30 Manfaat Lemon untuk Wajah, Kesehatan, Diet Dan Lain-lain

Manfaat Lemon. Buah lemon menjadi salah satu jenis jeruk yang banyak dinikmati, serta dipakai dalam sejumlah perawatan kecantikan alami. Buah lemon memiliki rasa yang asam, tetapi sangat menyegarkan. Sari lemon kerap dijadikan sebagai campuran dalam berbagai masakan. Namun ternyata lemon juga sangat baik untuk kesehatan tubuh. Dibawah ini penjelasan selengkapnya tentang manfaat lemon untuk kesehatan serta kecantikan.

Kandungan Nutrisi Lemon

Lemon memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan maupun kecantikan. Hal tersebut bersumber dari sejumlah nutrisi baiknya. Menurut database nutrisi USDA National, satu lemon mentah, tanpa kulit (sekitar 58 gram) menyediakan :

  • 17 kalori
  • 0, 6 gram protein
  • 0, 2 gram lemak
  • 5, 4 gram karbohidrat (termasuk 1, 6 gram serat dan 1, 5 gram gula)
  • 51 % kebutuhan vitamin C harian

sejumlah kecil zat thiamin, riboflavin, vitamin B-6, asam pantotenat, kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, tembaga dan mangan.
Satu ons cairan jus lemon menyediakan 7 kalori, 0, 1 gram protein, 0, 1 gram lemak, 2, 1 gram karbohidrat (termasuk 0, 1 gram serat dan 0, 1 gram gula) dan 23% dari kebutuhan vitamin C harian.

Manfaat lemon

manfaat-lemon

1. Memperlancar Pencernaan

Pembuangan sisa pencernaan bisa lebih mudah dengan mengkonsumsi jus lemon secara teratur. Lemon meningkatkan gerakan peristaltik di perut, membantu buang air besar dengan teratur sehingga dapat menghilangkan limbah tubuh dengan baik. Lemon seperti pemurni darah dan agen pembersih, sehingga merupakan minuman yang baik sesudah makan siang atau makan malam.

Lemon juga membantu permasalahan pencernaan lain seperti rasa mual saat asam lambung naik, tetapi harus berhati-hati lantaran lemon tak cocok dengan susu. Saat bangun tidur di pagi hari, meminum air hangat dengan tambahan jus lemon didalamnya merupakan hal yang baik. Tak semua makanan bisa diolah dengan baik oleh tubuh. Untuk membantu proses pembuangan racun, air lemon bisa membantu saluran pencernaan Anda.

Nyatanya, dengan mengkonsumsi air lemon juga dapat membantu meringankan permasalahan pencernaan, seperti mulas, mual, perut kembung, sendawa, ataupun masalah sembelit (sulit buang air besar).

Dengan mengkonsumsi ramuan tersebut secara teratur akan membantu memicu saluran pencernaan. Dorongan peristaltik pada dinding usus, bermanfaat untuk membantu pengeluaran limbah atau beberapa sisa pencernaan secara efisien. Hal itu akan membantu mengobati masalah sembelit.

2. Menstabilkan Tekanan Darah Tinggi

Kandungan kalium didalam lemon sama juga dengan yang terdapat pada manfaat pisang, yang begitu baik dikonsumsi oleh penderita penyakit jantung. Kalium mengontrol tekanan darah yang tinggi, pusing serta mual, lantaran memberikan sensasi menenangkan untuk kedua pikiran dan tubuh. sehingga buah lemon banyak dipakai untuk mengurangi stres mental dan permasalahan depresi.

Karena di dalam air lemon terdapat sejumlah kalium yang begitu berguna dalam menolong mengontrol desakan darah,hal initentunya akan sangat bermanfaat untuk mereka yang alami masalah hipertensi (tekanan darah tinggi) karena dengan mengkonsumsi air lemon secara teratur akan membantu mereka membuat tekanan darah jadi normal dan bisa memberi dampak relaksasi pada pikiran.

loading...

Dengan begitu akan membantu dalam mengurangi tingkat stress ataupun depresi yang berlebihan. Hal itu nantinya bisa mengarah pada timbulnya berbagai macam jenis penyakit kronis seperti diabetes, serangan jantung, ataupun stroke.

3. Mengatasi Sakit Tenggorokan

Bukan hanya tanaman herbal seperti jahe yang dapat meredakan batuk, tetapi lemon sangat bagus untuk mengatasi penyakit tonsilitis (teggorokan). Cukup hanya dengan kumur menggunakan air hangat yang sudah ditambahkan dengan satu sendok teh jus lemon. Untuk batuk dan pilek, berikan air hangat yang sudah ditambahkan sedikit madu. Untuk asma, setengah sendok teh jus lemon, dengan secangkir air hangat sebelum makan.

4. Menghentikan Pendarahan Internal

Kandungan antiseptik di dalam buah lemon dapat menghentikan pendarahan internal dalam tubuh. Celupkan kapas kecil pada air perasan lemon serta letakkan ke dalam hidung, untuk menghentikan pendarahan pada hidung.

5. Menjaga Kesehatan Mulut

Lemon bisa dipakai dalam pembersihan rutin gigi, tetapi jauhkan pasta gigi yang memiliki kandungan lemon pada mata. Jus lemon bisa diaplikasikan pada bagian gigi yang sakit, bisa membantu dalam menyingkirkan rasa sakit. Selain itu, lemon juga menghilangkan bau mulut yang bisa berasal dari berbagai penyakit dan kondisi gusi.

6. Detoksifikasi Racun Dalam Tubuh

Kadang-kadang makanan yang kita konsumsi, tak semuanya mengandung zat yang baik. Zat racun yang berbahaya dan menumpuk pada tubuh ini, tak baik untuk kesehatan. Mengkonsumsi jus lemon, membantu menghilangkan racun itu dan mengeluarkannya bersamaan dengan sisa metabolisme lain.

Jus lemon adalah pembersih darah karena membantu tubuh untuk membuang toksin atau racun. Ia juga mempunyai 22 senyawa anti kanker dan memperlambat pertumbuhan tumor kanker. Setelah radiasi serta kemoterapi, ia dapat menghilangkan jejak sisa radiasi dan memurnikan darah. Lemon juga menunjang sistem kekebalan tubuh dan baik sebagai anti depresan.

7. Vitamin C dan Berat Badan

Di tulis dalam artikel yang diterbitkan dalam “Journal of the American College of Nutrition” pada tahun 2005, vitamin C berbanding terbalik dengan massa tubuh. Para peneliti menunjukkan hasil kalau asupan vitamin C yang cukup dapat membantu tubuh dan memicu serangkaian reaksi kimia yang memecah lemak tubuh serta bermanfaat sebagai energi.

Manfaat buah-buahan kaya akan kandungan vitamin C, begitu juga di dalam buah lemon yang tinggi dan merupakan alasan untuk efek yang kuat dari kombinasi ini. Air lemon mempunyai indeks glikemik rendah yang membuat gula darah Anda tetap stabil dan membuat Anda merasa kenyang serta merasa berenergi lagi. Serat pektin di lemon juga membantu mencegah kelaparan.

Manfaat mengkonsumsi air lemon hangat dengan campuran madu secara teratur diakui bisa membantu dalam sistem penurunan berat badan dengan lebih cepat. Hal semacam ini akan sangat bermanfaat untuk mereka yang mengalami masalah obesitas serta tengah berusaha untuk melakukan diet ketat supaya berat badan kembali normal.

Manfaat serat pektin dalam lemon bisa membantu badan untuk merasa kenyang lebih lama. Air perasan lemon juga sangat berguna untuk mengurangi berat badan. Manfaat lemon untuk diet masih dianggap mitos, padahal ini adalah kenyataan. Lemon dapat membantu memperlancar metabolisme tubuh. Untuk memakai lemon sebagai penurun berat badan, caranya begitu mudah. Cukup dengan mencampur jus lemon dengan sedikit madu dan air, minum dua kali sehari, pagi hari dan siang hari.

8. Mengatasi kulit kering pada tumit dan lutut

Potongan jeruk lemon bisa mengatasi permasalahan ini. Gosokkan potongan jeruk lemon pada sisi kulit kering, seperti pada tumit dan lutut, biarkan sampai meresap ke kulit. Tak perlu di basuh dengan air kembali.

9. Masker lemon mencerahkan kulit

Untuk kulit berminyak, pasti sangat bermasalah sekali bila kulit wajah terlihat berkilap. Campuran sari jeruk lemon dengan madu, bisa dijadikan masker. Gunakan secara rutin, manfaat madu dan lemon ini, untuk memperoleh hasil kulit wajah yang terlihat lebih segar serta cerah. Hebatnya, vitamin C juga membantu mengurangi keriput dan noda di wajah.

10. Memperkecil pori-pori kulit

Pori-pori muka yang tampak agak melebar sangat mengganggu penampilan. Rawatlah kulit wajah dengan air jeruk lemon. Sari jeruk lemon disimpan dalam lemari es, lalu jus lemon dioleskan pada wajah dan tunggu sampai meresap, kemudian bersihkan dengan air. Lakukan hal ini setiap pagi, tapi jangan sampai lebih dari 1 minggu karena kulit wajah bisa kering.

11. Mengurangi ketombe

Campurkan sari jeruk lemon dengan minyak zaitun hangat. Pijat kepalamu perlahan-lahan dengan campuran lemon tadi serta diamkan selama 15 menit dan kemduian cuci rambutmu dengan air serta gunakan conditioner rambut. Manfaat lemon akan membuat ketombe berkurang dan manfaat minyak zaitun memberikan kelembapan alami pada rambut. Tentu saja dengan pemakaian yang teratur.

Lemon sangat baik untuk kesehatan rambut. Kandungan dalam lemon begitu baik untuk merawat kesehatan kulit kepala dan juga rambut. Manfaat lemon untuk rambut begitu banyak, salah satunya yakni bisa mengatasi rambut rontok. Rambut rontok umumnya disebabkan oleh ketombe serta kerusakan pada akar.

Dengan memakai lemon, Anda dapat menghilangkan ketombe serta memperkuat akar rambut. Cara memakainya begitu mudah, gunakan air lemon untuk masker sebelum keramas. Usapkan air lemon rata pada rambut sembari dipijat, diamkan 5 hingga 10 menit lalu cuci dengan air bersih. Pakai setiap sebelum keramas.

Kita mungkin sering mendengar saran untuk mengkonsumsi air hangat ditambah dengan perasan lemon dan diminum pada pagi hari. Selain untuk pembersihan racun yang ada di dalam tubuh, minum air lemon ini diakui bisa membuat kulit lebih cerah. Apakah benar?

Manfaat Air Lemon

manfaat-air-lemon

Simak penjelasan fakta mengkonsumsi air lemon, seperti dikutip Allwomenstalk, Jumat (23/10/2015) dibawah ini :

1. Hidrasi

Saat tidur, Anda menghabiskan waktu berjam-jam membiarkan perut kosong. Walhasil, tubuh Anda mengalami dehidrasi, tentu tubuh tidak bisa melakukan semua fungsi yang tepat. Hal semacam ini mengakibatkan penumpukan racun, stres, sembelit dan sebagainya.
Nah, air perasan lemon pada pagi hari ini bisa membantu Anda mencegah dehidrasi sekaligus membuang racun yang ada di dalam tubuh anda.

2. Napas segar

Napas bau di pagi hari tidak bisa dihindari. Air lemon inilah jawaban alam untuk mengurangi bau mulut tidak enak sepanjang hari. Selain membuat napas segar, lemon juga membantu meredakan sakit gigi dan radang gusi. Keuntungan lainnya, antioksidan tinggi dan senyawa antibiotik juga dapat membantu mengurangi bau badan.

3. Mencegah minum kafein

Cobalah untuk minum air lemon hangat pada pagi hari, bukannya kopi. Kopi mempunyai sifat diuretik yang membuat Anda buang air kecil terus menerus. Mengkonsumsi air lemon hangat bisa pula dipakai sebagai alternatif untuk menggantikan konsumsi produk yang mengandung kafein. Hal ini akan membantu memberikan dampak kesegaran dalam tubuh. Jadi kenapa tak beralih ke air lemon yang bisa melancarkan saluran pencernaan?

4. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Vitamin C membantu sistem kekebalan tubuh dengan memerangi pilek dan flu, serta membantu penyerapan zat besi ke dalam aliran darah Anda. Asam askorbat (bentuk vitamin C) pada air lemon juga membantu penyembuhan luka serta peradangan sendi Anda.

5. Meningkatkan mood

Aroma lemon bisa meningkatkan suasana hati juga, lho. Dan juga membantu mengurangi kekhawatiran serta depresi lantaran menjaga saraf Anda untuk tetap tenang.

6. Merangsang fungsi hati

Kandungan senyawa alami yang ada dalam manfaat air lemon dapat melarutkan kandungan asam urat dan racun berbahaya lainnya yang bersarang pada organ hati. Selain itu, air lemon berguna juga untuk membantu memecah batu empedu dan bisa meringankan demam akibat malaria.

Kandungan kalium di dalam air lemon bisa membantu menyembuhkan gejala gangguan pada organ hati atau yang umumnya disebut biliousness seperti sembelit, muntah, hilangnya nafsu makan, dan pusing. Karenanya, untuk yang sedang mengalami masalah fungsi hati, sebaiknya mengkonsumsi air lemon hangat pada pagi hari secara teratur, yakni satu jam sebelum Anda sarapan.

7. Membersihkan tubuh dari bakteri

Dalam bukunya yang berjudul “Back To Eden” Jethro Kloss menyatakan kalau Ekstrak air lemon bisa membantu menghilangkan penumpukan bakteri di dalam tubuh (sepsis) yakni dengan mempengaruhi kemampuan anti scourbutic tubuh dalam mencegah penyakit serta membersihkan tubuh dari kotoran.

Menurut Dr. Gillian McKeith dalam bukunya yang berjudul “You Are What You Eat” juga memaparkan kalau dengan mengkonsumsi satu gelas air lemon hangat pada pagi hari setelah bangun tidur, bisa membantu membersihkan lendir yang tak berguna dalam tubuh. Tetapi ia juga merekomendasikan untuk mengkonsumsi air lemon pada malam hari sebelum tidur.

8. Membantu meredakan demam

Mengkonsumsi campuran air lemon hangat dengan madu bisa membantu meredakan gejala-gejala flu seperti demam. Konsumsi ramuan tersebut setiap dua jam sampai gejala flu itu mereda.

Manfaat Lemon lainnya untuk Kesehatan dan Kecantikan

1. Sebagai aromaterapi

Beberapa hasil riset sudah menunjukkan kalau kandungan minyak essential dalam buah lemon bisa membantu memberikan dampak yang menenangkan dan meringankan kelelahan, pusing, gelisah, gugup, dan ketegangan. Hal ini akan membantu meningkatkan konsentrasi serta kewaspadaan seseorang.

Para pakar sudah merekomendasikan untuk menggunakan aroma lemon untuk membuat ruangan kerja ataupun rumah menjadi lebih segar. Atau dapat juga dengan mengambil beberapa tetes kandungan minyak essential lemon serta mengaplikasikannya pada sapu tangan untuk mengurangi rasa tegang.

2. Membantu perawatan gigi

Untuk Anda yang tengah mengalami permasalahan sakit gigi, cobalah untuk menerapkan ekstrak lemon pada daerah yang terasa sakit. Hal ini akan membantu menyingkirkan rasa tidak nyaman tersebut . Selain itu, ekstrak lemon bisa membantu menurunkan gejala gusi berdarah, mencegah bau mulut, dan mengatasi masalah gusi yang lain.

3. Mengurangi peradangan

Tingkat keasaman di dalam tubuh yang mengakibatkan berbagai jenis penyakit berbahaya bisa diatasi dengan rutin mengkonsumsi air lemon. Hal ini akan menghilangkan asam urat dalam sendi, yang merupakan penyebab utama terjadinya peradangan.

4. Membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Dalam buah lemon sangat banyak terdapat Vitamin C. Hal tersebut sangat berguna untuk membantu menjaga sistem kekebalan tubuh supaya tetap sehat. Kandungan manfaat vitamin C dalam lemon bisa juga membantu menurunkan stress.

5. Menjaga kesehatan otak dan saraf

Lemon sarat akan kandungan kalium yang sangat berguna untuk menjaga fungsi otak dan saraf supaya bisa berfungsi secara optimal.

6. Melawan infeksi

Dengan mengkonsumsi air lemon hangat secara teratur merupakan cara yang efektif dalam menurunkan resiko terjangkit berbagai macam penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus, seperti sakit tenggorokan, ataupun masalah kesehatan yang lain.

7. Membantu mengobati jerawat

Kandungan asam sitrat dalam jeruk lemon bisa membantu mengatasi masalah jerawat secara efektif. Vitamin C yang ada di dalamnya bisa membantu membunuh bakteri jahat yang mengakibatkan jerawat dan dapat juga memberi efek pada kulit menjadi terlihat lebih berseri. Jadi, selain sebagai bahan konsumsi, air lemon dapat juga diaplikasikan pada kulit sebagai masker atau dengan diaplikasikan pada daerah yang terkena jerawat pada malam hari sebelum tidur.

Pada awal pemakaian mungkin saja akan timbul sensasi terbakar, pedih, ataupun rasa tak nyaman pada kulit. namun hal itu akan menghilang dengan segera. tahap selanjutnya yang perlu Anda lalukan yaitu dengan membersihkan atau mencuci muka keesokan harinya dengan air bersih.

8. Membantu menghilangkan sel-sel kulit mati

Lemon adalah salah satu buah yang mengandung AHA (Alpha-Hidrocxy Acid). Kandungan itu bisa membantu dalam sistem pengelupasan sel-sel kulit mati. Caranya cukup mudah, yakni dengan mengaplikasikan ekstrak air lemon pada kapas kemudian dioleskan ke seluruh wajah pada saat membersihkan wajah. Diamkan hal tersebut kurang lebih selama 10 menit lalu bilas. Hal ini akan membuat kulit terlihat lebih lembut dan berseri-seri.

9. Menghilangkan noda di kulit

Manfaat antioksidan yang ada di dalam air lemon bukan hanya bisa membantu menghilangkan berbagai macam keluhan dikulit. Hal ini dapat juga menghilangkan keriput, bekas luka, ataupun bintik-bintik usia yang nanti bisa membantu mencerahkan kulit.

Selain berguna untuk rambut, lemon juga sangat baik untuk kulit. Manfaat lemon untuk kulit sangat banyak, diantaranya yakni bisa menghilangkan sel-sel kulit mati. Bukan hanya bisa menghilangkan sel kulit mati pada kulit tubuh, namun lemon dapat juga menghilangkan sel kulit mati yang ada di wajah.

Sel kulit mati yang terangkat akan membuat wajah menjadi cerah serta bersih. Cara menggunakannya sangat muda, irislah lemon menjadi beberapa bagian, oleskan secara rata pada wajahdan kulit tubuh kemudian diamkan 15 menit baru setelah itu basuh dengan air hangat.

10. Sebagai bahan penyedap

Selain bermacam manfaat diatas, air lemon umumnya juga dipakai sebagai bahan penyedap berbagai jenis masakan seperti kue, ataupun berbagai bumbu masakan yang lain.

11. Lemon obat maag

Manfaat dari buah lemon yang terakhir yakni untuk mengobati maag. Tentu banyak dari Anda yang tidak yakin kalau lemon bisa mengatasi maag. Manfaat lemon untuk maag memang telah terbukti. Lemon bersifat basa, sedangkan lambung yang maag bersifat asam, jadi basa bertemu asam akan normal.

Efek samping Air Lemon

Air lemon mempunyai kandungan PH yang sangat rendah, yakni sekitar 2. 0. Untuk mereka yang sensitif, mengkonsumsi air lemon yang asam kadang-kadang bisa menyebabkan beberapa resikonya seperti sensasi terbakar jika bersentuhan dengan mulut, lidah, ataupun bibir yang terluka. Selain itu, mengkonsumsi air lemon dalam jumlah yang besar, dapat juga memperburuk berbagai jenis penyakit seperti ulkus lambung.

1

No Responses

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan