Home Manfaat Manfaat Kopi untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Kopi untuk Kesehatan dan Kecantikan

SHARE

Manfaat Kopi-Kopi yaitu satu diantara minuman yang begitu sehat apabila diminum dalam jumlah yg tidak terlalu berlebih. Lantaran kopi sarat dengan kandungan anti-oksidan serta nutrisi yang berguna untuk tingkatkan kesehatan badan. Sebagian studi tunjukkan kalau peminum kopi mempunyai resiko yang tambah lebih rendah untuk terserang sebagian type penyakit serius.

Manfaat Kopi

Kenikmatan secangkir kopi banyak orang yang mengaguminya, namun dibalik kenimatannya itu, kopi menyimpan bermacam manfaat. Berikut ini adalah manfaat kopi : 

  1. Meningkatkan stamina

Kopi memiliki kandungan zat kafein yang tinggi. Adenosin yang terdapat dalam tubuh bekerja sebagai sel yang mengakibatkan rasa ingin tidur pada otak. Zat kafein yang terdapat didalam kopi mempengaruhi cara kerja sel dan menjadikan pergerakannya lebih lambat. Sehingga membuat perasaan segar lebih lama.

Kopi dan kandungan kafein di dalamnya telah ditunjukkan dalam beberapa studi bisa meningkatkan daya tahan dan kinerja jangka pendek. Sebuah riset di tahun 2008 menyimpulkan kalau manfaat kafein sebelum latihan nampak dalam endurance (ketahanan), momen stop-and-go dan pada kegiatan intensitas tinggi jangka panjang.

Hal ini dapat juga membantu atlet tampil baik sepanjang latihan kekuatan – bahkan juga ketika kurang tidur – bila dikonsumsi satu jam sebelum latihan dengan dosis 4 mg untuk setiap kilogram berat tubuh. 

  1. Mencegah kanker

Antioksidan pada kopi membantu menekan resiko gejala kanker pada tubuh. Riset yang dilakukan di Jepang pada sejumlah wanita yang mengkonsumsi kopi 2 kali sehari, resiko terjadinya kanker usus besar mengalami penurunan sebesar 25%.

Kopi bila tak diminum terlalu banyak krim dan gula atau bahkan malah tak menambahkan keduanya memberi dampak yang besar, seperti mencegah sel-sel kanker dalam tubuh untuk berkembang lebih lanjut. Kopi bekerja dengan begitu baik dalam melindungi tubuh, terlebih dari kanker payudara, kanker hati, prostat, endometrium serta semua penyakit yang behubungan dengan insulin, estrogen, dan obesitas.

Telah diteliti juga oleh Harvard School of Public Health kalau kopi yang dengan atau tanpa kafein dapat membantu mengurangi resiko kanker prostat.

Mengkonsumsi kopi telah dikaitkan dengan penurunan resiko kanker payudara, endometrium, prostat dan kanker hati, serta mereka yang berkaitan dengan obesitas, estrogen dan insulin. Sebuah studi tahun 2008 di Swedia menemukan kalau minum setidaknya dua hingga tiga cangkir kopi dalam satu hari bisa mengurangi resiko atau menunda timbulnya kanker payudara.

Minum kopi ternyata dapat memberikan perlindungan pada pembunuh nomor tiga di dunia yakni kanker hati (liver cancer). Kanker yang merupakan pertumbuhan sel-sel pada tubuh yang tidak normal adalah salah satu pembunuh paling umum yang terjadi di dunia.

loading...

Riset memperlihatkan kalau kopi memberikan perlindungan kanker hati dan kanker kolorektal sebesar 40% dan bahkan salah satu riset menunjukkan kalau orang yang minum kopi 4-5 gelas dalam satu hari dapat mengurangi resiko 15% terkena kanker kolorektal. 

manfaat kopi

  1. Kopi menjaga kesehatan mulut

Kopi mempunyai sifat anti bakteri yang baik untuk kebersihan mulut. Hal tersebut bisa membantu penyembuhan gigi berlubang, plak dan infeksi gusi. Tentu saja berpeluang besar untuk menekan resiko kanker mulut. 

  1. Mengurangi resiko diabetes

Penghambatan penyerapan gula bisa dilakukan dengan mengkonsumsi kopi. Kandungan zat asam klorogenat mambantu kinerja hal ini pada penambahan pembentukan insulin. Para ahli sudah membuktikan bahwa penyakit diabetes yang terjadi pada seseorang, bisa diturunkan sebesar 50% karena manfaat kopi.

Manfaat kopi yang lain yaitu untuk mencegah resiko diabetes seperti yang dilaporkan dalam Journal of Agricultural & Food Chemistry pada tahun 2012 ; studi ini sudah menyatakan kalau peluang perkembangan diabetes tipe 2 dapat diperkecil dengan mengkonsumsi kopi.  Pada penderita diabetes tipe 2 umumnya ditemukan serat protein abnormal yang dihasilkan oleh hIAPP, polipeptida. Dengan efek senyawa dalam kopi, hIAPP, polipeptida akan dihalangi serta tidak akan beresiko untuk tubuh.

Diabetes tipe 2 yaitu kondisi yang terjadi apabila badan anda dapat memproduksi insulin namun demikian badan tak mampu merespon dengan baik atau resistensi terhadap insulin. ABC News melaporkan kalau penderita diabetes 2 di negara maju berkembang sampai mencapai 85-90% dari semua tipe pengidap diabetes.

Berdasarkan hasil riset yakni 18 hasil studi yang menggunakan 457. 922 individu. Riset tersebut menunjukkan manfaat kopi dalam menurunkan resiko terkena diabetes 2 (yang memang terjadi biasanya diatas 35 tahun untuk individu normal) sebesar 7% (Source : archinte. zamanetwork). 

  1. Mengurangi resiko penyakit Alzheimer dan Demensia

Alzheimer adalah salah satu penyakit yang biasanya terjadi pada orang yang sudah berumur 65 tahun ke atas. Kopi telah teruji bisa meningkatkan perlindungan pada penyakit yang berhubungan dengan degradasi fungsi saraf.

Alzheimer dan demensia adalah penyakit saraf yang paling tidak mau anda alami. Penyakit ini membuat momen-momen yang pernah anda alami betul-betul menghilang dari kepala anda. Tanpa ada sisa. Oleh karenanya, anda yang berusia 65 tahun atau 65 tahun keatas harus bersiap siap untuk mengalami penyakit ini.

Penyakit Alzheimer dan Demensia dapat dicegah tentunya dengan hidup sehat, konsumsi makanan bergizi terutama untuk kerja sel dan sel saraf. Riset menunjukkan kalau dengan tambahan mengkonsumsi kopi dapat mengurangi resiko terserang penyakit Alzheimer sebesar 65%.

  1. Mencegah Parkinson

Selain alzheimer, parkinson adalah salah satu penyakit yang paling popular yang penyebabnya yaitu degradasi fungsi saraf dalam tubuh manusia. Mengkonsumsi kopi secara teratur bisa meningkatkan perlindungan terhadap penyakit parkinson.

Untuk yang merasa takut dengan penyakit Parkinson bisa merasa lega lantaran di tahun 2000, Journal of American Medical Association sudah menyatakan kalau mengkonsumsi kopi dan kafein bisa mengurangi resiko penyakit ini. Ada lagi studi pada tahun 2010 yang juga sudah membuktikan kalau peluang menderita penyakit Parkinson jadi 25% lebih kecil saat mengkonsumsi sekitar tiga cangkir kopi per harinya. 

  1. Meningkatkan Mood

    Image result for kopi

Banyak orang yang secara tak sadar lebih bergairah dan ceria saat meminum kopi. Kopi memang menjadi salah satu minuman yang bisa meningkatkan mood seseorang. tidak hanya itu, kopi juga dapat memberi efek korelasi pada kebahagiaan. 

  1. Mengurangi Encok

Encok memang kerap dialami oleh banyak orang dewasa yang sudah lewat dari umur 40 tahun dan hal semacam ini dapat diatasi serta bahkan juga dihindari dengan mengkonsumsi baik kopi biasa ataupun kopi yang tidak mengandung kafein. Manfaat kopi, terutama bila diminum sekitar lima cangkir satu hari, dapat mengurangi resiko encok.

Sebuah studi tahun 2007 pada pria yang berumur lebih dari 40 tahun menghubungkan mengkonsumsi kopi jangka panjang dengan rendahnya resiko encok, kondisi peradangan yang dikarenakan oleh peningkatan kadar asam urat. Baik kopi reguler atau yang tanpa kafein akan memberi dampak positif, serta mereka yang minum enam cangkir satu hari mempunyai resiko 60% lebih rendah terhindar dari kondisi encok.

  1. Mencegah Penyakit Empedu

Kopi yang tanpa menggunakan gula dan krim diyakini lebih bermanfaat, terlebih dalam hal mencegahan penyakit batu empedu. Seperti yang sudah dibuktikan ditahun 2002 oleh para peneliti Harvard, resiko batu empedu dapat dikurangi, baik untuk pria ataupun wanita. Setidaknya tiga sampai empat cangkir kopi memanglah perlu dikonsumsi setiap harinya.

  1. Kopi untuk masker wajah

    Image result for kopi untuk masker

Manfaat kopi banyak digunakan untuk pembuatan masker wajah pada salon-salon kecantikan. Manfaat kopi membuat kulit kencang serta mengangkat sel kulit mati. Kopi bisa digunakan sebagai krim anti mikroba untuk pembersih wajah.

  1. Perawatan kulit kepala

Menurut riset, kandungan kafein pada kopi membuatnya sebagai anti kerontokan. Disini antioksidan yang berperan dan bekerja secara aktif untuk melindungi kulit kepala.

  1. Menyegarkan kulit tubuh

Manfaat kopi mengoptimalkan pelepasan sel-sel kulit mati yang beresiko pada peremajaan kulit, hingga kulit terlihat senantiasa sehat dan bersinar. Cukup pakai scrub berbahan kopi untuk perawatan kulit secara teratur.

  1. Manfaat kopi untuk pedicure dan manicure

Aromaterapik bubuk kopi membantu membersihkan siku hitam dan tumit kaki yang retak. Selain itu kopi nyatanya dapat juga dipakai untuk meningkatkan kekencangan kulit tubuh dan untuk membantu menjaga penuaan dini.

  1. Ampas kopi sangat baik untuk mengencangkan wajah

Banyak yang sudah merasakan bagaimana ampas kopi mempunyai peran penting untuk kecantikan. Cukup membuat ampas kopi sebagai masker, dan kemudian dapat memberi  dampak kekencangan pada kulit hingga membuatnya lebih mudah terawat.

Kopi mengandung kafein yang sangat bermanfaat. Kafein yang merupakan antioksidan yang kuat dan sebagai polifenol dapat memperkuat pembuluh darah anda serta sangat efektif dalam melindungi kesehatan kulit dan otot anda.

Berdasar pada tanggapan Dermatologist Jeffrey Benabio, M. D (Dikutip dari mensfitness) kalau kopi mempunyai efek anti inflamasi dan dapat membantu pria yang mempunyai kulit yang memerah akibat berolahraga atau hal lainnya.

  1. Menghilangkan kantung mata

Manfaat kopi untuk kulit nyatanya juga tak main-main, bila memiliki masalah kantung mata atau lingkaran gelap yang menghiasi bawah mata, kafein dalam kopi sangat ampuh sebagai solusi. Kompreslah bagian mata panda Anda dengan kopi bubuk yang bisa dicampur dengan air putih sedikit. Hasil optimal seperti yang diinginkan pasti dapat terwujud bila perawatan dilakukan secara teratur. Mata panda dan kantung mata akan memudar seiring berjalannya waktu.

  1. Mengatasi masalah sesulit

Selulit adalah masalah kulit yang umumnya membuat para wanita khawatir, namun dengan kafein yang terdapat dalam kopi, penampakan selulit dapat disamarkan dengan sangat efektif. Caranya yaitu dengan kopi bubuk yang dijadikan scrub. Lalu,  gunakan dengan cara memijat saat mengaplikasikannya ke daerah kulit berselulit, lakukanlah selama beberapa menit. Bukan cuma penggumpalan lemak yang akan dipecah, namun sel kulit mati juga akan diangkat dengan scrub dari kopi bubuk tadi.

  1. Membantu pertumbuhan rambut

Kafein dalam kopi juga bagus untuk menyuburkan rambut dan efektivitasnya sudah dibuktikan. Untuk pertumbuhan rambut yang terasa begitu lambat dan bahkan malah mengalami kerontokan, ini waktunya untuk melirik manfaat kopi untuk rambut satu ini. Cucilah rambut dengan seduhan kopi sesudah mencuci rambut.

Kemudian tunggulah beberapa menit sebelum menggunakan air bersih untuk membilasnya. Pertumbuhan pada rambut diyakini dirangsang oleh kandungan kafein pada kopi. Akar rambut juga akan diperkuat oleh kandungan kafein pada kopi tersebut.

  1. Kopi bisa menghilangkan stress dan depresi

    Image result for kopi penghilang stress

Salah satu manfaat kopi pahit buat kesehatan mental yaitu mengurangi depresi. Sering merasa depresi juga dapat diatasi dengan meminum kopi hingga dapat meningkatkan kualitas hidup dengan baik. Pada tahun 2011, riset di Harvard menyebutkan kalau resiko seorang wanita untuk mengalami depresi bisa berkurang ketika setidaknya mengkonsumsi kopi 4 cangkir dalam satu hari.

Manfaat kopi yang satu inimemang telah dari dulu diketahuiserta bahkan anda sudah menyadarinya. Kopi sangat berguna dalam mengurangi depresi dan bahkan tak membuat anda depresi lagi. Banyak aktivis atau kecilnya, mahasiswa yang bimbang dan sesudah minum kopi banyak tercipta hal-hal yang kreatif dari kegalauannya yang ditemani oleh beberapa cangkir kopi hangat.

Kemampuan kopi dipengaruhi oleh kemampuan kafein dalam merangsang produksi adrenalin sehingga aliran darah tetap dan bertambah cepat hingga dapat menanggulangi saraf-saraf yang stress. Beberapa riset menunjukkan kalau minum kopi 4 cangkir gelas dalam satu hari dapat mengurangi 20% potensi depresi dan riset yang dilakukan pada 208 ribu individu menunjukkan kalau minum kopi 4 gelas dalam satu hari atau lebih dapat mengurangi tingkat bunuh diri sekitar 53%.

  1. Kopi bisa meningkatkan memori

Kopi bisa membantu meningkatkan memori, baik itu memori jangka panjang ataupun pendek. Dalam sebuah studi tahun 2005 yang dipresentasikan pada Radiological Society of North America, para peneliti menemukan kalau mengkonsumsi dua cangkir kopi berkafein dapat meningkatkan memori jangka pendek serta kecepatan reaksi.

Yang lebih menarik lagi, sebuah riset di tahun 2007 menemukan kalau wanita berumur 65 tahun atau lebih yang teratur meminum 3 gelas kopi atau lebih dalam satu hari mempunyai performa lebih baik dalam tes memori dan kurang menunjukkan penurunan memori dibandingkan mereka yang minum hanya satu cangkir kopi dalam satu hari.

  1. Kopi mengandung antioksidan tinggi

Seorang peneliti Harvard, Edward Giovannucci, dalam riset yang diterbitkan dalam “Cancer Epidemiology, Biomarkers & Prevention, ” mencatat kalau kopi mempunyai lebih banyak antioksidan daripada kebanyakan sayuran dan buah-buahan. Bahkan, sebuah studi tahun 2005 menemukan kalau kopi berada dalam urutan pertama sebagai sumber untuk antioksidan dalam pola makan orang Amerika.

Kopi adalah sumber antioksidan yang sangat cukup buat anda yang mempunyai kesibukan tinggi. Dengan dukungan dari kafein dapat memberi anda adrenalin yang cukup dan terbukti sebagai salah satu antioksidan yang cukup serta efektif untuk kebutuhan harian anda. (Source : www. acs. org).

Radikal bebas juga merupakan masalah yang kerap dihadapi, namun kopi dengan kandungan antioksidannya mampu untuk menangani permasalahan ini. Penuaan dini, jerawat, dan kanker dapat dilawan dengan kopi. Untuk hasil yang lebih maksimal dapat dilakukan dengan perawatan yaitu membuat masker sendiri dengan bahan biji kopi. Pakai juga minyak zaitun, beberapa tetes saja sebagai campuran.

  1. Minum Kopi meningkatkan Semangat Kerja dan Membuat Anda Lebih Cerdas

Manfaat minum kopi dapat meningkatkan semangat kerja orang-orang yang kerap mengalami kelelahan. Sudah pasti, harus diikuti dengan mengkonsumsi nutrisi tubuh seperti protein, karbohidrat dan lemak yang cukup serta vitamin. Dengan adanya kafein (caffeine) yang terdapat dalam kopi yang merupakan senyawa psikoaktif yang bersifat stimulan dapat memberikan “boost” untuk daya kerja serta semangat kerja anda.

Tidak hanya meningkatkan semangat kerja, minum kopi pada pagi hari sesudah sarapan pagi juga dapat meningkatkan kemampuan otak dengan kata lain membuat anda “lebih cerdas”. Saat anda minum kopi pada pagi hari, kafein dalam kopi akan masuk kedalam pembuluh darah lalu mengalir kedalam otak.

Kafein yang masuk kedalam otak, akan menghambat kerja adenosin. Adenosin adalah senyawa neurotransmitter inhibitor. Saat hal itu berlangsung, produksi neutrotransmitter yang lain seperti dopamin dan norepinephrin semakin bertambah. Penambahan kedua neutrotransmitter ini dapat meningkatkan kinerja sel sel saraf (neuron) dalam otak.

Sudah banyak percobaan yang menunjukkan manfaat minum kopi terhadap peningkatan manfaat serta kinerja otak. Peningkatan mulai dari segi ingatan (memori), mood, agresivitas, semangat kerja, kecepatan reaksi atau impusl, serta kemampuan kognitif yang lain.

  1. Manfaat Minum Kopi dalam Mempercepat Metabolisme dan Pembakaran Lemak

Manfaat minum kopi pada pagi hari sangat berguna dalam meningkatkan kecepatan metabolisme terutama katabolisme dan peningkatan pada pembakaran lemak (dalam kondisi umum). Kemampuan dan manfaat minum kopi ini tak lain karena ada beberapa kandungan senyawa bioaktif yang ada dalam kopi seperti :

  • Kafein : Stimulan pada kinerja saraf dan sistem saraf pusat
  • Theobromin dan Theophylin : Zat yang hampir sama dengan kafein dan memberi dampak stimulan
  • Asam Chlorogenik : Senyawa bioaktif yang ada pada kopi yang memberi pertolongan dalam penyerapan karbohidrat.

Kopi menurut riset dapat meningkatkan metabolisme sekitar 3-11%. Kopi dapat membantu Anda mempertahankan-atau bahkan juga-menurunkan berat badan. Sebuah studi lama di tahun 1980 menemukan kalau kafein yang ditemukan dalam kopi merangsang metabolisme tubuh, dan itu hanya pada orang “normal, ” sedangkan pada orang yang mengalami obesitas, mereka mengalami oksidasi lemak yang lebih besar.

  1. Manfaat Minum Kopi dalam Mengalokasikan Jaringan Lemak

Manfaat kopi ini sekali lagi berkaitan dengan kemampuan kafein. Kafein dalam kopi merangsang sistem saraf untuk mengirim sinyal kepada sel-sel lemak untuk menghancurkan lemak. Kafein juga meningkatkan kandungan hormon adrenalin yang bermanfaat dalam menghancurkan lemak dan melepaskannya ke dalam aliran darah hingga dapat dikirim ke aliran darah.

Dengan cara itu kopi dapat mengalirkan lemak ke wilayah lain sehingga tidak terlalu menumpuk di satu daerah pada tubuh. Riset lain menunjukkan kalau kafein dapat memberikan dampak peningkatan pada pembakaran lemak sekitar 10% pada penderita obesitas dan 29% pada manusia normal. 

  1. Manfaat Minum Kopi Dalam Tingkatkan Kekuatan Fisik Seseorang

Kekuatan fisik seseorang bisa meningkat dengan meminum kopi. Hal ini sudah terbukti dapat meningkatkan kekuatan fisik seseorang sebesar 10-12%. Dampak ini sebenarnya terkait dengan kerja kafein dalam darah yang meningkatkan metabolisme tubuh dan pembakaran lemak. Seperti yang kita ketahui kalau lemak mempunyai kandungan energi paling tinggi. Sehingga anda yang memang butuh diet dengan cara cepat, minum kafein sebelum ngeGym, dapat memberikan anda penurunan berat yang drastis.

  1. Memberi Nutrisi Bagi Tubuh

Jangan berasumsi kopi hanya air berwarna hitam saja. Selain kafein, kopi juga mengandung nutrisi yang bermanfaat untuk tubuh anda. Menurut data dari nutritiondata. self. com, bahwa dalam satu gelas kopi mengandung :

  • Riboflavin (Vitamin B2) : 11% dari AKG.
  • Asam Pantothenic (Vitamin B5) : 6% dari AKG.
  • Mangan dan Potasium : 3% dari AKG.
  • Magnesium dan Niasin (B3) : 2% dari AKG./box

Meskipun jumlah nutrisi yang ada tidak terlalu banyak, akan tetapi lebih bagus daripada tidak sama sekali.

Note : AKG merupakan angka kecukupan Gizi, sehingga apabila ditulis 5%, maka tinggal mencari 95% lagi supaya memenuhi AKG anda untuk hari ini.

  1. Minum Kopi Melindungi Dari Penyakit Hati (Liver)

Beberapa penyakit disebabkan oleh terdapatnya kerusakan pada hati seperti hepatitis dan penyakit yang lain. Riset menunjukkan kalau minum kopi sangat bermanfaat dalam mengurangi resiko terkena Sirosis hati atau kanker hati sebesar 80%.

  1. Minum Kopi Dapat Mengurangi Resiko Terkena Stroke

Kafein memang terbukti dapat menaikkan tekanan darah, walau demikian hanya dalam jumlah yang kecil, yaitu hanya sekitar 3-4 mm/Hg. Hal itupun berdampak pada yang tidak terlalu terbiasa minum kopi, untuk yang kerap minum kopi, efek itu akan kembali normal.

Meskipun menurut manfaatonline.com anda tak boleh terlalu yakin dengan mitos yang mengatakan kalau minum kopi dapat meningkatkan resiko terkena serangan jantung, bahkan kenyataannya, terbukti beberapa kasus terjadi bahwa minum kopi dalam dosis yang sesuai dapat menyembuhkan maupun mengurangi resiko terkena serangan jantung. Walau demikian, beberapa riset menunjukkan kalau minum kopi bisa menurunkan resiko terkena stroke sebesar 20%.

  1. Manfaat Minum Kopi Sebagai Fountain Of Youth

Maksud dari tagline “fountain of youth” adalah memberikan efek awet muda. Begitu halnya minum kopi secara teratur dan dalam dosis yang sesuai. Memang berlebihan, akan tetapi bisa memberikan efek yang sedikit mendekati dari fountain of youth. Beberapa riset menunjukkan kalau individu yang mengkonsumsi kopi dengan teratur sekitar 4-5 gelas perhari terjadi penurunan resiko kematian sekitar 20%.

Selain itu, kopi mengandung antioksidan yang cukup kuat, dapat memberikan anda kulit yang sehat dan terhindar dari pembengkakan serta peradangan kulit. Begitu juga dengan kanker, terutama kanker saluran pencernaan. Dan bahkan dapat mengurangi resiko terkena stroke, Alzheimer dan diabetes II. Jadi, tak salah 100% bila disebutkan kalau minum kopi itu “Fountain of Youth”. Apalagi biasanya sesudah minum kopi anda akan ter “boost” dengan adrenalin, merasa kembali muda.

28. Selain yang dijelaskan diatas, kopi dapat juga bermanfaat untuk hal berikut :

  • Kopi merupakan teman santai dan kerja terbaik
  • Kopi memberi efek suasana liburan
  • Kopi sebagai pasangan (“istri/suami”) kedua
  • Kopi bisa digunakan untuk menyembuhkan sesak nafas
  • Aroma kopi berefek menenangkan.
SHARE

2 COMMENTS

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan