Manfaat Sholat Tahajud

Manfaat Sholat TahajudMuslim mana yang tidak mau memperoleh predikat muslim sejati di mata Allah? Tentunya seluruh muslim mau beramal salah serta bertakwa dihadapan pencipta-Nya nantinya. Hal semacam ini juga mungkin saja yang senantiasa dipikirkan oleh golongan muslimin serta muslimat di seluruh dunia.

Hingga seringkali mereka senantiasa lakukan kewajiban dan sunnah. Demikian banyak sunnah yang di ajarkan oleh Nabi Muhammad guna membimbing kehidupan kaum muslim di muka dunia.

Salah nya ialah sholat tahajud yang banyak dikerjakan oleh muslim di seluruh dunia. Sholat tahajud sendiri yaitu shalat sunnah yang dilakukan pada malam hari sesudah seorang bangun dari tidur.

Beribadah ini termasuk juga sunnah mu’akad, yakni sunnah yang dikuatkan dengan syara’. Seringkali beberapa orang yang mengerjakannya di saat terbangun di tengah malam. Anda juga dapat mengerjakannya paling sedikit 2 rakaat serta sebanyak mungkin, tidak ada batasan.

Saat paling mustajab untuk melaukan shalat tahajud sendiri yaitu 1/3 malam. Di mana beberapa malaikat turun ke bumi serta Allah mengabulkan tiap-tiap doa hamba-Nya. Anda tidak cuma memperoleh imbalan pahala dari Allah, tetapi juga serentetan faedah untuk kesehatan badan serta jiwa.

Beberapa orang menyampaikan kalau sholat tahajud dipercaya berikan ketenangan serta kedamaian jiwa. Seorang yang punya kebiasaan bangun untuk sholat di dalam malam tentunya dapat mengontrol emosi.

Manfaat Sholat Tahajud

manfaat-sholat-tahajud

Sekurang-kurangnya, terdapat banyak faedah sholat tahajud yang di sampaikan dalam riset, yakni.

Penghapus dosa serta mencegah berbuat dosa

Seperti yang di sampaikan diatas, sholat tahajud yaitu beribadah yang senantiasa dikerjakan oleh beberapa orang shaleh. Beribadah ini mendekatkan diri seseorang manusia pada pencipta-Nya, Allah SWT.

Dapat disebut sholat tahajud dapat jadi media penghapus dosa. Mereka juga tentunya menguatkan iman serta menghindari diri dari perbuatan dosa besar ataupun kecil. Rasulullah SAW pernah bersabda kalau sholat malam yaitu beribadah yang kerap dikerjakan oleh orang-orang shaleh.

loading...

Beribadah ini bisa mendekatkan seseorang pada Sang Pencipta, jalan menghapuskan dosa dan mencegah muslimin untuk berbuat dosa.

Tanda takwanya tampak di muka

Orang yang senantiasa melakukan sholat tahajud bakal tampak bercahaya berwajah. Inilah tanda kalau seorang itu bertakwa pada Allah SWT. Tanda-tanda ketakwaan itu senantiasa tampak oleh beberapa orang di sekitaran mereka.

Hal itu mungkin saja pelecut semangat untuk golongan muslimin yang lain selalu untuk melakukan shalat tahajud. Shalat tahajud tetaplah melindungi keimanan seorang teguh pada sang Maha Penyayang.

Memperlancar aliran darah di badan

Sholat tahajud umumnya dikerjakan pada jam 03. 00 pagi. Tiap-tiap muslim biasanya terbangun pada pukul itu untuk kerjakan sholat tahajud serta melaksanakan ibadah pada Sang Pencipta.

Beribadah ini kenyataannya tidak cuma berbagi keluh kesah, tetapi memberi udara segara untuk semua organ badan. Saat itu, hawa di atmosfer masihlah begitu fresh serta dihirup oleh paru-paru. Badan kita pun menggerak-gerakkan semua otot yang bikin tubuh fresh saat itu juga serta semua aliran darah merasa lancar.

Oksigen segar bakal menghilang saat matahari terbit serta kembali saat pagi selanjutnya. Cuma beberapa orang yang terbangun untuk melakukan sholat tahajudlah yang dapat merasakannya.

Membesarkan rongga paru-paru

Faedah gerakan sholat kenyataannya memberi dampak positif untuk kesehatan manusia. Gerakan takbiratul ihram yang diikuti dengan bersedekap sesungguhnya buka rongga paru-paru lebih lebar.

Hal itu di ketahui dapat membuat lancar aliran hawa menuju paru-paru. Sering kali kita rasakan paru-paru tambah lebih lega dari pada terlebih dulu. Hal semacam ini tak dapat disangkal sebagai satu diantara olah napas yang begitu baik terkecuali olahraga.

Jaminan masuk surga

Rasulullah pernah menyampaikan kalau siapa saja yang melakukan shalat tahajud, maka jaminan surga baginya. Hal semacam ini sempat juga diriwayatkan dalam satu diantara hadits, seperti Nabi Muhammad SAW bersabda :

“Wahai manusia, sebarkanlah salam, berikan konsumsilah, sambung tali kasih, salat malamlah waktu orang pada terlelap, jadi masuklah surga dengan selamat”. (HR. Al-Hakim, Ibnu Majah, At-Tirmizy).

Fikiran jauh lebih segar

Bangun tidur tentunya Anda mempunyai pemikiran yang tambah lebih jernih. Pikirkan saja, dalam 1 hari jantung manusia bekerja 100. 000 kali serta bernapas sejumlah 20. 000 kali. Tiap-tiap organ itu membutuhkan waktu istirahat yang cukup. Kenyataannya tidur yaitu istirahat yang begitu baik untuk badan.

Dengan begini, semua organ badan bakal beristirahat dari tiap-tiap pekerjaan beratnya. Tidur menolong badan memulihkan sel yang pernah terganggu, memberi kemampuan serta otak juga kembali bekerja dengan baik. Argumen tersebutlah yang jadikan shalat tahajud dikerjakan sesudah bangun dari tidur.

Fikiran yang tambah lebih fresh tentu menjadikan gerakan shalat kita juga khusyu’ memaknai ayat-ayat Al-Qur’an.

Memperoleh kemudahan saat dinasab di akhirat

Keutamaan yang lain dari shalat tahajud yaitu kemudahan di hari akhir kelak. Tiap-tiap orang tentunya memiliki catatan dosa serta pahala yang bakal di terima di akhirat. Jika catatan amalnya semakin banyak, pasti surga tempatnya. Tetapi apabila demikian sebaliknya, telah barang pasti neraka yaitu tempat yang pas.

Untuk golongan muslim yang patuh, shalat tahajud dapat jadi media untuk memperoleh kemudahan saat dinasab di akhirat. Allah bakal memberi keutamaan ini pada mereka yang memohon ampun serta berdoa di sepertiga malam.

Peroleh cinta Allah

Nabi Muhammad SAW pernah bersabda, kalau orang yang senantiasa melakukan shalat tahajud bakal peroleh cinta dari Allah SWT. Seperti Beliau bersabda pada Abu Darda’ r. a. mengenai keutamaan shalat tahajud ini.

Mereka yang bangun ditengah malam serta meninggalkan kenyamanan tidur, pasti bakal memperoleh cinta dari Allah SWT. Golongan mukmin itu mengambil keputusan meninggalkan syahwat mereka serta bersujud dihadapan sajadah.

Semua pengampunan doa diberikan Allah pada beberapa orang itu. Sudah pasti cinta Allah pada beberapa orang shaleh tidak berputus sampai hari akhir serta perhitungan kelak.

Tingkatkan system kekebalan tubuh

Secara bio-teknologi, penemuan baru mengatakan kalau shalat tahajud dapat tingkatkan ketahanan badan seorang. Selain itu, untuk beberapa pasien kanker bakal rasakan faedah yang lain, yakni menyingkirkan rasa nyeri yang sering menempa.

Pada bagian ini juga disebutkan kalau shalat tahajud tingkatkan tanggapan positif yang begitu efisien dalam anastesi pra bedah. Argumen berikut yang jadikan kenapa shalat tahajud begitu baik dikerjakan oleh pasien penyakit berat sekalipun. Anda bakal rasakan demikian banyak faedah dalam gerakan shalat malam itu.

Shalat yang paling afdol sesudah 5 waktu

Keharusan tiap-tiap muslim serta muslimin di semua dunia yaitu kerjakan shalat 5 saat. Allah SWT suka pada umat-Nya yang senantiasa mengingat-Nya baik dalam kondisi suka ataupun sedih.

Tidak ada tempat berbagi maupun mengadu yang lebih baik terkecuali pada Allah SWT. Shalat tahajud jadi satu diantara ibadah yang paling afdol sesudah shalat 5 waktu. Shalat tengah malam berikan kesempatan pada Anda untuk melaksanakan ibadah lebih khusyu’. Waktu itu juga begitu pas untuk berkeluh kesah serta memohon ampunan dari Sang Pencipta.

Dikabulkannya Doa-doa

Paling penting, sholat tahajud yang dilakukan pada sepertiga malam hingga mendekati masuk saat sholat subuh. Pada saat inilah Allah SWT mengabulkan doa-doa hambanya.

Hal ini berdasarkan keterangan hadis Nabi:

“Perintah Allah turun ke langit di waktu tinggal sepertiga yang akhir dari waktu malam, lalu berseru, adakah orang-orang yang memohon (berdoa) pasti akan kukabulakn, adakah orang yang meminta, pasti akan Kuberikan dan adakah yang mengharap ampunan, pasti akan kuampuni baginya sampai tiba waktu Subuh.” (Al-Hadis).

Allah Mengangkat Derajat ke Tempat yang Terpuji

Manfaat sholat tahajud yang kedua adalah Allah SWT akan mengangkat derajat ke tempat yang terpuji. Keterangan tentang ini dapat kita baca dalam Al-Qur’an Surat Al-Isra’ ayat 79:

“Dan pada sebahagian malam hari bersembahyang tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; Mudah-mudahan Tuhan-mu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji.” (QS A1-Isra [17]: 79).

Selain itu, keterangan lain dapat ditemukan dalam hadis Rasulullah yang diriwayatkan Abi Darda r.a, bahwa Rasulullah bersabda:

“Ada 3 macam manusia, Allah SWT mencintai mereka, tersenyum kepada mereka, dan merasa senang dengan mereka, yaitu salah satunya adalah orang yang memiliki istri cantik serta tempat tidur lembut dan bagus. Kemudian ia bangun malam (untuk sholat), lalu Allah SWT berkata: ‘Ia meninggalkan kesenangannya dan mengingat Aku. Seandainya ia berkehendak, maka ia akan tidur.” (Riwayat Ath-Thabrani).

Mendekatkan Diri Kepada Allah

“Hendaklah kalian melaksanakan sholat malam karena sholat malam itu merupakan kebiasaan orang-orang shaleh sebelum kalian, ibadah yang mendekatkan diri kepada Tuhan kalian, serta penutup kesalahan dan penghapus dosa.” (HR. Tirmidzi, Al-Hakim, Baihaqi. Dihasankan oleh Syaikh Al-Albani dalam Irwaa Al Ghalil).

Dalam riwayat yang lain, dikatakan bahwa Jibril pernah berkata kepada Rasulullah Saw:

“Hai Muhammad, kemuliaan orang beriman ada dengan sholat malam. Dan kegagahan orang beriman adalah sikap mandiri dari bantuan orang lain”. (Silsilah Al-Hadis Ash-Shahihah).

Memperoleh berbagai Kemuliaan

Manfaat sholat tahajud yang keempat adalah akan memperoleh berbagai kemuliaan. Hal ini diperkuat berdasarkan keterangan hadis Rasulullah SAW, yang bersabda:

“Barangsiapa melaksanakan sholat tahajud dengan sebaik-baiknya, dan dengan tata tertib yang rapi, maka Allah SWT akan memberikan 9 macam kemuliaan: 5 macam di dunia dan 4 macam di akhirat.”

Adapun lima keutamaan di dunia itu adalah akan dipelihara oleh Allah SWT dari segala macam bencana, tanda ketaatannya akan tampak kelihatan di mukanya, akan dicintai para hamba Allah yan shaleh dan dicintai oleh semua manusia, lidahnya akan mampu mengucapkan kata-kata yang mengandung hikmah dan akan dijadikan orang bijaksana, yakni diberi pemahaman dalam agama.

Artikel Terkait: Sholat Tahajud: Niat dan Tata Cara

Mengusir Penyakit dan Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Manfaat sholat tahajud yaitu bisa mengusir beragam penyakit serta di waktu yang sama tingkatkan kekebalan badan. Sedikit yang mengerti kalau kepatuhan kita kerjakan ritual keagamaan seumpama sholat tahajud bakal memberi dampak pada meningkatnya system kekebalan badan.

Hal semacam ini berdasar pada riset yang dikerjakan oleh Prof. Dr. Mohammad Shaleh. Lebih lanjut beliau menyampaikan kalau di waktu yang sama saat kekebalan badan telah bertambah, automatis semua penyakit yang menyerah bakal musnah dengan sendirinya.

Menjauhkan Diri dari Kelalaian Hati

Manfaat sholat tahajud yang keenam adalah menjauhkan diri dari kelalaian hati. Penjelasan tentang ini dapat ditemukan dalam hadis Rasulullah SAW yang berbunyi:

“Barang siapa mengerjakan sholat pada malam hari dengan membaca seratus ayat, maka ia tidak akan dicatat sebagai orang lalai. Dan apabila membaca dua ratus ayat, maka sungguh ia akan dicatat sebagai orang yang selalu taat dan ikhlas.” (Al-Hakim dalam kitab Al-Mustadrak).

Menang dalam Jihad Melawan Musuh

Manfaat sholat tahajud selanjutnya yaitu mencetak kemenangan dalam jihad melawan musuh. Musuh paling besar dalam diri manusia yaitu hawa nafsu. Melakukan sholat tahajud mungkin saja agak berat untuk beberapa orang lantaran melihat saat pelaksanaannya pada jam-jam di mana kita umumnya tertidur nyenyak.

Godaan untuk meneruskan tidur tentunya begitu besar di saat itu. Oleh karena itu, orang yang bangun dari tidurnya untuk melakukan sholat tahajud artinya ia sudah sukses melawan godaan dalam dianya untuk melaksanakan ibadah pada Allah SWT.

Meringankan Lamanya Berdiri pada Hari Kiamat

Manfaat sholat tahajud meringankan kita ketika berdiri pada hari kiamat nanti. Keterangan tentang ini sesuai yang pernah diungkapkan Ibnu Abbas ra, yang berkata:

“Barang siapa yang senang bila lamanya berdiri di hari kiamat diringankan oleh Allah, maka hendaklah ia memperlihatkan dirinya kepada Allah di malam hari dengan sujud dan berdiri mengingat hari akhir.” (Ibnu Jarir Ath-Thabari, tafsir Ibnu Jarir).

Penyelamat dari Siksa Neraka

Manfaat sholat tahajud dapat menyelamatkan diri dari siksa api neraka. Tentang ini, Ibnu Umar r.a pernah meriwayatkan bahwa pada masa Rasulullah SAW, ketika seseorang bermimpi, ia akan menceritakan mimpi tersebut ke Rasulullah SAW. Aku pun berharap mendapat mimpi yang dapat kuceritakan kepada Rasulullah SAW. Dia berkata,

“Aku adalah seorang anak muda perjaka. Aku tidur di masjid pada Rasululullah Saw, maka aku bermimpi seakan-akan dua malaikat mengambilku dan membawaku ke neraka, ternyata ia adalah bangunan seperti bangunan sumur. Ia memiliki dua palang seperti palang sumur. Di dalamnya terdapat manusia yang telah aku kenal. Maka aku mulai mengucapkan, ‘Aku berlindung dengan nama Allah dari neraka’. Kemudian seorang malaikat menemui keduanya, maka dia berkata kepadaku, ‘Janganlah takut!’ (Mimpi ini) aku ceritakan kepada Hafshah, maka Hafshah menceritakannya kepada Rasulullah dan beliau bersabda, “Sebaik-baik lelaki adalah Abdullah, andaikata dia mengerjakan sholat pada waktu malam.” Salim berkata, ‘setelah itu Abdullah tidak tidur pada malam hari kecuali hanya sebentar.” (HR Bukhari dan Muslim).

Penyebab Husnul Khatimah

Kita semua menyadari bahwa semua yang bernyawa pasti akan berpisah dan meninggalkan dunia ini menuju tempat abadi di akhirat. Sholat tahajud sanga bermanfaat bagi siapa saja yang mengerjakannya, karena sholat ini bisa membantu orang tersebut untuk mencapai husnul khatimah.

Mudah-mudahan hadirnya manfaat sholat tahajud diatas, bakal bikin kita semuanya lebih semangat dalam menggerakkan ibadah sholat tahajud. Pastinya, semuanya faedah ini sayang untuk kita sia-siakan. Sholat tahajud seperti hadiah dari Allah SWT untuk kita semuanya, jadi berbahagialah kita sebagai hamba Allah, selamat bertahajud.

One Response

  1. Sutejo
    July 16, 2016

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan