manfaat-sholat-tahajud

Manfaat Sholat Tahajud

Posted on

Manfaat Sholat TahajudMuslim mana yang tidak mau memperoleh predikat muslim sejati di mata Allah? Tentunya seluruh muslim mau beramal salah serta bertakwa dihadapan pencipta-Nya nantinya. Hal semacam ini juga mungkin saja yang senantiasa dipikirkan oleh golongan muslimin serta muslimat di seluruh dunia.

Hingga seringkali mereka senantiasa lakukan kewajiban dan sunnah. Demikian banyak sunnah yang di ajarkan oleh Nabi Muhammad guna membimbing kehidupan kaum muslim di muka dunia.

Salah nya ialah sholat tahajud yang banyak dikerjakan oleh muslim di seluruh dunia. Sholat tahajud sendiri yaitu shalat sunnah yang dilakukan pada malam hari sesudah seorang bangun dari tidur.

Beribadah ini termasuk juga sunnah mu’akad, yakni sunnah yang dikuatkan dengan syara’. Seringkali beberapa orang yang mengerjakannya di saat terbangun di tengah malam. Anda juga dapat mengerjakannya paling sedikit 2 rakaat serta sebanyak mungkin, tidak ada batasan.

Saat paling mustajab untuk melaukan shalat tahajud sendiri yaitu 1/3 malam. Di mana beberapa malaikat turun ke bumi serta Allah mengabulkan tiap-tiap doa hamba-Nya. Anda tidak cuma memperoleh imbalan pahala dari Allah, tetapi juga serentetan faedah untuk kesehatan badan serta jiwa.

Beberapa orang menyampaikan kalau sholat tahajud dipercaya berikan ketenangan serta kedamaian jiwa. Seorang yang punya kebiasaan bangun untuk sholat di dalam malam tentunya dapat mengontrol emosi.

Manfaat Sholat Tahajud

manfaat-sholat-tahajud

Sekurang-kurangnya, terdapat banyak faedah sholat tahajud yang di sampaikan dalam riset, yakni.

Penghapus dosa serta mencegah berbuat dosa

Seperti yang di sampaikan diatas, sholat tahajud yaitu beribadah yang senantiasa dikerjakan oleh beberapa orang shaleh. Beribadah ini mendekatkan diri seseorang manusia pada pencipta-Nya, Allah SWT.

Dapat disebut sholat tahajud dapat jadi media penghapus dosa. Mereka juga tentunya menguatkan iman serta menghindari diri dari perbuatan dosa besar ataupun kecil. Rasulullah SAW pernah bersabda kalau sholat malam yaitu beribadah yang kerap dikerjakan oleh orang-orang shaleh.

Beribadah ini bisa mendekatkan seseorang pada Sang Pencipta, jalan menghapuskan dosa dan mencegah muslimin untuk berbuat dosa.

Tanda takwanya tampak di muka

Orang yang senantiasa melakukan sholat tahajud bakal tampak bercahaya berwajah. Inilah tanda kalau seorang itu bertakwa pada Allah SWT. Tanda-tanda ketakwaan itu senantiasa tampak oleh beberapa orang di sekitaran mereka.

Hal itu mungkin saja pelecut semangat untuk golongan muslimin yang lain selalu untuk melakukan shalat tahajud. Shalat tahajud tetaplah melindungi keimanan seorang teguh pada sang Maha Penyayang.

Memperlancar aliran darah di badan

Sholat tahajud umumnya dikerjakan pada jam 03. 00 pagi. Tiap-tiap muslim biasanya terbangun pada pukul itu untuk kerjakan sholat tahajud serta melaksanakan ibadah pada Sang Pencipta.

Beribadah ini kenyataannya tidak cuma berbagi keluh kesah, tetapi memberi udara segara untuk semua organ badan. Saat itu, hawa di atmosfer masihlah begitu fresh serta dihirup oleh paru-paru. Badan kita pun menggerak-gerakkan semua otot yang bikin tubuh fresh saat itu juga serta semua aliran darah merasa lancar.

Oksigen segar bakal menghilang saat matahari terbit serta kembali saat pagi selanjutnya. Cuma beberapa orang yang terbangun untuk melakukan sholat tahajudlah yang dapat merasakannya.

Membesarkan rongga paru-paru

Faedah gerakan sholat kenyataannya memberi dampak positif untuk kesehatan manusia. Gerakan takbiratul ihram yang diikuti dengan bersedekap sesungguhnya buka rongga paru-paru lebih lebar.

Hal itu di ketahui dapat membuat lancar aliran hawa menuju paru-paru. Sering kali kita rasakan paru-paru tambah lebih lega dari pada terlebih dulu. Hal semacam ini tak dapat disangkal sebagai satu diantara olah napas yang begitu baik terkecuali olahraga.

Jaminan masuk surga

Rasulullah pernah menyampaikan kalau siapa saja yang melakukan shalat tahajud, maka jaminan surga baginya. Hal semacam ini sempat juga diriwayatkan dalam satu diantara hadits, seperti Nabi Muhammad SAW bersabda :

“Wahai manusia, sebarkanlah salam, berikan konsumsilah, sambung tali kasih, salat malamlah waktu orang pada terlelap, jadi masuklah surga dengan selamat”. (HR. Al-Hakim, Ibnu Majah, At-Tirmizy).

Fikiran jauh lebih segar

Bangun tidur tentunya Anda mempunyai pemikiran yang tambah lebih jernih. Pikirkan saja, dalam 1 hari jantung manusia bekerja 100. 000 kali serta bernapas sejumlah 20. 000 kali. Tiap-tiap organ itu membutuhkan waktu istirahat yang cukup. Kenyataannya tidur yaitu istirahat yang begitu baik untuk badan.

Dengan begini, semua organ badan bakal beristirahat dari tiap-tiap pekerjaan beratnya. Tidur menolong badan memulihkan sel yang pernah terganggu, memberi kemampuan serta otak juga kembali bekerja dengan baik. Argumen tersebutlah yang jadikan shalat tahajud dikerjakan sesudah bangun dari tidur.

Fikiran yang tambah lebih fresh tentu menjadikan gerakan shalat kita juga khusyu’ memaknai ayat-ayat Al-Qur’an.

Memperoleh kemudahan saat dinasab di akhirat

Keutamaan yang lain dari shalat tahajud yaitu kemudahan di hari akhir kelak. Tiap-tiap orang tentunya memiliki catatan dosa serta pahala yang bakal di terima di akhirat. Jika catatan amalnya semakin banyak, pasti surga tempatnya. Tetapi apabila demikian sebaliknya, telah barang pasti neraka yaitu tempat yang pas.

One thought on “Manfaat Sholat Tahajud

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan