5 Manfaat Mengkonsumsi Teh Hijau

Kamu suka minum teh hijau? Teh hijau merupakan produk teh yang berbeda dari jenis teh lainnya. Walaupun sama-sama diolah dari tanaman Camelia sinensis namun  Karena konsumsi teh hijau sangat disukai masyarakat Indonesia, maka kali ini akan dibahas 5 manfaat mengkonsumsi teh hijau bagi tubuhmu.


1. Anti Kanker


teh hjau mencegah kanker

Sel kanker tumbuh karena distimulasi oleh zat-zat kimia berbahaya yang masuk ke dalam tubuh. Proses pembuatan teh hijau tanpa melibatkan oksidasi membuatnya memiliki kandungan Katekin (zat antioksidan) yang tertinggi setelah teh putih. Komponen katekin utama yang ditemukan dalam teh hijau adalah : epigallocatechin (EGC), epikatekin (EC), epigallocatechingallate (EGCG) dan epicatechin gallate (ECG).

Katekin tersebut berfungsi untuk mencegah diserapnya zat-zat kimia radikal bebas (seperti pengawet, penyedap, pewarna, dan polutan) yang akan diserap oleh usus. Zat radikal bebas tersebut selanjutya akan dikeluarkan bersama kotoran. Mengkonsumsi teh hijau secara rutin dapat menghindarkan tubuh dari paparan radikal bebas penyebab tumbuhnya kanker.


2. Mencegah obesitas


teh hijau mencegah obesitas

lighthouse-indonesia.com

Kandungan tannin dan flavonoid di dalam teh hijau juga sangat penting untuk untuk mencegah serapan kolesterol dan lemak jenuh yang berbahaya. Mengkonsumsi teh hijau secara rutin dapat mencegah obesitas.


3. Mengatasi penuaan kulit


manfaat teh hijau anti penuaan kulit

Kandungan vitamin pada teh hijau di anataranya yaitu vitamin B,C dan E. Vitamin-vitamin tersebut bersinergi untuk membuat kulit sehat dengan cara meguatkan kerja antibodi, peremajaan sel kulit secara terus-menerus serta membantu menyusun melanin (zat warna kulit). Komponen warna kulit yaitu melanin berfungsi untuk melindungi kulit dari serangan sinar UV matahari, sehingga tidak terjadi kanker kulit. Jadi megkonsumsi teh hijau dengan rutin selain membuat kulitmu tetap sehat dan muda juga terhindar dari kanker kulit.

Baca juga: Apakah Teh Berbahaya Bagi Kesehatan?


4. Meningkatkan ketahanan tubuh


kesehatan tulang

Fungsi ketahanan tubuh kita dilakukan oleh antibodi yang secara natural pembentukannya sangat tergantung nutrisi yang kamu konsumsi. Aktifnya pembentukan antibodi diinisiasi oleh berbagai vitamin yang kita konsumsi terutama vitamin C. Teh hijau mempunyai kandungan vitamin C yang tinggi dibandingkan jenis teh hitam atau teh merah. Mengkonsumsi teh hijau sangat membantumu dalam meningkatkan ketahanan tubuh terhadap penyakit.

loading...

5. Menjaga kesehatan mulut dan gigi


triviaries.blogspot.com

triviaries.blogspot.com

Teh hijau juga kaya dengan kandungan polifenol. Polifenoldalam teh hijau yang telah diketahui yaitu jenis katekin dan teaflavin. Katekin dan teaflavin dapat berfungsi untuk menjaga kesehatan mulut dan gigi karena mampu membunuh bakteri penyebab gangguan mulut. Hal tersebut dikuatkan oleh hasil penelitian yang menunjukkan bahwa kebiasaan minum teh ternyata dapat mencegah nafas bau dan gigi kropos.

Setelah mengetahui manfaat teh hijau bagi kesehatan tubuhmu, rasanya sangat penting untuk memulai gaya hidup sehat dengan mengkonsumsinya secara rutin. Hanya saja kamu juga jangan terlalu banyak mengkonsumsi teh hijau misalnya lebih dari 3 gelas sehari, karena bisa membuat hati (hepar)mu bekerja keras menetralkan kandungan teh hijau. Mulailah bergaya hidup sehat dengan konsumsi teh hijau yang teratur, untuk kesuksesan masa depanmu!

1

No Responses

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan