Home Kesehatan Manfaat Kunyit Putih untuk Kesehatan dan Pengobatan

Manfaat Kunyit Putih untuk Kesehatan dan Pengobatan

SHARE

Manfaat Kunyit Putih

Kunyit putih atau yang kerap disebut dengan temu rapet adalah salah satu jenis rempah-rempah rimpang. Berbeda dengan kunyit kuning yang digunakan untuk bumbu masakan, kunyit putih seringkali digunakan untuk pengobatan. Dalam pengobatan tradisional dan dalam farmakologi China mengatakan kalau tumbuhan yang satu ini mempunyai sifat antara lain anti inflamasi atau anti peradangan, menghentikan peradangan, anti neoplastik (menghambat pertumbuhan sel kanker) dan menambah nafsu makan.

Lebih jauh lagi, sudah dari sejak zaman dahulu kala tanaman ini di China juga sudah digunakan sebagai salah satu bahan pengobatan tradisional. Lantaran disebutkan kalau tumbuhan ini mempunyai sifat : anti inflamasi, menghentikan pendarahan, dan menambah nafsu makan.

Beragam hasil riset juga menunjukkan kalau manfaat kunyit putih salah satunya ialah bisa mengatasi semua penyakit kewanitaan seperti kanker payudara, keputihan, kanker rahim dan mencegah penuaan dini. Pada kunyit putih diketahui juga ada kandungan minyak atsiri yang terdiri atas curcumol dan curdione.

Kunyit putih atau dalam bahasa Latinnya disebut curcuma zedoaria adalah salah satu jenis tanaman kunyit yang ada di Indonesia. Tanaman ini tumbuh rendah dengan daun tebal dan lebar serta mempunyai umbi yang kecil. Bentuk daunnya bundar agak lonjong dengan posisi tegak. Nama lain dari kunyit putih adalah temu putih atau temu rapet

Manfaat kunyit putih menjadi salah satu tanaman obat tradisional yang dipakai banyak orang-orang untuk menangani berbagai masalah kesehatan. Kunyit putih tak seperti dengan kunyit kuning yang umum didapati, lantaran memang agak jarang tanaman ini dijadikan untuk bumbu memasak. Kunyit putih adalah sejenis umbi yang berbuah tahunan, dengan rimpang bulat serta berwarna putih hampir seperti kencur. Selengkapnya tentang manfaat kunyit putih akan dibahas pada artikel ini.

Mengenai kandungan aktif dalam Kunyit Putih, hasil riset American Institute Cancer Report (New York Time) 1 Juni 1999 dan juga oleh pakar Fakultas Farmasi maupun PAU Bioteknologi dan PPOT UGM Yogyakarta menyebutkan kalau Kunyit Putih mengandung :

RIP (Ribosome Inacting Protein) : Berperan menonaktifkan perkembangan sel kanker, merontokkan sel kanker tanpa ada menyebabkan kerusakan pada jaringan sekitarnya, memblokir pertumbuhan sel kanker.

  • Zat Antioksidan : Untuk mencegah kerusakan gen.
  • Zat Anti-curcumin : Sebagai anti-inflamasi (anti-peradangan).
  • Mencegah munculnya batuk berdarah
  • Menyembuhkan sesak napas
  • Menurunkan demam dan sebagai peluruh keringat
  • Membersihkan darah kotor
  • Menyembuhkan penyakit TBC
  • Mengobati batuk berdarah dan menawarkan racun (Antitoksin)
  • Mengobati ambein dan gatal menahun
  • Menangani beberapa masalah kesehatan wanita seperti keputihan, gatal pada bagian organ intim, nyeri haid dan membantu untuk memperkecil rahim sesudah persalinan
  • Mencegah alergi makanan
  • Menyembuhkan kencing manis (Diabetes)
  • Menstabilkan tekanan darah
  • Menurunkan darah tinggi
  • Menyembuhkan sakit asma, darah tinggi, diabetes, sakit jantung, asam urat, serta stroke
  • Menghilangkan jerawat dan bisul
  • Menangani permasalahan pencernaan seperti perut kembung dan diare
  • Mencegah stroke
  • Menambah nafsu makan pada anak-anak dan gairah pada orang dewasa
  • Mengatasi bau mulut, sakit gigi, dan sebagai obat masuk angin
  • Membantu mengurangi kandungan lemak di perut
  • Menyembuhkan sariawan

Manfaat Kunyit Putih Untuk Pengobatan

manfaat kunyit putih

Kunyit putih dapat mengobati berbagai keluhan penyakit, berikut ini resep pengobatan dengan kunyit putih :

Menyembuhkan penyakit maag –

Gejala penyakit maag terjadi lantaran pola makan yang tidak teratur serta mengkonsumsi makanan yang menyebabkan asam lambung terlalu banyak. Sebaiknya kita mengobatinya dengan kunyit putih supaya penyakit tak semakin parah. Caranya : Kunyit putih dibersihkan lalu dipotong-potong. Lalu rebus dengan 500 cc air, rebus sampai airnya tinggal separuhnya. Saring ramuan kemudian dinginkan. Minum selagi hangat dengan ditambahkan madu. Minum 2 kali dalam sehari, dosis 50 cc sekali minum.

loading...

Mencegah kanker payudara –

Selain kanker serviks, gejala kanker payudara sangat ditakutkan oleh para wanita, untuk mengurangi resiko terjadinya kanker payudara ini bisa dengan membuat ramuan dengan kunyit putih. Caranya, kunyit putih dan beberapa bahan lain seperti keladi putih di cuci bersih kemudian dipotong-potong. Rebus dengan air sebanyak 4 gelas, tunggu hingga tinggal setengahnya. Saring lalu dinginkan, kemudian minum dengan campuran madu alami untuk pemanisnya.

Menambah Nafsu Makan –

Hampir sama juga dengan temulawak, kunyit putih juga dapat membantu nafsu makan seseorang. Nafsu makan yang buruk akan membuat Anda mudah capek saat melakukan aktivitas. Ini dikarenakan makanan yang ada di dalam perut tak seimbang.

Menambah nafsu makan juga sangat baik untuk Anda yang menghendaki berat badan Anda naik. Anda dianjurkan untuk secara teratur mengkonsumsi kunyit putih yang akan menambah nafsu makan lebih baik serta berat badan Anda akan mudah naik.

Menurunkan gula darah

Manfaat kunyit putih selanjutnya yaitu untuk menurunkan gula darah. Gula darah yang berlebihan dalam tubuh bisa mengakibatkan penyakit diabetes atau kencing manis. Salah satu penyebab diabetes yang perlu Anda ketahui yaitu karena keturunan, obesitas, kurang bergerak aktif serta kerap mengkonsumsi makanan yang kaya glukosa.

Bila dalam riwayat kesehatan keluarga Anda pernah ada yang mengalami penyakit ini sebaiknya Anda waspada dan berhati-hati. Untuk mencegah penyakit ini, mulailah untuk mengkonsumsi ramuan kunyit putih dengan teratur.

Menyembuhkan luka bakar

Anda dapat juga menggunakan kunyit putih sebagai obat untuk menyembuhkan luka bakar serta penyakit kulit yang lain. Anda juga bisa memanfaatkan kunyit sebagai obat luar dan obat dalam. Untuk pengobatan dalam, Anda dapat menggunakannya sebagai minuman atau jamu kunyit putih. Sedangkan untuk pengobatan dari luar Anda bisa menempelkan kunyit putih yang telah dihaluskan pada kulit yang terluka.

Mengatasi Permasalahan Mulut

Kunyit Putih dapat juga dikunyah sebagai pengurang bau nafas. Rebusannya dapat menyembuhkan sakit gigi, pencernaan dan masuk angin. Untuk pengobatan penyakit kanker juga tumor.

Efek Samping Kunyit Putih

Walaupun kunyit putih adalah tanaman herbal yang sudah banyak dikonsumsi, tetapi setidaknya ada beberapa efek samping pada pemakaiannya, sebagai berikut :

Kunyit putih dapat diperoleh dengan berbagai bentuk baik cairan atau kapsul. Terlalu banyak mengkonsumsi kunyit bisa mengakibatkan kerusakan pada sel darah putih serta sel darah merah. hal tersebut bila terjadi secara terus-menerus bisa mengakibatkan kerusakan pada sel darah merah seperti anemia.

Salah satu kemungkinan ketika mengkonsumsi kunyit putih yaitu penurunan gula darah. Tetapi hal semacam ini harus diwaspadai lantaran bila dikonsumsi terlalu berlebih, gula dalam dapat turun secara drastis. Kondisi ini dapat terjadi, yang dinamakan hypoglycemia atau kondisi tubuh kekurangan gula darah.

Selain sebagai pengobatan, tanaman herbal kerap dimanfaatkan untuk perawatan kecantikan, begitu halnya dengan kunyit putih. Tetapi kunyit putih sedikit beresiko untuk yang memiliki kulit sensitif lantaran penggunaan pada kulit secara terus-menerus bisa mengiritasi kulit.

Walaupun kunyit putih kerap dijadikan pengobatan alternatif, tetapi bisa menurunkan keefektifan obat medis bila digunakan secara bersamaan. Sehingga perlu pengawasan dokter bila ingin mengkonsumsinya.

Untuk ibu hamil dan menyusui juga perlu menghindari penggunaan kunyit putih secara langsung (dimakan). Lantaran kandungan zat dalam kunyit putih itu bisa membahayakan janin sampai mengakibatkan keguguran serta gangguan usus besar.

 

Semoga informasi manfaat kunyit putih ini berguna bagi pembaca!

SHARE

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan