat ini memang diperlukan untuk membentuk sel darah merah yang mendistribusikan oksigen di seluruh tubuh.

Memberi asupan vitamin C 15 persen setiap hari. Vitamin C bertindak sebagai antioksidan yang melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Vitamin ini juga memproduksi kolagen dan menyembuhkan luka. Kolagen yang dibutuhkan untuk membentuk tendon, ligamen, tulang rawan, kulit, dan pembuluh darah. Selain itu, Vitamin C juga penting bagi kesehatan tulang dan gigi.

loading...

Memasok 10 persen potassium harian untuk tubuh. Kalium diperlukan untuk mendukung fungsi jantung, otot, saraf, dan saluran pencernaan.

Berisi 9 gram kalsium untuk kesehatan tulang.

Paling penting adalah Buah naga tidak mengandung kolesterol, lemak trans dan lemak jenuh. Jika dikonsumsi secara teratur buah ini dapat membantu menjaga tekanan darah dan mengontrol kadar kolesterol. Sedangkan biji-bijian buah ini kaya asam lemak omega-3 dan omega-6, yang mengurangi risiko gangguan kardiovaskular dan trigliserida.

Selain itu, buah naga juga mengandungi vitamin b. Vitamin B1 ini bermanfaat meningkatkan metabolisme karbohidrat. B2 berperan penting untuk kesehatan kulit, sistem pencernaan, dan sel-sel darah. Sementara selain untuk menjaga kulit yang sehat, vitamin B3 ini juga berguna mengurangi kolesterol jahat.

Merah pigmen dalam buah mengandung antioksidan, yaitu likopen yang dapat mencegah kanker prostat. Fitoalbumin juga terkandung dalam buah ini. Bahan-bahan ini berfungsi untuk menghilangkan logam berat racun dari tubuh.

Studi ini menemukan bahwa mengkonsumsi buah naga dapat berguna meringankan gejala kekakuan arteri yang sering dialami oleh orang-orang dengan diabetes dan menjadi faktor risiko untuk gangguan jantung. Makan ekstrak buah naga juga bermanfaat meningkatkan tingkat antioksidan dalam darah.

Memakan buah-buahan, terutama daging merah dapat membuat air kencing dan tinja juga menjadi berwarna kemerahan. Namun kondisi ini sangat tidak berbahaya.

Selain dikonsumsi langsung, buah ini dapat diolah menjadi jus, jelly, yoghurt, es krim, atau digunakan sebagai campuran bersama-sama seperti salad, kue, dan makanan lainnya. Sementara bunga buah naga juga dapat dikonsumsi atau diolah menjadi teh.

Secara lebih luas, berikut ini manfaat buah naga untuk kesehatan

11 Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan Tubuh

1. Mencegah Kanker

tradisioanal-obat.blogspot.com

Kita tahu bahwa kanker adalah penyakit berbahaya. Penyakit ini sulit dan mahal pengobatannya. Oleh karena itu kita dapat melakukan pencegahan dengan mengkonsumsi buah ini. Kandungan antioksidan dalam buah naga terbukti mengurangi risiko kanker.

2. Mengurangi Risiko Diabetes Mellitus

lchdhealthcare.org

Buah ini mengandung banyak vitamin B3 yang diyakini mampu mengurangi tingkat gula darah. Ketika kadar gula darah dapat dikontrol otomatis resiko diabetes dapat diminimalkan. Bagi mereka yang memiliki diabetes, perbanyaklah mengkonsumsi buah ini sehingga risiko Anda memiliki diabetes semakin kecil.

3. Mengurangi Risiko Serangan Jantung

infokesehatantubuh.com

infokesehatantubuh.com

Seperti kanker, penyakit jantung adalah penyakit yang sangat mematikan. Oleh karena itu lebih baik Anda mengantisipasi daripada harus mengobati. Kandungan yang dimiliki oleh buah naga ini diyakini mengurangi risiko serangan jantung.

4. Menjaga Kesehatan Tulang

kesehatan tulang

Jika Anda ingin menemukan alternatif susu sebagai pemasok utama dari asupan kalsium, Anda bisa mencoba makan buah naga secara teratur. Menurut FAO, kandungan kalsium dan fosfor pada buah naga ini cukup tinggi. Menjaga kekuatan tulang adalah langkah Anda untuk mengurangi risiko osteoporosis dan masalah tulang.

5. Menjaga Kesehatan Mata

kesehatan mata

Manfaat buah naga lainnya dari buah ini adalah betakaroten yang berguna untuk kesehatan mata. Anda dapat mengkonsumsi ini dengan wortel jika Anda sudah mulai bosan dengan menu yang itu-hanya itu. Jika sebelumnya Anda hanya mengkonsumsi jus wortel yang rasanya sedikit aneh, sekarang Anda dapat menggantinya dengan jus buah naga yang sebenarnya lebih sedap daripada jus wortel. Buatlah suatu kebiasaan untuk teratur mengkonsumi buah naga ini sehingga mata dapat lebih sehat.

6. Diet

whatthefatbook.com

whatthefatbook.com

Bagi mereka yang sedang menjalani diet, Anda bisa coba menggunakanasupan gizi buah naga untuk sehari-hari. Buah-buahan ini terkenal kaya serat dan rendah kalori. Anda dapat mengontrol jumlah kalori Anda dengan mudah menggunakan buah naga karena kandungan kalori cukup rendah. Anda juga tidak perlu khawatir tentang lapar karena serat cepat yang dimiliki oleh buah naga sudah cukup untuk membuat Anda kenyang.

7. Anti Penuaan

www.brilio.net

www.brilio.net

Manfaat sebenarnya buah naga tidak hanya untuk Kesehatan, tetapi juga untuk kecantikan. Perawatan untuk selalu tampil cantik dan muda memerlukan pendanaan karena itu Anda cukup bisa mencoba menggunakan buah sebagai alternatif. Nutrisi yang dimiliki oleh buah ini diyakini mampu membersihkan kulit, mengencangkan kulit dan mencegah jerawat.

8. Mempertahankan Sistem Kekebalan Tubuh

carasehat.info

carasehat.info

Bila ingin tubuh Anda tidak mudah terluka, Selain olahraga dan istirahat yangcukup tentu saja Anda perlu untuk memilih makanan yang baik. Vitamin C, protein, dan kalium dalam buah ini dipercaya mampu menangkal penyakit. Jika Anda adalah orang yang mudah sakit selama pergantian musim, Anda harus mencoba untuk mengkonsumsi buah naga secara teratur.

9. Melancarkan Pencernaan

blogoinformasi.com

blogoinformasi.com

Manfaat buah naga yang juga luar biasa adalah membantu Anda jika mengalami masalah pencernaan. Vitamin B1 dan serat larut pada buah naga ini sangat efektif untuk melancarkan pencernaan. Anda dapat membuat jus buah naga sehingga mudah dicerna dan membantu melarutkan penyumbatan di usus.

10. Menjaga Kesehatan Gigi

triviaries.blogspot.com

triviaries.blogspot.com

Ketika Anda memiliki masalah gigi, saya sarankan untuk mengkonsumsi buah ini. Cara termudah Anda dapat mengkonsumsi buah ini dengan cara membuat jus. Kandungan kalsium dan fosfor dari buah naga ini cukup tinggi sehingga dapat menjaga kesehatan gigi.

11. Bermanfaat Untuk Wanita Hamil

www.fahmyramdani.com

www.fahmyramdani.com

Manfaat buah naga untuk wanita hamil sangat besar. Hal ini karena buah ini mengandung asam folat, beta karoten, vitamin, serat dll yang sangat dibutuhkan oleh tubuh dalam proses perkembangan janin. Selain harga yang cukup terjangkau,manfaat buah naga sangat penting untuk kesehatan janin Anda. Mengkonsumsi buah naga secara teratur adalah langkah pertama untuk pertumbuhan dan kesehatan janin Anda.

Nah, itulah manfaat buah naga yang begitu banyak. Sebenarnya masih ada banyak manfaat buah naga karena buah ini dikenal dengan buah seribu manfaat. Beberapa manfaat tentu berasal dari konsumsi secara teratur. Cara mudah untuk mengkonsumsi buah ini adalah jus yang dibuat dari buah naga. Jus buah naga akan dicerna dengan mudah terutama bagi wanita hamil.