Yuk Ketahui 9 Manfaat Minyak Zaitun dan Efek Sampingnya

Begitu banyak ragam tanaman yang memberi manfaat bagi kehidupan manusia. Diantara sekian banyak itu, salah satunya adalah zaitun. Zaitun merupakan pohon kecil yang abadi atau berusia sangat panjang.

Usia pohon zaitun paling tua mencapai 2000 tahun yang ditemukan di Palestina. Habitat asli olea europaea ini banyak ditemukan di kawasan mediterania seperti Timur Tengah, Italia, Spanyol, Yunani, dan daerah-daerah sekitarnya. Hasil utama dari tanaman anggota suku Oleaceae adalah buah.

Buah zaitun banyak dimanfaatkan oleh manusia. Buah yang masih muda berwarna hijau dapat dimakan langsung, sedangkan yang sudah tua dapat diperas, diambil ekstraknya menjadi bahan utama minyak zaitun. Minyak zaitun inilah yang kemudian dimanfaatkan untuk kesehatan, campuran/penyedap masakan, dan kecantikan.

Tentu saja manfaat yang ada pada minyak zaitun tidak terlepas dari kandungan nutrisinya. Maka tidak heran jika banyak manfaat minyak zaitun yang telah dirasakan oleh para pengunanya.

Dalam 100 gram minyak zaitun mengandung

  • energi 370l kJ (885 kcal),
  • lemak total 100 gr (lemak jenuh 14 gr,
  • lemak tak jenuh tunggal 73 gr, lemak tak jenuh ganda 11 gr,
  • omega3/linolenat 1.5 gr,
  • omega6/linoleat  3.5-21 gr,
  • vitamin E 14 mg, vitamin K 62 mg.
  • Selain itu juga terdapat kandungan trigliserida, gliserol, pigmen, senyawa aroma, sterol, tokoferol, fenol, dan lain-lain (Kiritsakis, 1998).

Dan inilah beberapa manfaat minyak zaitun:


Manfaat minyak zaitun untuk kesehatan


Manfaat buah zaitun untuk kecantikan

 

  • Mengontrol tekanan darah

Konsumsi minyak zaitur secara teratur dapat mengontrol tekanan darah, menurunkan kolesterol juga mencegah stroke karena kandungan lemak tak jenuh yang cukup tinggi di dalam minyak zaitun.

  • Anti inflamasi

Kandungan polifenol dalam minyak zaitun mampu membantu melindungi sel-sel dari kerusakan termasuk juga baik untuk tulang, kesehatan pencernaan, dan memiliki potensi terhadap peningkatan fungsi otak. Senyawa polifenol memiliki sifat anti inflamasi yang memungkinkan menjadi penyebab awet muda.

  • Antioksidan

Manfaat minyak zaitun berikutnya adalah kandungan antioksidan yang efektif melindungi tubuh dari pengaruh zat-zat berbahaya (radikal bebas) yang masuk ke dalam tubuh melalui makanan maupun udara. Hal ini dapat mencegah tubuh dari kanker, terutama yang telah diketahui melalui penelitian adalah konsumsi minyak zaitun dapat menurunkan resiko  kanker payudara.

loading...
  • Aromatherapi

Buah zaitun memiliki bau harum yang berbeda tergantung jenisnya. Salah satu manfaat minyak zaitun adalah sebagai bahan tambahan dalam aromatherapi yang dapat memberi efek relaksasi dari wangi yang ditebarkannya.


Manfaat minyak zaitun untuk kecantikan


minyak zaitun untyuk kecantikan

  • Melembabkan kulit

Mengoleskan minyak zaitun pada kulit wajah yang telah di bersihkan pada malam hari dapat melembabkan kulit wajah. Ini sangat cocok bagi kamu yang memiliki jenis kulit kering. Kandungan vitamin E sangat baik bagi kulit wajah orang Asia tenggara terutama Indonesia. Temukan kulit segarmu di pagi hari karena manfaat minyak zaitun yang kamu oleskan pada malam hari.

  • Melebatkan rambut

Buah alpukat matang yang telah dihaluskan dicampur dengan minyak zaitun. Aduk rata lalu oleskan pada kulit kepala, diamkan hingga meresap, lalu bilas dengan kondisioner rambut. Cara ini dapat membuat rambutmu tambah lebat, karena nutrisi yang terkadung dalam masker campuran minyak zaitun baik untuk kulit kepalamu.

  • Mengurangi noda bekas jerawat

Panaskan minyak zaitun secukupnya kemudian oleskan pada noda bekas jerawat. lakukan secara rutin satu kali dalam sehari. Manfaat minyak zaitun dapat noda bekas jerawat.


Manfaat minyak zaitun sebagai campuran makanan


Minyak zaitun sebagai campuran makanan

Minyak zaitun dapat menjadi campuran dalam salad atau tumisan kamu. Jika kamu ingin menumis dengan minyak zaitun, maka usahakan tidak terlalu panas karena akan menghilangkan nutrisi yang terkandung di dalamnya.

Kamu juga bisa menambahkan minyak zaitun pada pepes ikan atau ikan panggang yang baru diangkat dan masih hangat. Hmmm, terbayang lezatnya campuran bumbu-bumbu dan aroma minyak zaitun yang khas.


Efek samping minyak zaitun


Bagi beberapa kondisi, konsumsi minyak zaitun perlu dipertimbangkan terlebih dahulu terutama bagi ibu hamil dan menyusui diperbolehkan mengkonsumsi sekedarnya yang terkandung dalam makanan namun tidak lebih dari itu sebab belum ada informasi valid mengenai baik buruknya minyak zaitun untuk mereka, penderita diabetes, dan pasien operasi bedah (disarankan untuk menghentikan konsumsi minyak zaitun selama 2 minggu sebelum operasi).

Mengkonsumsi secara aman yakni 2 sendok makan ( 28 gram) sehari agar manfaat minyak zaitun benar-benar terasa. Meminum langsung, mencampurkan minyak zaitun dengan makanan, atau sekedar mengoleskannya pada kulit bisa dilakukan, yang perlu diperhatikan adalah kualitas minyak zaitun terjaga dengan baik dan tentunya terdaftar di BPOM Republik Indonesia. Yuk, konsumsi minyak zaitun secar bijak!

 

1

No Responses

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan