manfaat-kopi

Manfaat Kopi untuk Kesehatan dan Kecantikan

Posted on

Manfaat Kopi-Kopi yaitu satu diantara minuman yang begitu sehat apabila diminum dalam jumlah yg tidak terlalu berlebih. Lantaran kopi sarat dengan kandungan anti-oksidan serta nutrisi yang berguna untuk tingkatkan kesehatan badan. Sebagian studi tunjukkan kalau peminum kopi mempunyai resiko yang tambah lebih rendah untuk terserang sebagian type penyakit serius.

Manfaat Kopi

Kenikmatan secangkir kopi banyak orang yang mengaguminya, namun dibalik kenimatannya itu, kopi menyimpan bermacam manfaat. Berikut ini adalah manfaat kopi : 

  1. Meningkatkan stamina

Kopi memiliki kandungan zat kafein yang tinggi. Adenosin yang terdapat dalam tubuh bekerja sebagai sel yang mengakibatkan rasa ingin tidur pada otak. Zat kafein yang terdapat didalam kopi mempengaruhi cara kerja sel dan menjadikan pergerakannya lebih lambat. Sehingga membuat perasaan segar lebih lama.

Kopi dan kandungan kafein di dalamnya telah ditunjukkan dalam beberapa studi bisa meningkatkan daya tahan dan kinerja jangka pendek. Sebuah riset di tahun 2008 menyimpulkan kalau manfaat kafein sebelum latihan nampak dalam endurance (ketahanan), momen stop-and-go dan pada kegiatan intensitas tinggi jangka panjang.

Hal ini dapat juga membantu atlet tampil baik sepanjang latihan kekuatan – bahkan juga ketika kurang tidur – bila dikonsumsi satu jam sebelum latihan dengan dosis 4 mg untuk setiap kilogram berat tubuh. 

  1. Mencegah kanker

Antioksidan pada kopi membantu menekan resiko gejala kanker pada tubuh. Riset yang dilakukan di Jepang pada sejumlah wanita yang mengkonsumsi kopi 2 kali sehari, resiko terjadinya kanker usus besar mengalami penurunan sebesar 25%.

Kopi bila tak diminum terlalu banyak krim dan gula atau bahkan malah tak menambahkan keduanya memberi dampak yang besar, seperti mencegah sel-sel kanker dalam tubuh untuk berkembang lebih lanjut. Kopi bekerja dengan begitu baik dalam melindungi tubuh, terlebih dari kanker payudara, kanker hati, prostat, endometrium serta semua penyakit yang behubungan dengan insulin, estrogen, dan obesitas.

Telah diteliti juga oleh Harvard School of Public Health kalau kopi yang dengan atau tanpa kafein dapat membantu mengurangi resiko kanker prostat.

Mengkonsumsi kopi telah dikaitkan dengan penurunan resiko kanker payudara, endometrium, prostat dan kanker hati, serta mereka yang berkaitan dengan obesitas, estrogen dan insulin. Sebuah studi tahun 2008 di Swedia menemukan kalau minum setidaknya dua hingga tiga cangkir kopi dalam satu hari bisa mengurangi resiko atau menunda timbulnya kanker payudara.

Minum kopi ternyata dapat memberikan perlindungan pada pembunuh nomor tiga di dunia yakni kanker hati (liver cancer). Kanker yang merupakan pertumbuhan sel-sel pada tubuh yang tidak normal adalah salah satu pembunuh paling umum yang terjadi di dunia.

Riset memperlihatkan kalau kopi memberikan perlindungan kanker hati dan kanker kolorektal sebesar 40% dan bahkan salah satu riset menunjukkan kalau orang yang minum kopi 4-5 gelas dalam satu hari dapat mengurangi resiko 15% terkena kanker kolorektal. 

manfaat kopi

  1. Kopi menjaga kesehatan mulut

Kopi mempunyai sifat anti bakteri yang baik untuk kebersihan mulut. Hal tersebut bisa membantu penyembuhan gigi berlubang, plak dan infeksi gusi. Tentu saja berpeluang besar untuk menekan resiko kanker mulut. 

  1. Mengurangi resiko diabetes

Penghambatan penyerapan gula bisa dilakukan dengan mengkonsumsi kopi. Kandungan zat asam klorogenat mambantu kinerja hal ini pada penambahan pembentukan insulin. Para ahli sudah membuktikan bahwa penyakit diabetes yang terjadi pada seseorang, bisa diturunkan sebesar 50% karena manfaat kopi.

Manfaat kopi yang lain yaitu untuk mencegah resiko diabetes seperti yang dilaporkan dalam Journal of Agricultural & Food Chemistry pada tahun 2012 ; studi ini sudah menyatakan kalau peluang perkembangan diabetes tipe 2 dapat diperkecil dengan mengkonsumsi kopi.  Pada penderita diabetes tipe 2 umumnya ditemukan serat protein abnormal yang dihasilkan oleh hIAPP, polipeptida. Dengan efek senyawa dalam kopi, hIAPP, polipeptida akan dihalangi serta tidak akan beresiko untuk tubuh.

Diabetes tipe 2 yaitu kondisi yang terjadi apabila badan anda dapat memproduksi insulin namun demikian badan tak mampu merespon dengan baik atau resistensi terhadap insulin. ABC News melaporkan kalau penderita diabetes 2 di negara maju berkembang sampai mencapai 85-90% dari semua tipe pengidap diabetes.

Berdasarkan hasil riset yakni 18 hasil studi yang menggunakan 457. 922 individu. Riset tersebut menunjukkan manfaat kopi dalam menurunkan resiko terkena diabetes 2 (yang memang terjadi biasanya diatas 35 tahun untuk individu normal) sebesar 7% (Source : archinte. zamanetwork). 

  1. Mengurangi resiko penyakit Alzheimer dan Demensia

Alzheimer adalah salah satu penyakit yang biasanya terjadi pada orang yang sudah berumur 65 tahun ke atas. Kopi telah teruji bisa meningkatkan perlindungan pada penyakit yang berhubungan dengan degradasi fungsi saraf.

Alzheimer dan demensia adalah penyakit saraf yang paling tidak mau anda alami. Penyakit ini membuat momen-momen yang pernah anda alami betul-betul menghilang dari kepala anda. Tanpa ada sisa. Oleh karenanya, anda yang berusia 65 tahun atau 65 tahun keatas harus bersiap siap untuk mengalami penyakit ini.

Penyakit Alzheimer dan Demensia dapat dicegah tentunya dengan hidup sehat, konsumsi makanan bergizi terutama untuk kerja sel dan sel saraf. Riset menunjukkan kalau dengan tambahan mengkonsumsi kopi dapat mengurangi resiko terserang penyakit Alzheimer sebesar 65%.

  1. Mencegah Parkinson

Selain alzheimer, parkinson adalah salah satu penyakit yang paling popular yang penyebabnya yaitu degradasi fungsi saraf dalam tubuh manusia. Mengkonsumsi kopi secara teratur bisa meningkatkan perlindungan terhadap penyakit parkinson.

Untuk yang merasa takut dengan penyakit Parkinson bisa merasa lega lantaran di tahun 2000, Journal of American Medical Association sudah menyatakan kalau mengkonsumsi kopi dan kafein bisa mengurangi resiko penyakit ini. Ada lagi studi pada tahun 2010 yang juga sudah membuktikan kalau peluang menderita penyakit Parkinson jadi 25% lebih kecil saat mengkonsumsi sekitar tiga cangkir kopi per harinya. 

  1. Meningkatkan Mood

    Image result for kopi

Banyak orang yang secara tak sadar lebih bergairah dan ceria saat meminum kopi. Kopi memang menjadi salah satu minuman yang bisa meningkatkan mood seseorang. tidak hanya itu, kopi juga dapat memberi efek korelasi pada kebahagiaan. 

  1. Mengurangi Encok

Encok memang kerap dialami oleh banyak orang dewasa yang sudah lewat dari umur 40 tahun dan hal semacam ini dapat diatasi serta bahkan juga dihindari dengan mengkonsumsi baik kopi biasa ataupun kopi yang tidak mengandung kafein. Manfaat kopi, terutama bila diminum sekitar lima cangkir satu hari, dapat mengurangi resiko encok.

Sebuah studi tahun 2007 pada pria yang berumur lebih dari 40 tahun menghubungkan mengkonsumsi kopi jangka panjang dengan rendahnya resiko encok, kondisi peradangan yang dikarenakan oleh peningkatan kadar asam urat. Baik kopi reguler atau yang tanpa kafein akan memberi dampak positif, serta mereka yang minum enam cangkir satu hari mempunyai resiko 60% lebih rendah terhindar dari kondisi encok.

  1. Mencegah Penyakit Empedu

Kopi yang tanpa menggunakan gula dan krim diyakini lebih bermanfaat, terlebih dalam hal mencegahan penyakit batu empedu. Seperti yang sudah dibuktikan ditahun 2002 oleh para peneliti Harvard, resiko batu empedu dapat dikurangi, baik untuk pria ataupun wanita. Setidaknya tiga sampai empat cangkir kopi memanglah perlu dikonsumsi setiap harinya.

  1. Kopi untuk masker wajah

    Image result for kopi untuk masker

Manfaat kopi banyak digunakan untuk pembuatan masker wajah pada salon-salon kecantikan. Manfaat kopi membuat kulit kencang serta mengangkat sel kulit mati. Kopi bisa digunakan sebagai krim anti mikroba untuk pembersih wajah.

  1. Perawatan kulit kepala

Menurut riset, kandungan kafein pada kopi membuatnya sebagai anti kerontokan. Disini antioksidan yang berperan dan bekerja secara aktif untuk melindungi kulit kepala.

  1. Menyegarkan kulit tubuh

Manfaat kopi mengoptimalkan pelepasan sel-sel kulit mati yang beresiko pada peremajaan kulit, hingga kulit terlihat senantiasa sehat dan bersinar. Cukup pakai scrub berbahan kopi untuk perawatan kulit secara teratur.

  1. Manfaat kopi untuk pedicure dan manicure

Aromaterapik bubuk kopi membantu membersihkan siku hitam dan tumit kaki yang retak. Selain itu kopi nyatanya dapat juga dipakai untuk meningkatkan kekencangan kulit tubuh dan untuk membantu menjaga penuaan dini.

  1. Ampas kopi sangat baik untuk mengencangkan wajah

Banyak yang sudah merasakan bagaimana ampas kopi mempunyai peran penting untuk kecantikan. Cukup membuat ampas kopi sebagai masker, dan kemudian dapat memberi  dampak kekencangan pada kulit hingga membuatnya lebih mudah terawat.

2 thoughts on “Manfaat Kopi untuk Kesehatan dan Kecantikan

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan