12 Manfaat Kolang Kaling untuk Kesehatan Tubuh

Posted on

Manfaat dan Khasiat Buah Kolang Kaling. Buah ini kerap disebut juga dengan nama buah atap, sebagai salah satu cemilan yang terkenal di masyarakat Indonesia. Dengan bentuk buah kolang kaling yang lonjong, kenyal dan berwarna putih. Penampilan itu membuat buah kolang kaling ini begitu menarik serta ditambah lagi dengan kandungan airnya yang begitu banyak.

Buah Kolang kaling bisa dengan mudah untuk Anda jumpai di pasar, terlebih pada pasar tradisional, banyak pedagang yang menjualnya. Diluar itu mudah didapati pada saat Ramadhan atau bulan puasa, disaat itu jumlahnya bisa menjadi semakin banyak. Saat Ramadhan, banyak pedagang di pasar ataupun dirumah yang berlomba-lomba untuk menjualnya. Hal itu lantaran memang pada saat bulan puasa buah kolang kaling ini merupakan salah satu menu berbuka yang paling disukai.

Kolang-kaling pada bahasa Belanda disebut dengan Glibbertjes. Itu mempunyai arti yakni buah dari pohon aren (Arena Pinnata). Buah kolang-kaling ini dikenal memiliki kandungan air yang lumayan tinggi, yakni sampai 93%. Tidak hanya airnya, biji kolang-kaling juga mempunyai kandungan protein sebesar 0, 69 gram, dan kandungan karbohidrat sebesar 4 gram. Buah Kolang-kaling ini kaya akan kandungan potassium, besi, kalsium, vitamin A, vitamin B, vitamin C serta gelatin.

Bentuk dan tekstur buah kolang kaling ini membuatnya terlihat unik, dan begitu cocok sebagai pelengkap es buah. Selain rasanya yang lezat dan memiliki bentuk yang begitu menarik, kolang-kaling juga memiliki kandungan gizi yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita.
Di dalamnya ada kandungan mineral seperti protasium, iron, kalsium, dimana itu semua mempunyai manfaat yang bisa memperlancar proses metabolisme dan membuat tubuh menjadi sangat segar.

Buah kolang kaling ini sangat populer dengan dijadikan campuran es buah atau minuman lainnya, di dalamnya mempunyai berbagai manfaat dan khasiat untuk kesehatan tubuh, berikut di bawah ini penjelasannya.

Manfaat Kolang Kaling bagi Kesehatan

manfaat-kolang-kaling

1. Untuk menguatkan tulang

Orang-orang sangat rajin untuk mengkonsumsi susu lantaran mempunyai kandungan kalsium yang tinggi untuk tubuh, hingga susu sangat berguna untuk pertumbuhan tubuh, terlebih untuk anak-anak yang memang sedang dalam masa pertumbuhan.

Akan tetapi susu mempunyai resiko berupa kalori yang tinggi, sehingga jika dikonsumsi secara berlebihan juga tidak baik lantaran bisa membuat tubuh menjadi kegemukan.

Dan pada buah kolang kaling ini pada setiap 100 gram kolang-kaling mengandung 91 mg kalsium, sedangkan susu sapi murni pada setiap 100 gram susu sapi murni mengandung 125 mg kalsium.

Sehingga dengan begitu mengkonsumsi buah kolang kaling ini juga bisa dijadikan pilihan lain yang cukup baik sebagai sumber kalsium selain dari susu. Jadi, konsumsi kolang kaling secara teratur apabila anda menginginkan tulang anda tidak mudah keropos.

2. Sebagai makanan diet

Diet sehat umumnya sering dilakukan oleh orang yang mengalami obesitas. Tidak mudah melakukan diet lantaran orang yang mempunyai berat tubuh berlebih harus menemukan makanan dan minuman yang sehat serta dapat membuat mereka kenyang untuk kurun waktu yang lama.

Berdasarkan riset yang dilakukan oleh para ahlinya, kalau pada 100 gram buah kolang-kaling ini mengandung hingga 0, 69 gram protein, karbohidrat sebanyak 4, 0 gram, kadar abu sebesar 1 gram, dan serat kasar sebesar 0, 95 gram.

Adapun untuk kadar air pada buah kolang-kaling ini sangat tinggi yakni sampai 94% yang dengan kandungan air setinggi itu membuat buah kolang-kaling jadi begitu segar di badan saat Anda konsumsi.

Lalu pada kolang kaling juga terdapat gelatin yang memiliki efek untuk yang mengkonsumsinya akan timbul rasa kenyang. Hingga jika Anda mengalami keadaan-keadaan nafsu makan yang berlebihan, maka jangan cemas lantaran buah kolang-kaling ini akan membuat nafsu makan yang berlebih itu hilang.

Manfaat kolang kaling salah satunya dapat mengenyangkan anda dalam kurun waktu yang lama lantaran buah yang datang dari pohon enau ini mempunyai kandungan minuman dan gelatin dalam jumlah yang banyak.

3. Sebagai obat radang sendi

Radang pada sendi pastilah akan membuat anda merasa tersiksa lantaran setiap waktu anda dapat terserang nyeri pada daerah sendi. Lantas bagaimana cara mengatasinya? Salah satunya cobalah manfaat dari kolang kaling yang katanya dapat meredakan radang pada sendi.

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan