Header Ad

Manfaat Mempelajari Ilmu Biologi dalam Berbagai Bidang

October 30, 2017
14 Views

Manfaat Biologi – Mempelajari ilmu Biologi yang berkaitan dengan kehidupan pastinya akan memberikan berbagai manfaat di kehidupan kita. Bahkan dalam berbagai bidang, ilmu Biologi masih bermanfaat untuk membuat kehidupan manusia menjadi lebih baik.

Manfaat Mempelajari Ilmu Biologi dalam Berbagai Bidang

Seperti di bidang kedokteran, kesehatan, industri, pertanian, peternakan, serta masih banyak lagi manfaat di bidang-bidang kehidupan lainnya.

Manfaat Mempelajari Ilmu Biologi dalam Berbagai Bidang

Manfaat Biologi

Semakin hari masalah kehidupan pasti akan selalu bemunculan dan silih berganti, tak lepas dari permasalahan biologi juga, seperti masalah kesehatan, lingkungan, pangan, kebutuhan energi, dan permaslahaan biologi lainnya.

Manfaat Mempelajari Ilmu Biologi dalam Berbagai Bidang

Hal ini memicu para ilmuan biologi untuk melakukan penelitian atau riset serta mengembangkan teknologi-teknologi yang ramah dengan lingkungan.

Manfaat Mempelajari Ilmu Biologi dalam Berbagai Bidang

Karena itu, belajar lah Biologi walaupun Anda kurang begitu suka. Semoga itu akan bermanfaat nantinya untuk kehidupan Anda, orang sekitar Anda, lingkungan sekitar Anda, juga seluruh kehidupan di dunia.

Manfaat Mempelajari Ilmu Biologi dalam Berbagai Bidang

Ya, karena Biologi akan senantiasa bermanfaat dalam perkembangan kehidupan manusia dan bumi ini. Seperti yang telah diterapkan dalam berbagai bidang berikut ini.

Manfaat Mempelajari Ilmu Biologi dalam Berbagai Bidang

Manfaat Biologi dalam Berbagai Bidang

1. Biologi sebagai Ilmu Dasar

Belajar biologi dasar di sekolah akan memberikan pemahaman dan manfaat bagi yang mempelajarinya, antara lain:

Manfaat Mempelajari Ilmu Biologi dalam Berbagai Bidang

Manfaat mempelajari biologi dapat memberikan pemahamann lebih mendalam kepada diri seseorang yang dapat diterapkan sebagai dasar untuk meningkatkan taraf hidupnya.
Memberikan pengetahuan berbagai sumber daya hayati yang bermanfaat bagi pemenuhan kebutuhan hidup manusia.
Memberikan pengetahuan untuk melakukan konservasi terhadap sumber daya hayati agar tidak punah.
Mempengaruhi manusia agar melakukan diversifikasi pemanfaatan sumber daya hayati sehingga diperoleh sumber baru yang berbeda

Manfaat Mempelajari Ilmu Biologi dalam Berbagai Bidang

2. Manfaat dalam Riset Ilmiah

Mempelajari biologi semakin mendalam, para ilmuan mampu melakukan berbagai riset atau penelitian yang bermanfaat untuk manusia. Dari yang sederhana hingga yang luar biasa seperti menciptakan makhluk-makluk rekaya, seperti ikan yang menyala di saat gelap.

Manfaat Mempelajari Ilmu Biologi dalam Berbagai Bidang

Pernah dengar infonya? Ya, itulah ikan yang gennya telah disisipi dengan unsur Fosfor yang mampu digunakan untuk indikator pencemaran lingkungan.

Manfaat Mempelajari Ilmu Biologi dalam Berbagai Bidang

3. Manfaat di Bidang Kesehatan

Manfaat Biologi dalam bidang kesehatan sudah pasti banyak sekali, seperti mempelajari struktur tubuh manusia baik secara anatomi (bentuk luar), fisiologi (bentuk dan fungsinya), histologi (jaringan tubuh) dan lainnya. Yang semuanya itu sebagai dasar untuk menjaga kesehatan tubuh manusia.

Manfaat Mempelajari Ilmu Biologi dalam Berbagai Bidang

Termasuk juga ketika sakit, sudah ada banyak obat penyembuh mulai dari antibiotik, vaksin, maupun obat suplemen atau nutrisi untuk menunjang kesehatan tubuh manusia.

Manfaat Mempelajari Ilmu Biologi dalam Berbagai Bidang

4. Manfaat di Bidang Farmasi (obat-obatan)

Manfaat Biologi dalam bidang Farmasi (obat-obatan), dapat menunjang penerapan obat dan eksperimen penyembuhan penyakit dengan obat-obatan tertentu sebelum diproduksi untuk manusia.

Manfaat Mempelajari Ilmu Biologi dalam Berbagai Bidang

Dengan kombinasi ilmu kimia atau Biokimia, maka dapat diketahui zat-zat atau senyawa kimiawi yang diproduksi oleh tubuh, yang mana jika senya kimiawi tersebut tidak bisa dihasilkan oleh tubuh maka bisa diganti dengan senyawa yang diproduksi secara manual dan dimasukkan ke tubuh.

Manfaat Mempelajari Ilmu Biologi dalam Berbagai Bidang

5. Manfaat di Bidang Kedokteran

Pernah dengar kata transplantasi? Ya, istilah ini sudah populer di abad 20, yang merupakan sebuah metode untuk mengganti organ tubuh si pasien dengan organ dari di pendonor. Misalnya organ ginjal, hati, mata, bahkan jantung pun bisa ditransplantasi.

Semakin berkembangnya teknologi biologi dalam bidang kedokteran juga telah membantu pasangan yang susah mendapatkan keturunan. Inilah metode yang disebut dengan “bayi tabung”.

Sebuah metode untuk mempertemukan sel telur dan sel sperma dalam sebuah tabung steril (in vitro), setelah terjadi fertilisasi dan pemebelahan sel zigot, lalu kemudian zigot ini akan ditanamkan kembali ke rahim sang ibu.

6. Manfaat di Bidang Lingkungan (Ekologi)

Ekologi merupakan ilmu yang mempelajari hubungan makhluk hidup dengan lingkungan atau alam sekitar. Dengan memahami biologi maka manusia akan dapat hidup lebih harmonis dan selaras dengan lingkungan sekitar.

Dari hal yang sederhansa seperti tidak mencemari lingkungan sekitar dengan sampah anorganik, hingga zat-zat pencemar lingkungan lainnya misalnya limbah pabrik.

Karena itu, dalam perkuliahan Biologi juga diajarkan tentang materi kuliah Analisis Dampak Lingkungan (AMDAL). Di materi tersebut diajarkan mengenai cara menganalisis sebuah perusahaan atau pabrik yang akan didirikan di suatau wilayah, apakah tingkat pencemaran yang ditimbulkan masih diambang batas normal ataukah berbahaya.

7. Manfaat di Bidang Industri

Manfaat Biologi dalam bidang industri tentunya mencakup berbagai industri seperti industri obat-obatan, seperti obat-obatan, vaksin, antibiotik, dan lain sebagainya.

Atau juga di industri makanan, atau lainnya. Di bidang industri makanan misalnya, roti, yoghurt, nata de coco, tempe, kecap, atau jenis makanan hasil fermentasi lainnya, adalah sebuah proses yang membutuhkan pengetahuan biologi.

Selain itu, makanan hasil fermentasi juga mempunyai nilai gizi yang lebih tinggi dari aslinya. Mau coba? Silakan

8. Manfaat di Bidang Bioteknologi

Bidang teknologi juga tak lepas dari Ilmu Biologi, misalnya dalam hal rekayasa genetik, yang berupa kloning, penyisipan gen seperti menciptakan bakteri yang mampu mengatasi masalah limbah di laut, atau mencipatakan tanaman yang bisa tahan terhadap hama atau serangga tertentu.

Atau hal sederhana lainnya seperti kultur jaringan, yang bermanfaat juga untuk melestarikan tumbuhan yang susah dibudidayakan menggunakan cara konvensional seperti biji, cangkok, menyambung atau lainnya.

9. Manfaat di Bidang Teknologi Senjata Nuklir

Ya, memang kedengarannya mungkin seram jika bisa untuk menciptakan nuklir seperti senjata biologis yang sempat ramai dibicarakan di dunia militer. Namun bukan itu, yang dimaksud nuklir dalam hal ini adalah pemanfaatan radiasi nuklir untuk digunakan sebagai penyinaran radioterapi.

Tentu ini bermanfaat untuk terapi atau pembedahan, seperti kemoterapi, penyinaran rontgen, sterilisasi, atau proses lainnya.

10. Manfaat di Bidang Peternakan

Manfaat Biologi dalam bidang peternakan, yang utama adalah untuk memproduksi bibit-bibit unggul hewan ternak. Ini biasa dilakukan dengan cara persilangan (hibridasi) gen-gen yang unggul sehingga dapat dihasilkan hewan ternak yang unggul pula.

Misal untuk hewan sapi penghasil susu, domba pedaging, babi, ayam petelor, ayam daging, atau hewan lainnya.

11. Manfaat di Bidang Perikanan

Manfaat Biologi dalam bidang perikanan tentunya berguna untuk pelestarian sumber daya laut yaitu ikan. Ini bertujuan agar ikan di laut tidak hanya ditangkap saja, melainkan juga perlu dibudidayakan agar keberadaanya di laut tidak semakin habis.

Teknik budidaya yang biasanya dilakukan antara lain menggunakan tambak, rumpon (rumah ikan), keramba jala apung. Selain itu juga perlu adanya pelestarian hutan mangrove sebagai habiat ikan-ikan kecil yang baru menetas.

12. Manfaat di Bidang Pertanian

Manfaat Biologi dalam bidang pertanian sudah sejak dulu diterapkan. Sejak G. John Mendel menemukan pewarisan sifat oleh gen pada kacang Ercis, sejak saat itu juga penelitian dalam bidang pertanian terus dilakukan.

Ini bertujuan agar dapat diperoleh gen-gen tanaman pertanian yang memiliki sifat unggul untuk selanjutnya dibudidayakan dan diproduksi.

Ini penting, ditambah lagi ledakan populasi manusia yang semakin tinggi dan berakibat pada menyempitnya lahan pertanian.

Maka teknik-teknik bercocok tanam juga perlu ditingkatkan, seperti adanya teknik menanam hidroponik untuk menamam tanaman tanpa menggunakan tanah, juga teknik hibridasi untuk menghasilkan bibit-bibit tanaman yang unggul dan tahan dengan kondisi lingkungan yang semakin ekstrim.

Rekayasa Genetik Tanaman Pertanian

Masalah hama pertanian memang tak bisa lepas dari proses tanaman pertanian. Adanya penelitian di tingkat biologi molekuler dapat menghasilkan rekayasa genetik tanaman pertanian. Tanaman rekayasa ini telah memiliki kemampuan untuk menghasilkan racun bagi serangga atau hama, dengan begitu secara otomatis dapat membunuh serangga atau hama penyakit yang menyerang tanaman rekayasa tersebut. Namun tanaman ini masih tetap aman untuk manusia, itulah istimewanya.

13. Manfaat di Bidang Obat Herbal

Obat herbal tidak hanya berasal dari tumbuhan saja, melainkan juga dapat berasal dari campuran bagian tubuh hewan. Pernah dengar di toko obat cina, ada yang jual kapsul cacing untuk obat penyakit tipes (typus). Nah, dalam pembuatannya tentunya diperlukan percobaan untuk menguji kelayakan obat herbal tersebut.

Dan yang sudah populer di masayarakat adalah obat herbal dari tumbuhan. Dengan pemahaman dan pengetahuan seputar tanaman obat, maka secara sederhana bisa dikembangkan dan dibudidayakan sendiri di rumah. Dengan cara memanfaatkan pekarangan rumah yang bisa bermanfaat sebagai tanaman obat untuk keluarga.

14. Manfaat di Bidang Energi

Biogas adalah salah satu contoh sumber energi yang dihasilkan dari proses fermentasi bakteri yang menggunakan bahan baku kotoran sapi. Inilah contoh nyata limbah yang mungkin biasanya hanya untuk pupuk tanaman, sekarang sudah dapat dimanfaatkan sebagai sumber energi gas untuk memasak ataupun sumber energi listrik.

Selain itu, ada juga penemuan bio-diesel yang memanfaatkan minyak jarak sebagai pengganti bahan bakar fosil untuk bahan bakar kendaraan bermotor.

15. Manfaat di Bidang Antariksa (Angkasa)

Di awal percobaan penerbangan ke luar angkasa, manusia belum berani menggunakan pilot manusia, melainkan menggunakan hewan. Setelah terbukti aman bagi makhluk hidup, maka selanjutnya menggunakan pilot manusia untuk penerbangan ke luar angkasa.

Tujuan dari penelitian luar angkasa pun tak lepas dari penelitian obejek makhluk hidup. Berbagai usaha dilakukan untuk membuktikan bahwa masih ada makhluk hidup yang dapat hidup di luar angkasa atau planet lain selain bumi.

16. Manfaat di Bidang Pangan (Kebutuhan Makanan)

Di luar negeri sudah semakin ditingkatkan industri pangan (makanan) nya. Ini bertujuan untuk menciptakan makanan-makanan sehat yang layak dikonsumsi dengan gizi yang baik untuk kesehatan manusia.

Karena itulah adalah cabang ilmu biologi yang membahas tentang pemeliharaan makanan untuk kesehatan manusia, yang disebut hygien.

17. Manfaat di Bidang Kuliner (Masakan)

Manfaat Biologi dalam bidang kuliner (masakan) yaitu berkaitan dengan pengolahan cita rasa masakan yang memanfaatkan berbagai bahan nabati maupun hewai serta racikan bumbu yang tepat untuk menghasilkan masakan yang sehat, higienis, sedap dan lezat untuk dikonsumsi.

18. Manfaat di Bidang Kehidupan Sosial

Manfaat Biologi dalam bidang sosial contohnya dalam kasus kriminal. Terkadang dalam kasus krimial perlu proses identifikasi korban yang sudah tak dapat diidentifikasi secara wajah menggunakan data diri maupun ciri fisik tubuh.

Ini misalnya dikarenakan korban yang mengalami kerusakan parah pada tubuh seperti terkena bom. Maka dengan menggunakan analisis DNA, korban masih dapat diidentifikasi secara genetiknya.

Atau contoh lainnya seperti kasus anak yang tidak diketahui orang tuanya. Nah, Anda pasti sudah paham juga proses atau solusinya.

19. Manfaat di Bidang Pertahanan Negara

Manfaat Biologi dalam pertahanan negara tidak lain adalah penciptaan alat atau senjata pemusnah masal berupa bom biologis (biological weapon). Senjata ini bukan seperti senjata nuklir yang bila meledak akan menghancurkan apapun yang ada disekelilingnya.

Senjata biologis jauh lebih berbahaya, berdasarkan informasi yang beredar di dunia bahwa senjata ini diciptakan dengan bahan mikroorganisme seperti bakteri patogen, virus, maupun kuman penyakit. Dan jika sudah diledakkan, maka Anda pun pasti sudah bisa menebak.

Akibat bom biologis yang ditimbulkan tidak pandang bulu, semua makhluk dapat terkena dampaknya dari sakit hingga kematian, bahkan efek dari bom biologis ini bisa saja dalam waktu yang lama, karena mikroorganisme bisa saja semakin menyebar dan berkembang biak.

Nah, itulah beberapa manfaat biologi dalam berbagai bidang. Cukup banyak sekali ya, semoga bermanfaat bagi siapa saja yang membaca informasi ini.

 

Google

 

Manfaat Mempelajari Ilmu Biologi dalam Berbagai Bidang

 

SemuaBeritaGambarVideoMapsLainnya
SetelanAlat
Sekitar 593000 hasil (0,51 detik)
Hasil Telusur
Manfaat Mempelajari Ilmu Biologi dalam Berbagai Bidang | Biologi
wwwbiologikesehatancom › pendidikan
Manfaat Biologi – Mempelajari ilmu Biologi yang berkaitan dengan kehidupan pastinya akan memberikan berbagai manfaat di kehidupan kita Bahkan dalam
Manfaat Biologi dalam berbagai bidang – Salamanja
salamanjablogspotcom/2012/08/manfaat-biologi-dalam-berbagai-bidanghtml
22 Agt 2012 – Nah, suatu ilmu diciptakan untuk dimanfaatkan, betul? Iyaaa Ilmu Biologi mempunyai segudang manfaat dalam berbagai bidang kehidupan
Manfaat Biologi di bidang pertanian,farmasi,kesehatan,perikanan
suriyani7labanblogspotcoid/2015/09/manfaat-biologi-di-bidanghtml
23 Sep 2015 – Menemukan berbagai penyebab dan pengobatanberbagai macam penyakit pada tanaman pertanian Manfaat biologi dalam bidang farmasi/obat”an Dalam biologi kita dapat mempelajari struktur tubuh manusia / anatomi 2 Pemanfaatan beberapacabang ilmu biologi seperti bioteknologi, bayi tabung,
Manfaat biologi dalam berbagai bidang kehidupan – Usaha321net
usaha321net/manfaat-biologi-dalam-berbagai-bidang-kehidupanhtml
17 Jun 2016 – Manfaat biologi dalam berbagai bidang kehidupan terdiri dari banyak disiplin ilmu khusus yang mempelajari struktur, fungsi, pertumbuhan,
20 Manfaat Belajar Ilmu Biologi Bagi Kehidupan Manusia – Manfaatcoid
https://manfaatcoid › Pendidikan
27 Feb 2015 – 20 Manfaat mempelajari ilmu biologi untuk berbagai bdiang kehidupan Biologi dalam bidang Pengaturan Makanan bagi Kesehatan Tubuh
Manfaat Ilmu Biologi dalam Berbagai Bidang – Website Pendidikan
wwwwebsitependidikancom › Manfaat Ilmu › Pendidikan
Manfaat ilmu biologi di bidang peternakan, kesehatan makanan, riset ilmiah, mata pelajaran atau bidang keilmuan yang mempelajari sesuatu yang hidup
Manfaat Mempelajari Ilmu Biologi di Berbagai Bidang Kehidupan
gerbangkurikulumpsmakemdikbudgoid//biologi/414-manfaat-mempelajari-ilmu-
18 Sep 2017 – Manfaat Mempelajari Ilmu Biologi di Berbagai Bidang Kehidupan Faedah Biologi dalam bagian industri pastinya meliputi beragam industri
Manfaat biologi dalam bidang peternakan, pertanian, dan industri
wwwpakmonocom › Biologi
Manfaat biologi dalam bidang peternakan, manfaat biologi dalam bidang pertanian, dan manfaat biologi dalam bidang industri Mempelajari biologi sangat
Manfaat dan Kekurangan Biologi dalam Berbagai Bidang – S-Skyser
sevenskysblogspotcom › Pelajaran › Pelajaran Biologi
10 Apr 2014 – 1) Pemanfaatan biologi dalam bidang pertanian – Ditemukannya pupuk untuk membantu pertumbuhan tanaman – Ditemukannya pestisida
28 MANFAAT BIOLOGI DALAM SEGALA BIDANG – Ranking Kelas
wwwrankingkelascom › Biologi › Pelajaran SMA
18 Agt 2016 – Manfaat biologi dalam bidang pertanian, dalam bidang kesehatan, Yang berarti Biologi adalah ilmu yang mempelajari segala hal tentang makhluk hidup Menemukan berbagai jenis penyebab dan pengobatan dari
Penelusuran yang terkait dengan Manfaat Mempelajari Ilmu Biologi dalam Berbagai Bidang
manfaat biologi dalam bidang lingkungan
manfaat biologi dalam bidang pangan
manfaat biologi dalam berbagai bidang beserta contohnya
manfaat biologi dalam bidang perikanan
manfaat penerapan ilmu biologi dalam bidang makanan
manfaat dan contoh penerapan ilmu biologi dalam bidang pertanian
manfaat penerapan ilmu biologi dalam bidang kedokteran
manfaat biologi dalam bidang hukum

Berikutnya
Indonesia Kedaung, Kota Tangerang Selatan, Banten – Dari alamat internet Anda – Gunakan lokasi yang akurat – Pelajari lebih lanjut
Bantuan Kirim masukan Privasi Persyaratan

Google

 

manfaat biologi dalam bidang lingkungan

 

SemuaBeritaGambarMapsVideoLainnya
SetelanAlat
Sekitar 489000 hasil (0,51 detik)
Hasil Telusur
Manfaat Biologi di Bidang Lingkungan | DosenBiologicom
https://dosenbiologicom › Biologi Dasar
30 Sep 2017 – manfaat-biologi-di-bidang-lingkungan Dalam hal pelestarian lingkungan, ilmu biologi mempunyai peran yang cukup kuat di dalamnya Banyak
Manfaat biologi dalam bidang lingkungan hidup? – Brainlycoid
https://brainlycoid › Sekolah Menengah Atas › Biologi
Membantu manusia untuk mengenal alam lebih dalam mempermudah manusia dalam mengobservasi alam mempermudah kegiatan manusia dalam bidang
manfaat biologi dalam bidang lingkungan itu apa aja? tolong aja kan
https://brainlycoid › Sekolah Menengah Atas › Biologi
13 Agt 2014 – Penanganan pencemaran lingkungan contoh: Mikroorganisme untuk menguraikn mnyk bumi pd kasus pencmran air laut o/ pengeboran
Manfaat biologi dalam bidang lingkungan hidup – Brainlycoid
https://brainlycoid › Sekolah Menengah Atas › Biologi
25 Jul 2017 – A memberikan pemahaman lebih untuk seseorang agar dapat meningkatkan kualitas hidup b agar mengetahui sumber terbarukan dan tak
Manfaat Mempelajari Ilmu Biologi di Berbagai Bidang Kehidupan
wwwbelajarbiologixyz › pendidikan
manfaat mempelajari ilmu biologi dalam berbagai bidang Dari hal yang sederhansa seperti tidak mencemari lingkungan sekitar dengan sampah anorganik,
Peranan Biologi Bidang Pengelolaan Lingkungan Hidup – pembelajaran
rahmamunfajahblogspotcom/2015/08/peranan-biologi-bidang-pengelolaanhtml
5 Agt 2015 – Peranan Biologi Bidang Pengelolaan Lingkungan Hidup Peranan Beberapa contoh Bioteknologi tradisional dalam bidang pertanian, ialah:
Manfaat Biologi bagi Diri sendiri dan Lingkungan ~ Universal Blogger’s
https://enjoy4universalblogspotcom › Biologi
27 Jul 2015 – Manfaat Biologi bagi Diri sendiri dan Lingkungan Imam Faried Lingkungan Bidang Industri Berbasis Biologi Vaksin adalah bibit penyakit yang dilemahkan dan dimasukkan ke dalam tubuh untuk mendapatkan antibodi
MANFAAT BIOLOGI BAGI MANUSIA DAN LINGKUNGAN ~ MATERI
fiskadianablogspotcom/2015/04/manfaat-biologi-bagi-manusia-danhtml
7 Apr 2015 – MANFAAT BIOLOGI BAGI MANUSIA DAN LINGKUNGAN 0318 No comments Biologi mempunyai peranan yang sangat penting dalam kehidupan manusia baik untuk menyediakan barang Bidang Industri Berbasis Biologi
Sains Biologi: Manfaat biologi bagi manusia dan lingkungan
smart-sainscompleteblogspotcom/2011/07/manfaat-biologi-bagi-manusia-danhtml
23 Jul 2011 – Manfaat Biologi Dalam Bidang Industri Dahulu manusia hanya mengambil sesuatu dari lingkungannya yang langsung dapat dimanfaatkan
MANFAAT BIOLOGI DI BIDANG PERTANIAN,INDUSTRI,DAN
halidasyifablogspotcom/2016/08/manfaat-biologi-di-bidanghtml
5 Agt 2016 – Manfaat ilmu biologi dalam bidang pertanian, sebagai contoh Ilmu makhluk hidup dengan lingkungan alam tempat tinggalnya (habitat) 5
Penelusuran yang terkait dengan manfaat biologi dalam bidang lingkungan
artikel manfaat biologi di bidang lingkungan hidup
peran biologi bagi lingkungan
penjelasan pentingnya ilmu biologi bagi kelestarian lingkungan
manfaat biologi dalam bidang kehutanan
manfaat biologi bagi masa depan
manfaat biologi bagi masyarakat
manfaat biologi di bidang hukum
manfaat mempelajari biologi bagi masa depan bangsa

Berikutnya
Indonesia Kedaung, Kota Tangerang Selatan, Banten – Dari alamat internet Anda – Gunakan lokasi yang akurat – Pelajari lebih lanjut
Bantuan Kirim masukan Privasi Persyaratan

Google

 

artikel manfaat biologi di bidang lingkungan hidup

 

SemuaBeritaGambarMapsVideoLainnya
SetelanAlat
Sekitar 156000 hasil (0,47 detik)
Hasil Telusur
Manfaat Biologi di Bidang Lingkungan | DosenBiologicom
https://dosenbiologicom › Biologi Dasar
30 Sep 2017 – 15 Manfaat Biologi di Bidang Lingkungan Wajib Diketahui Diulas dan Pada artikel kali ini saya akan membahas mengenai manfaat biologi di upaya pelestarian lingkungan hidup · bahaya tidak melestarikan lingkungan
Manfaat biologi dalam bidang lingkungan hidup? – Brainlycoid
https://brainlycoid › Sekolah Menengah Atas › Biologi
Membantu manusia untuk mengenal alam lebih dalam mempermudah manusia dalam mengobservasi alam mempermudah kegiatan manusia dalam bidang
MANFAAT BIOLOGI DI BIDANG PERTANIAN,INDUSTRI,DAN
halidasyifablogspotcom/2016/08/manfaat-biologi-di-bidanghtml
5 Agt 2016 – Ada banyak sekali manfaat biologi di berbagai bidang kehidupan beluk makhluk hidup dengan lingkungan alam tempat tinggalnya (habitat)
MANFAAT BIOLOGI BAGI MANUSIA DAN LINGKUNGAN ~ MATERI
fiskadianablogspotcom/2015/04/manfaat-biologi-bagi-manusia-danhtml
7 Apr 2015 – Biologi mempunyai peranan yang sangat penting dalam kehidupan manusia baik untuk barang dan jasa maupun memperbaiki kondisi lingkungan untuk tempat hidup manusia Bidang Industri Berbasis Biologi 1 Produk
Manfaat Biologi bagi Diri sendiri dan Lingkungan ~ Universal Blogger’s
https://enjoy4universalblogspotcom › Biologi
27 Jul 2015 – Untuk mengenal alam dan sistem kehidupan pada makhluk hidup Bidang Industri Berbasis Biologi Jika ingin Meng-Copy Artikel Manfaat Biologi bagi Diri sendiri dan Lingkungan Jangan lupa untuk cantumkan Sumber
Peranan Biologi Bidang Pengelolaan Lingkungan Hidup – pembelajaran
rahmamunfajahblogspotcom/2015/08/peranan-biologi-bidang-pengelolaanhtml
5 Agt 2015 – Beberapa contoh Bioteknologi tradisional di bidang pangan misalnya, tempe dibuat dari kedelai menggunakan jamur Rhizopus, tape dibuat
Manfaat Mempelajari Ilmu Biologi di Berbagai Bidang Kehidupan
wwwbelajarbiologixyz › pendidikan
Manfaat Biologi – Belajar ilmu Biologi yang berkaitan dengan kehidupan pasti akan memberikan berbagai manfaat Manfaat di Bidang Lingkungan (Ekologi)
Sains Biologi: Manfaat biologi bagi manusia dan lingkungan
smart-sainscompleteblogspotcom/2011/07/manfaat-biologi-bagi-manusia-danhtml
23 Jul 2011 – Beberapa contoh manfaat biologi dalam kehidupan adalah 1 Pemanfaatan Pemanfaatan Biologi Dalam Bidang Kesehatan Ditemukannya
Manfaat biologi dalam bidang peternakan, pertanian, dan industri
wwwpakmonocom › Biologi
Mempelajari biologi sangat bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari Demikian artikel tentang manfaat biologi dalam bidang peternakan, pertanian,dan
Peranan Biologi dalam Berbagai Bidang, baik Pertanian,Industri
blajar-pintarblogspotcom/2012/08/peranan-biologi-dalam-berbagai-bidanghtml
8 Agt 2012 – Ada banyak sekali manfaat biologi di berbagai bidang kehidupan beluk makhluk hidup dengan lingkungan alam tempat tinggalnya (habitat)
Penelusuran yang terkait dengan artikel manfaat biologi di bidang lingkungan hidup
manfaat biologi bagi masa depan
manfaat biologi bagi masyarakat
manfaat mempelajari biologi bagi masa depan bangsa
peran biologi bagi lingkungan
manfaat biologi bagi masa depan bangsa
manfaat biologi bagi negara
manfaat biologi dalam bidang kehutanan
manfaat mempelajari biologi bagi lingkungan

Berikutnya
Indonesia Kedaung, Kota Tangerang Selatan, Banten – Dari alamat internet Anda – Gunakan lokasi yang akurat – Pelajari lebih lanjut
Bantuan Kirim masukan Privasi Persyaratan

You may be interested

10 Kelakuan Kocak Para Nenek Zaman Now, Bukti Makin Tua Malah Tambah Menjadi
Buzz
5 views
Buzz
5 views

10 Kelakuan Kocak Para Nenek Zaman Now, Bukti Makin Tua Malah Tambah Menjadi

Lahiya - November 19, 2017

Ada sebuah pepetah mengatakan, tua-tua keladi, makin tua tambah jadi. Entah itu sebuah kebetulan atau tidak, namun kiasan itu seolah…

Punya Raut Wajah Dingin, 4 Seleb Tanah Air Ini Dijuluki Vampir oleh Netizen
Buzz
4 views
Buzz
4 views

Punya Raut Wajah Dingin, 4 Seleb Tanah Air Ini Dijuluki Vampir oleh Netizen

Lahiya - November 19, 2017

Menjamurnya artis tanah air membuat para audiens kadang-kadang memiliki cara pandang yang unik. Misalnya, artis cilik yang menggunakan make up…

Sama-Sama Dari Kepolisian, Inilah 4 Tim Saingan Berat Bhayangkara FC
Buzz
5 views
Buzz
5 views

Sama-Sama Dari Kepolisian, Inilah 4 Tim Saingan Berat Bhayangkara FC

Lahiya - November 19, 2017

Kemenangan Bhayangkara FC dalam liga satu musim 2017 sempat mejadi pro dan kontra di masyarakat. Ada yang setuju karena memang…

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan